Sukses

Kemenkes Tegaskan Tidak Ada Panggilan Telepon untuk Menanyakan Status Vaksinasi Masyarakat

Beredar di grup WhatsApp pesan berantai mengenai panggilan telepon yang menanyakan status vaksinasi. Terkait hal itu, Kemenkes menegaskan bahwa pemerintah tidak melakukan hal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dokter Mohammad Syahril mengatakan bahwa tidak ada lembaga pemerintah yang melakukan panggilan telepon terkait status vaksinasi masyarakat.

"Tidak pernah ada telepon dari Kementerian Kesehatan maupun lembaga pemerintah lainnya," jelas Syahril dalam keterangan tertulis pada Minggu, 30 April 2023.

Pernyataan tersebut disampaikan Syahril lantaran beredar pesan berantai di grup WhatsApp mengenai seseorang yang mendapatkan panggilan telepon dari nomor yang tidak dikenal. Lalu, orang yang menelepon tersebut menanyakan apakah sudah divaksin atau belum.

Bila ada pesan berantai seperti di atas, dipastikan tidak benar alias hoaks. "Isi pesan itu adalah hoaks," kata Syahril lagi.

Syahril menjelaskan bahwa masyarakat dapat mengakses status vaksinasi melalui platform Satu Sehat. Ini merupakan yang merupakan situs resmi pemerintah untuk vaksinasi COVID-19.

Selain lewat Satu Sehat, masyarakat juga dapat berkomunikasi langsung dengan menghubungi WhatsApp Kemenkes RI 0811 1050 0567, email pedulilindungi@kemkes.go.id, atau Call Center di nomor 119 ext. 9.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Cek Status Vaksinasi Lewat Satu Sehat Mobile

Salah satu cara mudah mengecek status vaksinasi dalam hal ini vaksinasi COVID-19 bisa dengan membuka Satu Sehat Mobile dari ponsel Anda.

Pastikan, di ponsel Anda sudah ada Satu Sehat Mobile dan sudah masuk ke dalam akun Anda. Berikut langkahnya

  1.  Buka aplikasi Satu Sehat Mobile
  2.  Pada fitur pilih 'Vaksin dan Imunisasi'
  3.  Lalu, pilih 'Sertifikat Vaksin dan Imunisasi'
  4. Klik nama Anda lalu akan muncul dua vaksinasi: COVID-19 dan Non-COVID-19. Bila memilih COVID-19 maka akan terlihat tanggal serta sudah berapa kali mendapatkan suntikan vaksin COVID beserta jenisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini