Sukses

Vaksinasi COVID-19 Masih Jadi Syarat Mudik Lebaran Idul Fitri 2023 bagi Penumpang Kereta Api Jarak Jauh

Para pemudik atau pengguna kereta api jarak jauh masih perlu memenuhi syarat vaksinasi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta terus mengingatkan calon pemudik agar menyiapkan seluruh persyaratan yang harus dipenuhi.

Sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah, para pemudik atau pengguna kereta api jarak jauh masih perlu memenuhi syarat vaksinasi COVID-19. Syarat ini tak lain guna mencegah penyebaran virus dan memastikan perjalanan penumpang tetap aman.

Untuk memudahkan calon penumpang mendapat vaksinasi, Daop 1 Jakarta menyediakan layanan vaksin yang buka setiap hari di Stasiun Pasar Senen dan Gambir. Layanan ini buka mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

Tak Disarankan Vaksinasi di Hari Keberangkatan

Menurut Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, pada masa angkutan mudik Lebaran, terpantau jumlah calon pengguna yang memanfaatkan layanan vaksin di stasiun meningkat hampir dua kali lipat. Memasuki H-10 pada 12 April lalu hingga hari ini, Minggu 16 April, tercatat sekitar 900 calon pengguna jasa memanfaatkan layanan vaksin di Stasiun.

“Daop 1 Jakarta menghimbau agar pengguna yang akan vaksin di stasiun tidak melakukan vaksin di hari yang sama dengan jadwal keberangkatan. Vaksinasi di stasiun sebaiknya dilakukan satu hari sebelum jadwal keberangkatan,” kata Eva dalam keterangan pers Minggu (16/4/2023).

Layanan vaksinasi jelang mudik Lebaran Idul Fitri 2023 di stasiun KAI Daop 1 Jakarta digelar dengan kerja sama Dinas Kesehatan setempat. Sehingga, setiap harinya jumlah vaksin dan jenis vaksin yang disiapkan menyesuaikan dengan ketersediaan atau stok vaksin yang ada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aturan Lengkap Vaksinasi untuk Penumpang Kereta Api Jarak Jauh

Pihak Eva juga menyampaikan aturan lengkap terkait vaksinasi COVID-19 untuk penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kesehatan:

1. Usia 18 tahun ke atas:

  • Wajib vaksin ketiga (booster)
  • Warga Negara Asing (WNA) yang berasal dari perjalanan luar negeri, wajib vaksin kedua
  • Tidak/belum divaksinasi dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

2. Usia 6-12 tahun:

  • Wajib vaksinasi kedua
  • Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
  • Tidak/belum divaksinasi harus memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu, atau harus didampingi oleh orangtua/orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap (Vaksin 1, vaksin 2, dan booster 1) selama melakukan perjalanan.
  • Dalam hal orangtua/orang dewasa pendamping belum mendapatkan vaksinasi lengkap karena alasan kesehatan, harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter penanggung jawab pelayanan sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan.
3 dari 4 halaman

Aturan untuk Penumpang Usia 13 - 17 Tahun

3. Usia 13-17 tahun:

  • Wajib vaksin kedua
  • Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
  • Tidak/belum divaksinasi dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

4. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR, tapi wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

4 dari 4 halaman

Peningkatan Pesanan Tiket Angkutan Lebaran 2023 Keberangkatan Awal Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Hingga hari ini, pantauan keberangkatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen menunjukkan volume penumpang berangkat sudah mengalami peningkatan.

Per Minggu, 16 April sekitar 23.600 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 KA yang beroperasi. Sementara untuk Stasiun Gambir, volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 15.000 dengan layanan 38 KA beroperasi.

Secara total okupansi keterisian tempat duduk dari pemberangkatan KA di area Daop 1 Jakarta mencapai 93 persen.

Sementara, berdasarkan data Minggu 16 April 2023 sekitar 565.000 tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual. Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit seperti H-5 hingga hari kedua Lebaran atau 14 hingga 23 April 2023.

Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada tanggal 21 April 2023.

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.