Sukses

Putri Ariani Sosok Memukau di America's Got Talent: Memiliki Kekurangan tapi Dianugerahi Sejuta Kelebihan

Liputan6.com, Jakarta - Putri Ariani dalam beberapa hari terakhir mencuri perhatian masyarakat lantaran tampil memukai di America's Got Talent. Terlebih, penyanyi asal Indonesia ini mendapatkan golden buzzer dari Simon Cowell di America's Got Talent Season 18.

Pujian untuk Putri Ariani pun meluncur dari mulut juri yang dikenal kerap memberi kritikan pedas itu.

"Kamu 17 tahun, kamu menulis lagu, kamu punya suara yang khas dan luar biasa. Maksudku, kamu benar, benar, benar bagus," kata Simon Cowell.

Pujian Simon Cowell untuk Putri Ariani merupakan salah satu bukti betapa menariknya sosok gadis 17 tahun itu. Secara fisik Putri memang tak bisa melihat tapi punya kemampuan luar biasa di bidang kesenian.

Saat menunjukkan bakatnya di America's Got Talent, Putri bernyanyi sambil memainkan piano secara apik. Namun, sebetulnya alat musik yang dipelajarinya bukanlah piano, melainkan alat musik flute di SMKN 12 Bantul atau Sekolah Menengah Musik (SMM) Jogja. Dia juga tak pernah belajar vokal. 

Lahir Prematur

Putri Ariani lahir pada 31 Desember 2005. Saat itu, ia lahir dengan kondisi prematur. Selama dua bulan awal kehidupannya, ia pun berjuang hidup dengan bantuan inkubator.

Saat usianya tiga bulan, baru diketahui bahwa Putri tidak bisa melihat. Lalu, orangtua membawanya ke Singapura untuk menjalani perawatan. Namun, sudah terlambat.

Ia pun sempat menjalani operasi mata sebelah kanan tapi tak juga berhasil. "Takdirnya Allah ya seperti ini," lanjut kontestan America's Got Talent 2023 itu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Putri Ariani Menerima Kondisi yang Dimiliki

Pada umur batita, segala cara dicoba untuk membantu agar Putri bisa melihat. Namun, pada suatu titik dirinya merasa tidak perlu melakukan apa-apa. Putri mengatakan kepada orangtua bahwa dirinya menerima kondisi penglihatan tersebut. Sehingga dia meminta tak perlu melakukan hal-hal untuk membuatnya bisa melihat.

"Putri enggak merasa gimana-gimana sih kan Putri memang enggak ada memori penglihatan ya. Jadi menurut Putri ini normal-normal aja," kata Putri kepada Zaskia Sungkar dalam vlog The Sungkars yang diunggah sekitar tujuh bulan lalu.

Dirinya juga mengaku bahwa menerima kondisi yang dimiliki. Bahkan, ia mengatakan senang dengan kondisi saat ini.

"Putri udah senang kayak gini, gak usah pakai obat macam-macam. Udah gini aja," katanya ke Zaskia antusias.

Zaskia yang mendengar hal tersebut tampak tertegun dan langsung mengatakan, "Masyallah."

 

3 dari 4 halaman

Positif Menerima Diri

Dalam perbincangan hangat tersebut, Zaskia penasaran siapa yang mengajarkan Putri memandang kondisi diri secara positif dan bijak. Putri pun menjawab hal tersebut berdasarkan pengalaman serta ajaran orangtuanya.

"Pengalaman, terus orangtua juga," kata Putri.

Selain itu, pemikiran positif menerima diri juga ia dapatkan dari membaca buku-buku. Ia menyerap pemikiran orang-orang hebat.

"Putri juga sering baca buku, pemikiran orang-orang hebat juga Putri dalami."

4 dari 4 halaman

Hadapi Teman yang Julid

Dalam bersosialisasi, Putri menghadapi beragam hal. Ada banyak yang menyambutnya tapi ada juga sebagian yang julid. Namun, Putri meluruskan julid teman-teman sekolahnya bukan karena dirinya tunanetra melainkan karena sudah menjadi penyanyi yang kerap tampil di televisi dan panggung-panggung besar lainnya.

"Sebenarnya bukan julid karena tunanetra tapi karena (Putri) seleb. Padahal itu kan profesi ya bukan gimana-gimana," tutur Putri.

Seperti diketahui nama Putri sudah mencuat beberapa tahun lalu usai menjuarai ajang Indonesia's Got Talent 2014. 

Ia kembali ikut ajang pencarian bakat lewat The Voice Kids Indonesia pada 2017. Saat itu ia masuk tim Bebi Romeo tapi sayang tidak menjadi juara.

Setelah itu, Putri membuat kanal Youtube @putriarianiofficial yang kini telah memiliki 443 ribu subscribers.

Putri kerap meng-cover lagu di Instagram dan TikTok. Sembilan bulan yang lalu, Putri Ariani mengeluarkan single berjudul "Menantimu Kembali".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini