Sukses

Viral Anak SMP Patungan Beli Sepatu Teman yang Jebol, Banjir Pujian Warganet

Melihat sepatu teman yang sudah rusak dan jebol tak membuat semua orang punya inisiatif untuk membelikan yang baru. Namun, bukan itu yang dilakukan oleh para siswa di SMPN 3 Tasikmalaya.

Liputan6.com, Jakarta Melihat sepatu teman yang sudah rusak dan jebol tak membuat semua orang punya inisiatif untuk membelikan yang baru. Namun, bukan itu yang dilakukan oleh para siswa di SMPN 3 Tasikmalaya.

Dalam sebuah video yang tengah viral di media sosial, para bocah di SMPN 3 Tasikmalaya itu berinisiatif untuk patungan membeli uang. Uang itu digunakan untuk membeli sepatu temannya yang sudah rusak.

"Barudak kelas VIII B, SMPN 3 Tasikmalaya udunan buat beliin temennya sepatu. Liat ekspresi temennya begitu dikasih sepatunya, priceless," tulis akun Twitter @akuluka selaku pengunggah video, Kamis (9/3/2023).

Mulanya, video itu menampilkan sepatu rusak dan jebol yang dikenakan oleh seorang anak laki-laki. Sepatu hitam itu nampak sudah tak layak pakai, namun masih tetap digunakan olehnya ke sekolah.

Kemudian, sebuah kertas tersorot bertajuk 'Target Rp217.000 Sodakoh Peduli'. Ternyata, kertas itu berisi jumlah dana yang dikumpulkan dari masing-masing teman si anak laki-laki tersebut.

"Rini 10.000, Regi 5.000, Rafi 5.000, Reza 2.000, Yandi 4.000, Bunda Rafi 50.000, Dika 5.000, Isan 5.000, Gisel 5.000, Adnan 3.000, Keisha 10.000, Astri 5.000, Dwi 9.000, Misyka 5.000," begitu isi daftar patungan yang mereka buat.

Saat sudah terkumpul sesuai target, si anak laki-laki pemilik sepatu rusak tersebut diberi kejutan oleh teman-temannya. Dus berisi sepatu baru itu dibawa ke sekolah, diberikan padanya, dan tentu berhasil membuatnya tersenyum dengan lebar.

Tak berhenti di sana, teman-teman di kelasnya pun ikut memberikan sepatu baru tersebut dengan penuh kebahagiaan. Ikut memberikan selamat dan memberikan tangan untuk melakukan tos ala mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banjir Komentar Warganet

Hingga tulisan ini dipublikasikan, setidaknya video itu sudah ditonton lebih dari 150 ribu kali. Tentu, aksi inisiatif yang dilakukan bocah SMPN 3 Tasikmalaya tersebut  juga mengundang komentar warganet.

"Contoh real men nih, saling ngebantu temen," kata akun @e***d.

"Keren banget ini. Ekspresinya h&m (hangat & manis) abis! Semoga pertemanan kalian bisa berlanjut terus dan jadi inspirasi baik buat banyak orang yaaa. Aamiinnnn," tulis akun @k***a.

"Akutuh liat ini aja nangis," ujar akun @n***a.

"Semoga yang diupload di medsos dibanyakin yang begini, anak remaja indo masih banyak yg baik kok," kata akun @s***m.

"Terharu bangett.. bahagianya sampe sini," sambung akun @n***i.

3 dari 4 halaman

Video Viral Lainnya, Bocah Bantu Kucing

Tak hanya video anak SMP yang saling bantu untuk membelikan sepatu temannya, beberapa waktu lalu, viral pula aksi dua bocah menyelamatkan kucing di tengah banjir hampir sedengkul.

Dua bocah yang tidak diketahui namanya viral lantaran menyelamatkan kucing di tengah banjir. Kucing itu nampak anteng digotong dengan kayu oleh dua bocah tersebut.

"Kalian harus lihat ini, lucu banget meng-nya digotong biar enggak kebanjiran," tulis akun Twitter @kochengfs mengutip unggahan videonya.

Dalam video singkat itu, dua bocah yang bersangkutan menggunakan seragam SD merah putih. Mereka sama-sama menggotong kucing dengan hati-hati di tengah banjir yang hampir menyentuh dengkul keduanya.

Dua bocah menggotong kucing tersebut hingga menuju area yang lebih tinggi, tempat dimana kondisi banjir lebih surut. Si kucing sebenarnya sempat berdiri saat perjalanan, namun tidak melompat sama sekali dan hanya melihat area sekitarnya yang banjir.

4 dari 4 halaman

Respons Warganet, Ikut Gemas

Setidaknya sampai tulisan ini dipublikasikan, video sudah diputar lebih dari 360 ribu kali. Video itupun sontak mengundang komentar warganet.

"Berasa cleopatra lu ya meng di gotong-gotong," kata akun @m***_

"GEMES BANGET," ujar akun @s***o.

"The real tuan paduka sang majikan," sambung akun @c***a.

"Jiwa sosial yang tinggi," ujar akun @m***l ikut menimpali.

"Ya memang seharusnya begitu, karena dia (kucing) paduka raja," ujar akun @n***k.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.