Sukses

6 Fakta Menarik Farhana Nariswari, Dokter Muda yang Jadi Puteri Indonesia 2023

Farhana Nariswari berhasil meraih gelar Puteri Indonesia 2023 setelah menyisihkan 44 finalis lain. Berikut 6 fakta menarik soal Farhana yang wajib diketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Farhana Nariswari menjadi sorotan setelah kemenangannya dalam ajang kecantikan yaitu Puteri Indonesia 2023. 

Wanita bernama lengkap Farhana Nariswari Wisandana ini berhasil menyabet gelar baru setelah menyisihkan 44 finalis lain di Malam Grand Final Puteri Indonesia 2023 pada Jumat malam (19/5/2023).

Keberhasilan gadis yang akrab disapa Farhana dalam meraih gelar Puteri Indonesia 2023 tentunya tidak lepas dari penampilan serta respon brilian yang disampaikannya. Misalnya, ketika dia ditanya, "Apakah berbuat baik dan berbuat benar itu sama? Kalau jawabanmu berbeda, maka jelaskanlah perbedaannya?"

Ia pun menjawab dengan Bahasa Inggris bahwa berbuat baik adalah melakukan sesuatu dengan didasarkan niat atau keinginan, misalnya membantu orang lain. Menurutnya, ini berbeda dengan berlaku benar yang berarti mengikuti prinsip dan nilai-nilai moral.

Hanya memiliki waktu satu menit untuk menjawab pertanyaan, jawaban yang disampaikan Farhana Nariswari berhasil merebut hati dewan juri tahun ini, yaitu Puteri Indonesia 2020 Ayu Maulida, Miss Supranational 2021 Chanique Rabe, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dan Direktur PT Mustika Ratu Kusuma Ida Anjani.

Performa memukaunya selama gelaran kontes membuat kemenangan wakil Jawa Barat tersebut disambut hangat oleh para pendukungnya. Ia pun langsung dimahkotai Borobudur Merah oleh Laksmi De Neefe Suardana yang merupakan Puteri Indonesia 2022.

Lantas, siapakah sosok Farhana Nariswari? Berikut beberapa fakta menarik soal Farhana yang menarik untuk diketahui:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Berusia 26 Tahun

Farhana lahir di Bandung pada tanggal 28 Mei 1996. Ia akan merayakan ulang tahunnya yang ke-27 sebentar lagi dengan gelar baru sebagai Puteri Indonesia 2023.

2. Cetak Sejarah

Dinobatkannya Farhana Nariswari Wisandana itu membuat Jawa Barat untuk pertama kalinya menyabet kemenangan di ajang Puteri Indonesia selama 30 tahun diselenggarakan. Hal ini tentunya jadi kebanggaan tersendiri bagi warga Jawa Barat.

Sama halnya dengan yang diungkapkan oleh unggahan Instagram @mojangjajakabdg pagi tadi (20/05/2023).

"Keluarga Besar Paguyuban Mojang Jajaka Kota Bandung mengucapkan selamat kepada Farhana Nariswari Wisandana Mojang Pinilih Kota Bandung 2019 atas terpilihnya sebagai Puteri Indonesia 2023 dan Miss International Indonesia 2023," tulis unggahan tersebut.

"Crown ini pertama dalam sejarah perjalanan puteri perwakilan Jawa Barat. Dari Kota Bandung, Untuk Jawa Barat, Untuk Indonesia! Tak lupa kami juga ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu Teh Farhana dalam meraih prestasinya," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

3. Memenangkan Mojang Jajaka

Sebelum terpilih menjadi Puteri Indonesia 2023, Farhana juga mengikuti pemilihan Puteri indonesia Jawa Barat 2022. Sayangnya, ia hanya berhasil menyabet gelar runner up pertama dan gagal mewakili Jawa Barat pada ajang Puteri Indonesia 2022.

Selain itu, Farhana juga pernah memenangkan Mojang Jajaka Kota Bandung 2019.

4. Aktivitas Segudang

Aktivitas Farhana tidak terbatas dalam satu bidang saja. Berikut berbagai hal yang pernah ia lakukan:

- Delegation of the International Federation of Medical Students Association in the United Nations Commission on Population and Development, New York 2019

- Clinical Internship at the Neurology Department of La Sapienza University of Rome, 2018

- Participant of Global Health Systems Summer Institute - Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, (to be held in) June 2023

- 1st Winner Putra Putri Padjadjaran / Universitas Padjadjaran Student Ambassador 2018

- Top 5 Best Speaker AMSA Indonesia National Debate Championship 2018

- AFS Year Program Alumni to Sicily, Italy 2013-2014

4 dari 4 halaman

5. Lulusan Fakultas Kedokteran

Semakin membuat kagum, ternyata pemenang ajang kecantikan bergengsi ini juga memiliki background kedokteran. Farhana merupakan lulusan Fakultas Universitas Padjajaran (Unpad) pada 2018 lalu. Ia mengambil fokus advokasi edukasi reproduksi untuk anak-anak di Jawa Barat.

Dalam video profile Puteri Indonesia-nya, Farhana menuturkan bahwa melalui gelar yang disandangnya, dia ingin semua wanita memiliki kesempatan untuk menciptakan masa depan bagi dirinya sendiri.

6. Jadi Perwakilan Indonesia dalam Miss International 2023

Perjalanan Farhana dalam kontes kecantikan tidak berhenti sampai di sini. Dia akan melanjutkan langkahnya ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu Miss International 2023 mewakili Indonesia.

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, pemenang utama tahun ini tak dikirimkan ke Miss Universe lantaran lisensinya di Indonesia tak lagi dipegang oleh Yayasan Puteri Indonesia.

Sementara itu, Yashinta Aurellia, wakil Jawa Timur yang meraih runner up pertama Puteri Indonesia 2023 dan dinobatkan sebagai Puteri Indonesia Pariwisata 2023, akan mewakili Indonesia di ajang Miss Supranatural 2023.

Sedangkan runner up kedua, Lulu Zaharani Krisna Widodo dari Lampung yang menyandang gelar Putri Indonesia Lingkungan 2023 juga akan melanjutkan perjalanannya ke ajang Miss Charm 2023.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.