Sukses

Revolusi Medis di Indonesia Berkembang Pesat, Teknologi Canggih Pendukung Riset Kesehatan Terus Bermunculan

Teknologi yang mendukung terjadinya riset di bidang kesehatan terus bermunculan

Liputan6.com, Jakarta - Riset medis atau penelitian medis merupakan salah satu langkah krusial yang terus dikembangkan di Indonesia demi memperoleh pengembangan obat, ilmu pengetahuan, hingga produk biologis.

Salah satu bidang ilmu sains yang terus dilakukan berbagai penelitian adalah genomik atau ilmu tentang genom.

Ilmu ini mempelajari cara kerja organisme, interaksi antar gen, dan pengaruh lingkungan terhadapnya.

Dalam bidang medis, genomik dapat membantu meningkatkan kualitas diagnosis penyakit, mengidentifikasi penyakit tertentu, mendeteksi virus, hingga mengembangkan obat.

Sementara itu, genomik sel tunggal merupakan studi tentang individualitas dari sel menggunakan pendekatan analisis molekul biologi secara global.

Penelitian genomik sel tunggal menjadi bidang penelitian yang penting dalam beberapa tahun terakhir, karena kemampuannya untuk memeriksa informasi genetik dari sejumlah sel tunggal di semua organisme hidup.

Pengetahuan dan Penelitian

Pengetahuan yang diperoleh dari hasil penelitian genomik sel tunggal akan berdampak besar dalam banyak aspek biologi.

Di samping itu, guna memperoleh hasil studi penelitian yang berkualitas, juga bergantung dengan penggunaan teknologi secara tepat guna, sehingga dapat membantu pengambilan sampel secara akurat, mempercepat penelitian, dan mendukung penarikan analisis secara tepat.

Teknologi Terkini untuk Penelitian

10x Genomics, sebagai perusahaan global yang berkomitmen menyediakan teknologi untuk memudahkan berbagai penelitian dalam bidang biologi, menyelenggarakan roadshow di Hotel Le Meridien Jakarta pada 30 Mei 2023.

Dalam acara ini, ditampilkan perkembangan terkini dari teknologi sel tunggal, spasial, dan in situ.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teknologi di Bidang Kesehatan

Dalam acara ini, 10x Genomics menekankan bagaimana teknologi-teknologi tersebut dapat bermanfaat untuk berbagai penelitian dalam studi tentang sistem kekebalan tubuh (imunologi), saraf, kanker (onkologi), dan juga COVID-19 pada pasien anak (pediatri).

Melalui roadshow ini, penyelenggara mengajak masyarakat untuk memberdayakan sains secara aplikatif dengan memanfaatkan temuan terkini dari teknologi sel tunggal, spasial, dan in situ.

Penemuan berbagai teknologi tersebut menjadi sebuah terobosan besar di bidang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Teknologi di bidang sel tunggal dan solusi spasial juga disinyalir dapat merevolusi bidang imunologi, studi penyakit menular, ilmu saraf, serta onkologi.

 

3 dari 3 halaman

Penelitian Mengetahui Profil Pasien COVID-19

Dalam salah satu presentasi, ditampilkan bagaimana teknologi sel tunggal dapat melakukan karakterisasi profil pasien COVID-19 pediatri yang mengalami gejala Inflammatory Multisistemik (MIS-C).

Frilasita Aisyah Yudhaputri selaku CEO Exeins Health Initiative, mengatakan,"Penerapan analisis RNA sel tunggal akan memberikan wawasan serta meningkatkan surveilans tentang profil sel imun dari sindrom hiperinflamasi terkait SARS-CoV-2 (MIS-C)."

10x Genomics Roadshow membuka wawasan masyarakat bagaimana peneliti mereka untuk pertama kalinya dapat melakukan penelitian teknologi sel tunggal di Indonesia, dengan sampel penelitian lokal dari Indonesia (in house).

Melalui acara ini, peserta dapat memahami interaksi antarsel dan respons obat menggunakan transkriptomik spasial dan analisis in situ.

Peserta juga bisa menguasai teknik persiapan sampel agar dapat memperoleh analisis sel tunggal dan spasial secara akurat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini