Sukses

Pesan Jokowi di Hari Perawat Nasional 2023: Mereka Tak Sekadar Beri Senyuman Tulus dan Sabar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan ucapan selamat kepada perawat Indonesia yang telah berjuang di garda terdepan memberikan layanan kesehatan pada Hari Perawat Nasional 2023.

Liputan6.com, Jakarta Setiap 17 Maret diperingati sebagai Hari Perawat Nasional. Pada peringatan tahun ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan ucapan selamat kepada para perawat Indonesia yang telah berjuang di garda terdepan memberikan layanan kesehatan.

"Selamat Hari Perawat Nasional," tulis di akun media sosial Twitter Jokowi.

Nampak terlihat ilustrasi dalam unggahan tersebut. Ada gambaran perawat di layanan fasilitas kesehatan. Seperti saat mengantar bergegas mengantar orang sakit di ruangan IGD. Lalu, dengan sabar menemani pasien berjalan di ruang fisioterapi. Terlihat juga perawat yang memberikan pelukan hangat kepada pasien cilik.

"Mereka tidak datang sekadar memberi senyum yang tulus, sikap sabar, atau menularkan semangat. Mereka hadir memberi pelayanan profesional yang membangunkan harapan," tulis Jokowi.

Orang nomor satu di RI itu mengungkapkan bahwa para perawat Indonesia telah membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi setiap orang yang membutuhkan.

Bertepatan dengan HUT PPNI

Peringatan Hari Perawat Nasional ini juga bertepatan dengan hari lahirnya Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). PPNI lahir pada 17 Maret 1974.

Peringatan Hari Perawat Nasional dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap seluruh perawat. Untuk tema tahun ini Hari Perawat Nasional 2023 dan HUT PPNI ke-49 mengusung "Gapai Sejahtera dengan Profesionalisme".

PPNI merupakan organisasi satu-satunya yang menaungi seluruh para perawat di Indonesia. Sebelum PPNI lahir, sejarah keperawatan Indonesia telah lebih lebih dulu ada semenjak penjajahan pemerintah Hindia Belanda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan untuk Perawat Indonesia

Berbagai instansi dan masyarakat memberikan selamat serta dukungan terhadap para perawat di Hari Perawat Nasional. Salah satunya dari Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN).

"Hari Perawat Nasional diperingati setiap tanggal 17 Maret. Diperingatinya Hari Perawat Nasional untuk memberi dukungan sekaligus mengapresiasi seluruh perawat di Indonesia atas pengabdian dan jasa mereka dalam bidang kesehatan," tulis DJSN di akun Twitternya.

Bupati Blora, Arief Rohman pun mengucapkan terima kasih atas dedikasi para perawat yang terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Terimakasih atas dedikasinya. Teruslah memberikan pengabdian dan pelayanan terbaik untuk masyarakat," cuit Arief Rohman.

Politikus dan anggota DPD RI, Fahira Idris juga memberikan dukungannya kepada para perawat Tanah Air.

"Terima kasih Perawat…Telah dan akan terus menjadi garda terdepanpeningkatan derajat kesehatan masyarakat.Semoga kesejahteraan menyertai seluruh perawat di negeri ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.