Sukses

Viral Razia TipeX Modif bak Motor Balap di Sekolah, Warganet: Kreatif Lho Mereka

Viral di Twitter sebuah video berisi razia tipeX modif yang dilakukan anak sekolah

Liputan6.com, Jakarta - Begitu banyak momen-momen di sekolah yang membekas pada setiap generasi, termasuk soal razia. Kali ini, viral sebuah video razia tipeX kertas di sekolah yang dimodif layaknya motor balap.

Video tersebut mulanya diunggah oleh akun TikTok @ndarukurniawan_suseno belum lama ini. Terlihat beberapa hasil sitaan tipeX yang sudah dijejerkan di meja.

Razia dilakukan lantaran tipeX kertas para murid dimodif dengan berbagai macam tipe.

Ada yang menggunakan lampu warna-warni, ada yang ditambahkan kabel-kabel hingga bisa berputar seperti ban motor, ada pula yang ditambahkan corong seolah knalpot.

Uniknya, tipeX kertas itu dimodif sendiri para murid sendiri, bukan dari hasil membeli.

"Yssa yg standar standar aja dek," tulis Ndaru Kurniawan mengutip keterangan dalam video yang diunggahnya pada Minggu, 12 Februari 2023.

Tutorial Membuat TipeX Modif Kayak Motor Balap

Ndaru Kurniawan yang mengaku bapak guru kece itu tidak menjelaskan latar belakang terciptanya tipeX modif milik murid-muridnya. Namun, ada video lain yang membahas pembuatan di baliknya.

"Okey cuy, di sini gue make tipeX Joyko, pulpen Joyko, pulpen k*nko, karet gelang warna merah, tali masker yang sudah disambungin, double tape, dan kertas. Oke, langsung saja ikutin tutorialnya," ujar pria di balik akun TikTok @cleonkalqwo. 

Pada video itu, terdapat penjelasan bagaimana tipeX modif dibuat. Mulanya, tipeX harus dibongkar total.

Setelahnya, beberapa bagian digabungkan menggunakan karet dan tali masker. Sedangkan bagian pulpen lainnya dibuat menjadi knalpot.

"Ini tinggal masukin aja nih ke gear satu, gear dua, sama knalpot. Pastiin cuy enggak ada yang putus. Nah, abis itu siapin karet pulpen terus tutup pulpen. Masukinnya satu ngadep ke atas, satu keluar," dia menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respons Warganet Soal TipeX Modif

Tentu saja, video itu viral di media sosial TikTok maupun Twitter. Banyak yang merasa bahwa itu merupakan sebuah kreativitas lantaran bisa mengubah alat tulis menjadi mainan yang apik.

"Dulu jamanku sekolah pernah ada razia bolpen yang bau wangi karena isunya ada narkobanya. Sekarang razia di sekolah tipex dimodif," tulis akun @d***p.

"Kirain ada yang jual. Ternyata beneran dimodif sendiri," tambahnya sambil melampirkan video pembuatan tipp-ex modif.

"Tp kreatif loh mereka tu," kata akun @m***a.

"Iya, kok kepikiran dikasih knalpot segala," kata akun @m***a.

3 dari 4 halaman

Penyebab Dirazia oleh Guru

Usai memuji kreativitasnya, ada pula beberapa warganet yang menanyakan alasan kenapa tipp-ex modif itu harus dirazia oleh guru. Ternyata, suaranya cukup keras sehingga dinilai akan mengganggu.

"Hah kenapa dirazia? Emang melanggar aturan apa," tanya salah satu warganet.

"Cek reply Tweet itu kak, kenceng banget suaranya tipex racing ini," kata akun @dioxjep menjawabnya.

"Dibalik bisingnya, sebenernya ini dia lg nyalurin kreatifitasnya, harusnya difasilitasi, masuk ukm robotika atau semacamnya, kan bagus klo bisa bikin tipe-x yg bisa revisi nilai rapot," kata akun @p***x.

"calon-calon enginer, harusnya diarahin yg kaya gini jangan malah di hukum," sambung akun @w***n menimpali.

4 dari 4 halaman

Sudah Viral dan Ditonton Jutaan Kali

Video mengenai tipp-ex modif itu sudah tersebar pada banyak platform media sosial. Dalam video aslinya, video itu sudah ditonton jutaan kali dan dikomentari oleh ribuan pengguna TikTok.

Hingga tulisan ini dipublikasikan setidaknya video razia tipp-ex modif sudah ditonton 30 juta kali dan memiliki lebih dari lima ribu komentar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.