Sukses

Raih Daesang di Baeksang Arts Awards 2023 Berkat Peran Pengacara Autisme, Park Eun Bin Berharap Banyak Orang Terima Keragaman

Liputan6.com, Jakarta - Aktris Korea Selatan Park Eun Bin menjadi peraih Daesang pada ajang penghargaan bergengsi Baeksang Arts Awards 2023 yang digelar pada Jumat, 28 April 2023 di Paradise City, Incheon.

Di Korea Selatan, Daesang adalah nama lain dari grand prize atau hadiah utama dalam sebuah acara penghargaan.

Prestasi membanggakan Park Eun Bin ditorehkan berkat aktingnya sebagai penyandang autisme atau autism spectrum disorder (ASD), Woo Young Woo, dalam drama Korea Extraordinary Attorney Woo

Sejak episode pertama Extraordinary Attorney Woo dirilis, para penonton telah memuji akting wanita berumur 30 tahun tersebut. Warganet pun jadi tak heran ketika namanya disebut sebagai peraih Daesang di Baeksang Arts Awards 2023

"Baeksang akan kehilangan integritasnya jika piala ini tidak diberikan kepada Park Eun Bin," kicau akun @ma*****72415.

"Dari saat aku melihatnya di Extraordinary Attorney Woo, aku tahu dia akan mengantongi Daesang tahun ini!! Dia fenomenal," timpal akun @s******yaTrivedi.

Dengan Peran Autisme, Park Eun Bin Berharap Banyak Orang Makin Baik dan Menerima Keragaman

Ketika mendengar namanya dipanggil sebagai peraih Daesang, Park Eun Bin sontak terkejut dan menangis. Tak hanya dirinya, lawan mainnya di Extraordinary Attorney Woo juga tampak bangga dan ikut menitikkan air mata, seperti terlihat pada siaran langsung TikTok Baeksang Official.

Dalam pidatonya, Park Eun Bin berharap perannya sebagai pengacara tapi seorang penyandang autisme dapat membuat banyak orang makin baik hati dengan menerima keragaman.

"Aku tidak memiliki impian besar untuk mengubah dunia, tapi aku berakting dengan harapan bahwa kita setidaknya dapat memiliki hati yang lebih baik dari sebelumnya," katanya.

"Dan (aku berharap) banyak orang mengenali karakteristik unik setiap orang sebagai keragaman daripada perbedaan" dia melanjutkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 4 halaman

Meraih Daesang adalah Mimpi Masa Kecil Park Eun Bin

Masih dalam pidato yang disampaikannya, aktris yang telah memulai karier sejak 1998 juga bercerita tentang mimpi masa kecilnya.

Dia mengatakan bahwa saat kecil dirinya ingin terus berkarier sebagai aktris. Dengan harapan, suatu hari dia akan menerima Daesang.

"Ketika aku masih kecil, aku berpikir bahwa aku tidak boleh melepaskan impian sebagai seorang aktris. Suatu hari nanti aku mungkin menerima Daesang," katanya.

"Dan hari ini aku mencapai impianku," ujar Park Eun Bin menambahkan.

Pidato Park Eun Bin dalam Baeksang Arts Awards 2023 Bikin K-Netz Terharu

Tak hanya lantaran prestasinya, warganet Korea yang kerap disebut K-Netz juga bangga dan terharu atas pidato wanita tersebut, seperti melansir Koreaboo.

"Dia sangat pintar dan berbicara dengan baik!" kicau salah satu K-Netz.

"Dia berbicara dengan sangat baik bahkan sambil menangis. Apa yang dia katakan sangat indah dan menyentuh," ujar yang lain.

"Dia benar-benar berbicara dengan sangat baik," timpal warganet lain.

"Wow meskipun pidatonya panjang, setiap bagian ucapannya sangat dibutuhkan," sambung yang lainnya.

3 dari 4 halaman

Park Eun Bin Sempat Takut untuk Memerankan Woo Young Woo

Dalam kesempatan yang sama, Park Eun Bin blak-blakan mengungkap dirinya sempat takut mengambil peran ini. 

Lantaran, dia merupakan seseorang yang menaruh perhatian terhadap dampak yang akan dirasakan penonton.

"Sebagai seorang aktris, aku begitu menaruh perhatian tentang dampak dari bagaimana aku menggambarkan karakter ini kepada penonton. Aku takut interpretasi aku tentang Woo Young Woo mungkin menyinggung atau menyakiti seseorang," ujarnya.

Oleh sebab itu, Park Eun Bin berkata bahwa dia berusaha keras mempelajari, serta membuka mata dan pikirannya terhadap kondisi ini.

Di sisi lain, dia berharap perannya di drama ini bisa memberikan dampak yang baik terkait pemahaman publik soal autisme.

"Harapan saya, Young Woo bermanfaat sebagai sarana untuk lebih memahami spektrum autisme, meskipun hanya dengan cara yang sederhana," dia melanjutkan.

4 dari 4 halaman

Profil Park Eun Bin, Debut Akting Sejak Usia 6 Tahun

Park Eun Bin merupakan wanita yang lahir di Seoul, Korea Selatan pada 4 September 1992. Debut pertamanya di dunia hiburan adalah sebagai model katalog pakaian Pippy saat dia berumur 4 tahun.

Park Eun Bin debut perdana sebagai aktris cilik pada umur 6 tahun. Drama yang pertama kali dia bintangi berjudul White Nights 3.98.

Kemudian, dia mendapatkan peran utama pertamanya saat sudah berakting selama 14 tahun pada 2012 lalu, tepatnya di drama Operation Proposal.

Tak hanya bakat akting, Park Eun Bin juga pandai bermain piano dan biola. Pada drama sebelumnya, yaitu Do You Like Brahms? ada banyak adegan dirinya memainkan alat musik tersebut.

Kesibukannya sebagai aktris tidak menjadi alasan untuk meninggalkan akademiknya. Park Eun Bin merupakan lulusan dari Universitas Sogang, Seoul dengan jurusan psikologi dan media komunikasi.

Pada tahun ini, perannya sebagai Woo Young Woo dalam Extraordinary Attorney Woo membuat wanita tersebut makin bersinar terang, bahkan ia dikenal sampai ke kalangan internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.