Sukses

David Ozora Korban Mario Dandy Sudah Bisa Berdiri Selama 20 Menit, Bakal Jalani Pre-Treatment Stem Cell Hari Ini 26 Maret 2023

Paman David Ozora, Rustam Hatala, menyampaikan bahwa keponakannya kini telah mampu berdiri selama 20 menit pasca mengalami penganiayaan oleh Mario Dandy Satriyo pada 20 Februari 2023 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi kesehatan Crystalino David Ozora semakin menunjukkan kemajuan. Paman David Ozora, Rustam Hatala, menyampaikan bahwa keponakannya kini telah mampu berdiri selama 20 menit pasca mengalami penganiayaan oleh Mario Dandy Satriyo pada 20 Februari 2023 lalu.

Rustam mengatakan, David rutin menjalani sesi fisioterapi sehingga kini telah menujukkan perkembangan signifikan.

"Peningkatan juga di posisi berdiri. Sekarang David sudah bsia diposisikan berdiri, lebih lama. Bahkan tadi itu sampai sekitar 20 menit dilatih berdirinya biar nggak kaku," terang Rustam di RS Mayapada Jakarta, Sabtu (25/3), dikutip dari nu.or.id.

Meski masih menjalani perawatan di ICU, Rustam mengatakan, putra Jonathan Latumahina itu juga mulai merespons gerakan yang dilihatnya melalui mata.

"Ada satu perkembangan bagus di hari ini itu dari penglihatan, respons David ya. Jadi matanya mulai ada respos mengikuti gerakan dibanding sebelumnya," Rustam menjelaskan.

Selain itu, David pun disebut telah bisa merespons perintah sederhana dari suara yang didengarnya. Namun, remaja 17 tahun itu belum sepenuhnya sadar untuk bisa mengenali orangtuanya.

"Memang yang belum sama sekali kelihatan itu soal kesadarannya itu karena sama sekali belum, orang tuanya saja belum dikenali, jadi masih belum ada perkembangan kalau tingkat kesadaran," imbuhnya.

Cedera otak yang dialami David Ozora akibat penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy membuat kesadarannya belum pulih sempurna. Sementara pihak keluarga belum mengetahui secara detail kondisi cedera otak yang dialami David.

"Sebenarnya, kemarin kita sudah dapat (diagnosa), lebih ke cedera otak parah. Memang belum sama sekali sadar. Kalau secara fisik, itu kan luka-luka sudah sembuh semua ya di luar. Tapi lebih ke cedera di dalam yang memang kita belum tahu kondisinya seperti apa," Rustam menjelaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalani Terapi Stem Cell

Diketahui, David Ozora bakal menjalani pre-treatment kelima untuk terapi stem cell atau sel punca pada hari ini, Minggu 26 Maret 2023. Perwakilan keluarga David Ozora, Alto Luger, mengonfirmasi info tersebut di RS Mayapada Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (25/3/2023).

"Besok akan dilakukan stem cell treatment. Sesuai jadwal. Mungkin siang," kata Alto.

Beberapa hari lalu, Jonathan Latumahina pun membagikan perkembangan pemulihan kesehatan putranya melalui media sosial. Pada hari ke-29 David menjalani perawatan, Jonathan mengatakan putranya mulai bisa menggerakkan badan dengan miring ke kanan dan ke kiri. 

Dalam unggahan video pada Rabu, 22 Maret 2023, terlihat David Ozora Latumahina tengah berupaya memiringkan tubuh ke kanan dan ke kiri sesuai instruksi sang ayah.

"Coba ke sana, madep sana. Ya madep sana, pintar, udah bisa kok madep sini madep sana, pintar ya pelan-pelan ya," kata Jonathan Latumahina dalam video tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.