Sukses

Turun Berat Badan dengan Diet Karbohidrat dan Cheat Meal Ala Personal Coach

Mengonsumsi karbohidrat kompleks akan memberikan rasa kenyang lebih lama dan menjaga gula darah tetap stabil.

Liputan6.com, Jakarta - Diet karbohidrat cukup efektif membantu beberapa individu dalam menurunkan berat badan. Namun, pada praktiknya terkadang masih ada individu yang keliru menerapkannya, yakni dengan sama sekali menghindari mengonsumsi karbohidrat.

Meluruskan hal ini, Personal Coach Siavash Nadim mengatakan, mengonsumsi karbohidrat dan gula wajib dilakukan meski saat menjalani diet. Siavash menuturkan, mengonsumsi karbohidrat dengan menu dan jadwal tepat bisa membantu proses penurunan berat badan.

"Jika kita mengartikan diet karbohidrat dengan tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali, maka kita salah. Diet karbohidrat tetap mengharuskan konsumsi sumber makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat, tapi dengan porsi yang lebih sedikit,” tutur Siavash.

Pilih Karbohidrat Kompleks

Lebih lanjut, suami selebgram Delia Yasmine ini mengatakan, memilih mengonsumsi karbohidrat kompleks akan memberikan rasa kenyang lebih lama dan menjaga gula darah tetap stabil.

"Karbohidrat kompleks mengandung serat yang tinggi dan dicerna lebih lambat oleh tubuh, memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan menjaga tingkat gula darah stabil. Beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah roti gandum utuh, beras merah, oatmeal, kentang, brokoli, apel, pisang, kacang almond, dan yogurt rendah lemak."

Hindari Alkohol

Ketika menjalani proses mencapai turun berat badan, Coach Siavash menyarankan individu untuk tidak minum minuman beralkohol.

"Alkohol bisa menambah nafsu makan dan mengganggu proses pencernaan," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cheat Meal

Meski individu yang tengah menurunkan berat badan perlu menjaga pola makan, Coach Siavash tetap memberi ruang bagi "Cheat Meal". Cheat Meal yakni "berbuat curang", mengonsumsi makanan apa pun di luar hidangan sehat pada 1 waktu dalam 1 hari tertentu. Tujuannya, untuk memberi sedikit kelonggaran dan kesenangan dalam menerapkan pola makan sehat tanpa mengganggu proses diet.

"Cheat meal atau makanan curang, konsep untuk mengizinkan kita boleh makan di luar hidangan pola sehat. Biasanya cheat meal ini dijadwalkan hanya untuk 1 kali dalam satu hari tertentu. atau beberapa kali dalam seminggu," jelas Siavash.

"Saat cheat meal, seseorang boleh menikmati makanan favoritnya yang biasanya dihindari selama menjalani program diet atau gaya hidup sehat," tambahnya.

Siavash menyarankan tetap mengonsumsi makanan dengan kalori yang terkontrol saat cheat meal.

 

3 dari 3 halaman

Contoh Menu Diet

Berikut contoh menu diet ala Coach Siavash Nadim:

Sarapan: telur dadar dengan sayuran, roti gandum, dan secangkir teh dengan gula

Camilan pagi: segenggam kacang almond atau potongan buah

Makan siang: nasi merah/putih dengan ayam panggang, sayuran kukus, dan segelas air lemon

Camilan sore: yogurt rendah lemak dengan tambahan buah-buahan segar

Makan malam: ikan panggang dengan kentang panggang dan salad sayuran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.