Sukses

Kasus Diabetes Pada Anak Mulai Merajalela, Kenali Penyebab dan Penanganan yang Bisa Dilakukan

Mengenal penyebab diabetes pada anak dan cara penanganan yang dapat dilakukan oleh orang tua.

Liputan6.com, Jakarta Akhir-akhir ini kasus diabetes pada anak semakin meningkat. Diabetes sendiri memang penyakit yang bisa terjadi pada siapapun, termasuk pula pada anak-anak yang masih di bawah umur. Gejala pada kelainan ini juga dapat dicermati dengan jelas. Mulai dari anak yang sering merasa haus, sering pergi ke kamar kecil, mudah lelah, hingga penurunan berat badan.

Diabetes pada dasarnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan 2. Pada kasus diabetes tipe 1, tubuh anak tak bisa lagi memproduksi hormon insulin yang berguna mengontrol kadar gula dalam darah. Sementara itu, diabetes 2 ini merupakan kondisi yang lebih kronis, di mana metabolisme dan proses mengubah gula menjadi energi menjadi terganggu.

Bagi para orang tua, permasalahan seperti ini sudah pasti harus diperhatikan agar tak menyerang buah hati yang disayangi. Pasalnya, jika sudah terlambat dan si kecil terkena diabetes, maka yang rugi juga orang tua dan anaknya. Untuk itu, perhatikan penyebab dari diabetes

Penyebab Diabetes Tipe 1 Pada Anak

Penyebab pasti untuk anak penderita diabetes tipe 1 sendiri masih belum diketahui. Namun, sejumlah peneliti menjelaskan jika faktor genetik menjadi salah satu yang dapat menyebabkan penyakit ini terjadi pada si kecil. Selain itu, paparan sejumlah virus tertentu juga diyakini menjadi faktor mengapa diabetes tipe ini bisa menyerang tubuh anak-anak. Makanya, rata-rata anak penderita kelainan ini memiliki tubuh yang cenderung lemah dan rentan terkena penyakit lainnya.

Penyebab Diabetes Tipe 2 Pada Anak

Berbeda dari diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 ini tak hanya bisa disebabkan dari faktor keturunan orang tua melainkan juga karena kebiasaan buruk yang sering diterapkan. Di antaranya adalah jarang berolahraga, sering mengonsumsi makanan manis, dan bahkan kelebihan berat badan. 

Meskipun diabetes tipe 2 lebih sering menyerang orang dewasa, namun tak menutup kemungkinan juga bila anak-anak memilikinya. Jika sudah terlanjur terkena penyakit ini, maka orang tua mau tak mau harus membawa anaknya ke rumah sakit agar bisa mendapatkan penanganan yang serius.

Penanganan yang Bisa Dilakukan oleh Para Orang Tua

Dalam penanganan anak yang mengalami penyakit diabetes, peran kedua orang tua sangat dibutuhkan. Namun, penanganan seperti apa sih yang sebenarnya bisa orang tua berikan kepada anak mereka? Jawabannya adalah dengan mengatur pola makan anak dan dorong mereka untuk melakukan aktivitas yang baik.

Membantu mengatur pola makan anak bisa dilakukan dengan memberikannya makanan yang sehat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, menyuruhnya perbanyak minum air putih, tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan, serta mengurangi asupan manis. Sementara itu, para orang tua juga bisa meminta sang anak untuk mulai rajin berolahraga, melakukan hobi yang disukai mereka, dan bahkan melakukan jalan-jalan santai di sekitar area rumah. 

Sudah sepatutnya orang tua memperhatikan kondisi dari anak-anak agar terhindar dari penyakit diabetes yang berbahaya. Namun, jika kelainan tubuh ini telah terlanjur terjadi, maka ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi mereka ke rumah sakit. Hal ini sangat perlu dilakukan sebagai langkah penanganan agar tak semakin parah dan berujung dengan komplikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini