Sukses

5 Kelebihan Meratakan dan Merapikan Gigi dengan Clear Aligner Dibanding Behel

Alasan Clear Aligner bisa merapikan gigi lebih cepat dibanding behel atau kawat gigi

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu bukti teknologi di industri ortodontik mengalami perkembangan yang terbilang cepat tak kalah dengan bidang lainnya adalah dengan kemunculan Aligner.

Teknologi baru di bidang perawatan gigi ini yang membuat banyak orang mulai meninggalkan cara lama untuk merapikan gigi.

Bila di tahun-tahun kemarin kawat gigi menjadi primadona, ke depan Aligner digadang-gadang bakal menggeser kepopuleran metode tersebut.

Dijelaskan drg Ivan Liwu dari OneSmile Aligners Dentist, hal lain yang bikin Aligner pelan-pelan mulai menggeser kawat gigi karena perawatannya yang tiga kali lebih cepat.

"Waktu perawatan kawat gigi bisa memakan waktu 12 hingga 24 bulan. Dengan Clear Aligner, cukup dua hingga enam bulan saja," kata Ivan dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Senin, 20 Februari 2023.

Alasan Clear Aligner Bisa Merapikan Gigi Lebih Cepat Dibanding Behel

  1. Ini terjadi karena teknologi yang digunakan. Mulai dari pengambilan cetakan gigi, sudah menggunakan 3D intraoral scanner. Sedangkan cara lama menggunakan cetakan tradisional berupa PVS.
  2. Perencanaan perawatan Ortodontis kemudian mensegmentasi setiap gigi serta menciptakan pergerakan gigi dari titik A ke B dilakukan secara akurat guna mencapai posisi yang direncanakan.
  3. Dokter spesialis ortodontik kemudian menyesuaikan perawatan dengan pergerakan gigi sebesar 0,25 mm per Aligner.
  4. Faktor lain dalam mendapatkan hasil yang akurat dan efisien tiga kali lebih cepat dibanding behel adalah rencana perawatan yang dilakukan pasien pengguna Clear Aligner.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengguna Aligner Tidak Ada Pantangan Makan

Dilanjutkan Ivan, pengguna Aligner tidak perlu mengubah pola diet sehari-hari. Meski begitu para pasien di OneSmile tetap diimbau untuk menyantap makanan gizi seimbang dan mengurangi konsumsi gula.

"Para pengguna Clear Aligners di OneSmile masih bisa makan makanan seperti buah-buahan, biskuit, bahkan permen selama melakukan perawatan, selama pasien melepasnya ketika makan dan minum," ujar Ivan.

Lebih lanjut Ivan, mengatakan, Aligner cocok digunakan oleh mereka yang tak ingin orang lain tahu bahwa dia sedang melakukan perawatan merapikan gigi.

Seperti dikatakan Ivan, pemakaian kawat gigi logam maupun keramik acapkali membuat orang jadi tak percaya diri.

"Banyak orang yang mungkin merasa tak nyaman terlihat menggunakan kawat gigi, sedangkan Aligner tidak terlihat," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Kenyamanan Menggunakan Aligner

Pada akhirnya, lanjut Ivan, kenyamanan menggunakan Aligner yang mulai dilirik oleh banyak orang.

Meski begitu Ivan mengingatkan untuk hati-hati memilih Aligner. Pastikan bahwa Aligner tersebut menggunakan Polyurethane biokompatibel yang bebas BPA dan lateks.

Di sisi lain, walau penggunaan Clear Aligners perlu waktu pakai hingga 22 jam sehari agar mendapatkan hasil maksimal, tapi pasien dapat melepasnya ketika makan atau membersihkan gigi.

"Terlepas dari teknologi baru, estetika, kualitas, kenyamanan, kebutuhan gaya hidup dan kecepatan perawatan, Clear Aligners juga memudahkan Anda dalam merawat kebersihan gigi dan mulut," kata Ivan.

"Berbeda dengan kawat gigi yang seringkali terkena sisa makanan yang menempel di kawat. Pasien dapat melepas Clear Aligners-nya ketika makan, menyimpannya di dalam Aligners Case yang telah disediakan dan melakukan flossing dan menyikat gigi Anda dengan mudah," Ivan menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.