Sukses

Viral Video TikTok Hazelnut adalah Kemiri, Apa Manfaat Kacang Hazel untuk Kesehatan?

Kemiri dan hazelnut tetiba viral di media sosial usai salah seorang Tiktoker menyebutnya sebagai hal yang sama dalam sebuah video.

Liputan6.com, Jakarta - "Umur berapa kalian tahu kalau hazelnut itu ternyata adalah kemiri, guys? Hazelnut itu nama lain kemiri," ucap seorang TikToker dalam konten video yang diunggah pada Jumat, 9 Juni 2023.

Unggahan tersebut kini viral dan mendapat banyak respons warganet. Setidaknya ada lebih dari 11 ribu komen warganet memenuhi kolom komentar konten itu.

"suatu hari aku iseng datang ke coffeeshop terus pesen ke mbanya: 'mba, kopi kemirinya satu medium size, jangan lupa kasih toping merica ya mba'," tulis salah seorang warganet.

"Aku setuju kok, kalo hazelnut sama kemiri itu BEDA 😂😂😂."

"Iyain aja ygy 😅." 

"Aku yg suka bgt sm hazelnut frappucino heran sm pernyataan dr kknya😭."

"juaraa, udah 4 hari masih ada videonya🤣 aku yang malu:")."

Tak sedikit warganet yang coba mengoreksi info yang dibagikan sang TikToker bahwa hazelnut adalah jenis pangan yang berbeda dari kemiri.

"Bedaaaaaaaaaa pohonnya aja beda 😭😩😩😩 kamu kenapa to mbuaaaaak," ucap seorang warganet.

"yah mbaaaa please ih 🥺 beda mba hazelnut ya hazel kemiri ya candlenut 🥲."

"HAZELNUT ITU DR POHON HAZEL. KEMIRI CANDLENUT BUMBU DAPUR."

"Hazelnut ya hazelnut kemiri itu candlenut, bentuknya mirip tapi beda, bahkan beda genus, kemiri lebih mirip walnut."

Konten TikTok itu juga viral di media sosial Twitter karena diunggah ulang salah seorang warganet. Pengguna Twitter ikut mencuitkan komentar mereka yang tidak sepakat bahwa hazelnut dan kemiri adalah jenis pangan yang sama dalam konten video itu. 

Misinformasi yang dibagikan TikToker itu bisa jadi bermula dari penggunaan fitur alihbahasa di mesin pencari Google yang kurang tepat menerjemahkan kata "hazelnut". Jika mengetik kata "hazelnut" maka kacang hazel diartikan sebagai kemiri. Namun, jika mencermati turunan arti kata itu, di bawah kolom terjemahan terdapat penjelasan "semacam buah kemiri". 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemiri adalah...

Hazelnut dan kemiri berbeda. Dijelaskan oleh kamus Merriam Webster, kemiri yang dalam bahasa Inggris disebut candlenut merupakan biji berminyak dari pohon tropis Aleurites moluccana yang digunakan oleh masyarakat setempat untuk membuat lilin dan sumber minyak.

Konselor diet dan ahli gizi Jasleen Kaur dari Just Diet Clinics menerangkan, “Pohon-pohon ini banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis di dunia, seperti Malaysia, Indonesia, Queensland, serta beberapa bagian Australia.”

Sebutan bagi kemiri cukup beragam. Ada yang menyebutnya dengan walnut India, candleberry, kukui, buah keras, Tung-nut, dan lainnya.

3 dari 4 halaman

Hazelnut adalah...

Hazelnut adalah adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari pohon hazel (Corylus avellana). Mengutip WebMD, hazelnut kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal.

Hazelnut juga mengandung minyak, protein, serat, serta antioksidan yang baik bagi kesehatan jantung. Karena rasanya yang gurih dan creamy, kacang hazelnut diketahui sebagai salah satu bahan selai cokelat.

Pohon hazelnut merupakan tumbuhan asli wilayah bagian timur Amerika Utara. Pohon ini relatif mudah tumbuh dan bisa dipanen dalam 4 sampai 6 tahun setelah ditanam. 

Kacang hazelnut adalah sumber energi dari protein nabati yang relatif cepat dan mudah dikonsumsi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Hazelnut untuk Kesehatan

Haelnut diketahui memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi serta sejumlah nutrisi berikut ini: 

  • Vitamin E
  • Tiamin
  • Magnesium
  • Tembaga
  • Mangan
  • Vitamin B6
  • Folat
  • Fosfor
  • Kalium
  • Zinc

Dilansir WebMD, hazelnut mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari stres oksidatif yang dapat menyebabkan hipertensi. Jenis kacang ini mengandung senyawa fenolik dalam jumlah tinggi, yang membantu jantung tetap sehat dengan mengurangi kolesterol jahat dan peradangan.

Mangan superoksida dismutase, salah satu enzim antioksidan yang ditemukan dalam hazelnut, membantu mengurangi stres oksidatif dan dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker.

Hazelnut juga mengandung vitamin E, yang membantu melindungi sel tubuh dari jenis kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker.

Secara umum, hazelnut adalah sumber utama proanthocyanidins, senyawa kimia yang dianggap membantu mengurangi risiko kanker. Dalam penelitian tabung reaksi dan hewan, fungsi proanthocyanidins mencegah dan mengobati jenis kanker tertentu. Studi lebih lanjut diperlukan untuk melihat apakah hasil yang sama berlaku untuk manusia, tetapi temuan awal cukup menjanjikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.