Sukses

Asupan Praktis dan Sehat dengan Gizi Seimbang dalam Sepiring Salad

Sama seperti menu-menu lainnya, pilihan dalam menu baru ini tak luput menawarkan gizi seimbang. Mulai dari kandungan protein tinggi, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengungkap, setidaknya ada 95,5 persen orang Indonesia yang kekurangan konsumsi sayur dan buah. Laporan ini berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018.

Hal itu selaras dengan ungkapan dokter spesialis gizi klinik, Marya Haryono. Menurutnya, persentase soal konsumsi sayur dan buah tersebut naik dari sebelumnya sekitar 93 persen menjadi 95 persen.

"Saat ini kondisi masyarakat Indonesia kurang mengonsumsi sayur dan buah. Jika dulunya kita mengenal empat sehat lima sempurna, seiring dengan berkembangnya ilmu dan pengetahuan konsep tersebut sudah kurang relevan," ujar Marya saat acara peluncuran Chipotle Series dan Concept Store 2.0 SaladStop! di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara pada Selasa, 13 Juni 2023.

Untuk itu, Kemenkes RI menyarankan porsi makanan sehat yang lebih relevan dengan kondisi masyarakat Indonesia.

"Kementerian Kesehatan menyarankan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring terdiri dari 50 persen sayur dan buah, serta 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein," kata Marya. 

Asupan Makanan yang Lebih Relevan

Restoran SaladStop! yang menyajikan makanan sehat pun kini kembali menghadirkan menu baru bertajuk Chipotle Series yang menawarkan gizi seimbang. Mulai dari kandungan protein tinggi, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral.

Porsi makan dengan isi 50 persen sayur, 50 persen karbohidrat dan protein tersebut itulah yang kemudian diaplikasikan dalam menu terbarunya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Komposisi dalam Menu Baru SaladStop!

Dalam menu tersebut, adan tiga pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang. Tiga menu itu adalah Brisket Ensalada, Brisket O-Rito, dan Hola Chicken.

Pada menu Brisket Ensalada terdapat komposisi berupa smoked beef brisket, organic romaine (daun salada), vegetable fajitas, pinto beans, jagung, salsa, dan mexican chipotle & ranch.

Kemudian pada Brisket O-Rito terdapat komposisi smoked beef brisket, cilantro rice, vegetable fajitas, keju, pinto beans, salsa, daun ketumbar, sour cream, lime vinaigrette,

Sedangkan untuk Hola Chicken punya kandungan protein lain berupa ayam. Hal itu lantaran komposisinya berupa roasted chicken thigh, cilantro rice, vegetable fajitas, keju, pinto beans, jagung, salsa, daun ketumbar, sour cream, dan lime vinaigrette.

3 dari 4 halaman

Asupan Gizi Seimbang dalam Seporsi Salad

Marya mengungkapkan bahwa menu-menu Chipotle Series ini punya kandungan protein yang bagus. Hal tersebut lantaran komposisi di dalamnya mengandung protein dan karbohidrat. Ada pula bonus berupa vitamin, serta mineral.

"Kita sehat butuh gizi seimbang jadi butuh protein, butuh karbo. Kalau enggak ada karbo, kita enggak bisa mikir. Ibaratnya enggak ada bensinnya. Nah, karbo di sini (Chipotle Series) disediakan dari jagung, ada dari nasi. Ini sumber karbohidrat. Proteinnya dari mana? Jelas, dari ayam, dari daging, dan dari pinto beans ini," kata Marya.

"Benefit-nya kita bisa dapat selain protein, karbo, ada juga mineral dan vitamin dari yang kecil-kecil. Vitamin C dapat dari sayuran yang terang, asam folat, zinc segala ada di dalam dagingnya. Kemudian ada magnesiumnya. Belum lagi seratnya," sambungnya.

4 dari 4 halaman

Konsep Makanan Sehat Harus Enak

Dalam kesempatan yang sama, Chief Brand Officer & Co-Founder SaladStop! Katherine Braha mengungkapkan bahwa pihaknya ingin menjadikan hidup sehat sebagai bagian dari gaya hidup.

"Tentunya kami juga ingin menjadikan hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat yang bernutrisi sebagai bagian dari gaya hidup," kata Katherine.

Terlebih, Marketing Manager SaladStop! Indonesia, Donny Kusuma mengungkapkan bahwa pihak SaladStop! sadar pentingnya makanan sehat yang enak. Hal itulah yang memacu pihaknya mengeluarkan menu yang tidak sekadar enak, tapi juga sehat.

"Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak hanya harus memiliki unsur yang dibutuhkan tubuh namun juga nikmat. Sehingga bisa menambah nafsu makan ketika menyantapnya. Untuk itu, setiap menu yang kami sajikan kami hitung asupan nutrisinya," kata Donny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.