Sukses

Usia Harapan Hidup Warga Korea Selatan Tinggi, Berikut 3 Rahasianya

Para peneliti memperkirakan usia harapan hidup rata-rata warga Korea Selatan pada 2030 akan mencapai lebih dari 90 tahun untuk wanita, serta 84 tahun untuk pria.

Liputan6.com, Jakarta - Para peneliti memperkirakan usia harapan hidup rata-rata warga Korea Selatan pada 2030 akan mencapai lebih dari 90 tahun untuk wanita dan 84 tahun untuk pria.

Dengan kata lain, Korea Selatan diperkirakan akan menjadi pemimpin dunia dalam angka harapan hidup pada akhir dekade mendatang. Perkiraan para peneliti ini tertuang dalam studi baru yang diterbitkan di The Lancet.

Usia harapan hidup yang tinggi dapat mencerminkan tingkat kesehatan yang baik. Setidaknya, ada tiga rahasia sehat yang dimiliki warga korea untuk meningkatkan angka harapan hidup. Ketiga rahasia itu adalah:

Makanan Kaya Protein dan Air Minum Berkualitas

Korea Selatan memiliki kekayaan kuliner yang tidak hanya bergizi tinggi, tapi juga kaya rasa. Kepopuleran makanan Korea kini mendunia berkat K-drama dan konten kuliner viral di media sosial.

Blog Easy Korean Food menjelaskan, kunci utama keunggulan makanan korea ada pada keragaman sayur yang dapat memenuhi kebutuhan makronutrien dan mikronutrien tubuh. Lauk hingga hidangan utama didominasi sayur segar maupun yang difermentasi seperti kubis, tauge, dan bayam.

Tambahan bawang putih, jahe, dan rempah-rempah bermanfaat lainnya dalam jumlah banyak membuat masakan Korea sangat sehat.

Hal ini juga diimbangi dengan asupan air minum yang cukup dan berkualitas. Di Korea, air perpipaan menjadi sumber air minum utama. Umumnya, air keran atau tap water dapat diminum, tapi masyarakat di sana biasa menggunakan water purifier untuk memastikan air minum lebih aman diminum. Jadi, tidak heran jika water purifier dapat ditemukan di rumah-rumah hingga bangunan publik, seperti museum, restoran, dan gedung pemerintah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akses Kesehatan Memadai

Rahasia kedua adalah akses kesehatan yang memadai. Menurut periset departemen epidemiologi dan biostatistik di Imperial College London, James Bennett, meroketnya perekonomian Korea Selatan menjadi katalis di sektor kesehatan.

Penurunan angka kematian bayi dan tingkat kematian kardiovaskular memengaruhi angka harapan hidup di Korea Selatan. Ditambah, terdapat peningkatan dalam pemenuhan nutrisi dan pemanfaatan teknologi berbasis medis.

Ketika bicara soal akses kesehatan, negara ini memiliki jangkauan yang luas dan merata bagi seluruh warga. Di tingkat daerah, pemerintah mengelola pusat kesehatan dan fasilitas medis lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Setiap kota memiliki satu puskesmas yang menawarkan pelayanan kesehatan masyarakat dasar seperti pemeriksaan kesehatan, vaksinasi, perawatan ibu dan janin, serta perawatan medis dasar.

“Selain itu, puskesmas pembantu dapat didirikan jika diperlukan layanan tambahan (Kwon, Lee dan Kim, 2015),” mengutip keterangan pers Coway, Kamis (15/6/2023).

3 dari 4 halaman

Hirup Udara Bersih di Dalam Ruangan

Rahasia ketiga adalah tersedianya udara bersih di dalam ruangan, meski di luar ruangan khususnya di lingkungan perkotaan udara tercemar polusi.

Sama seperti kota metropolitan lainnya, Ibu kota Korea Selatan, Seoul, juga mengalami permasalahan kualitas udara.

Pada Maret 2019, Korea mengalami badai debu kuning dalam satu dekade terakhir. Khususnya pada musim semi, udara yang terbawa dari padang pasir Tiongkok dan Mongolia mengandung partikel berbahaya seperti:

  • Belerang,
  • Karbon monoksida,
  • Logam berat, dan
  • Bahan karsinogenik lainnya bersama dengan virus, bakteri, jamur.

Kondisi ini mendorong kebiasaan masyarakat Korea untuk rajin memakai masker ketika berpergian.

Selain itu, penggunaan air purifier juga telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari di Korea.

4 dari 4 halaman

Riset Soal Kemampuan Penyaring Udara

Mengutip riset dari Expert Market Research, pembersih udara memiliki berbagai kemampuan seperti:

  • Menyegarkan udara pengap,
  • Menghilangkan polutan dalam ruangan,
  • Menghilangkan kontaminan udara,
  • Memperbaiki kualitas tidur, dan  
  • Membantu meningkatkan harapan hidup.

Keunggulan ini meningkatkan popularitas air purifier, yang mengarah pada pertumbuhan pasar di Korea Selatan secara stabil.

Riset ini juga mengungkapkan terbentuknya kesadaran nasional akan kesehatan, meningkatnya pendapatan belanja, dan standar hidup yang lebih tinggi–turut menjadi faktor yang memicu ekspansi industri air purifier.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.