Sukses

Plank Bakar Banyak Kalori, Lakukan Secara Rutin Bantu Lunturkan Lemak Perut

Bagaimana cara melakukan plank untuk melunturkan atau menghilangkan lemak di perut

Liputan6.com, Jakarta - Plank adalah latihan beban (weight lifting) yang efektif untuk memperkuat core. Olahraga ini bisa meningkatkan stabilitas, fleksibilitas, dan juga meningkatkan keseimbangan dan koordinasi dalam tubuh.

Dikenal karena keuntungannya dalam meningkatkan metabolisme, diyakini bahwa plank bakar kalori lumayan besar, yang bisa membantu pelakunya menurunkan berat badan.

Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan guna memaksimalkan latihan ini supaya dapat menuai manfaat maksimal.

Saat Anda melakukan plank, postur tubuh Anda harus tepat. Postur plank yang sempurna dengan menjaga kaki tetap lurus, punggung sejajar dengan tanah dan tulang belakang netral.

Anda tidak boleh menekuk lutut atau mengangkat punggung. Keduanya harus lurus dan sejajar dengan lantai. Jangan lupa untuk melibatkan glutes Anda.

Plank Harus Berapa Lama?

Durasi melakukan plank juga turut memengaruhi. Secara kasat mata, plank mungkin terlihat mudah, tapi ketika Anda mulai melakukannya, Anda mungkin memahami betapa sulitnya gerakan tersebut.

Push your limit untuk mendapatkan hasil maksimal. Tahan selama yang Anda bisa, sampai Anda tidak bisa lagi.

Melakukan plank tidak hanya akan membakar lemak perut dan mengencangkan otot perut, tapi juga membangun daya tahan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsisten Lakukan Plank

Lakukan konsisten untuk menggapai tujuan Anda. Anda harus memikirkan cara untuk mempertahankannya dan membuat diri Anda tetap termotivasi.

Melakukan gerakan bagian bawah atau plank penuh setiap hari mungkin terasa monoton. Oleh sebab itu, Anda dapat bereksperimen dengan variasi lain.

Mulai dari side plank, knee plank, hingga straight arm knee plank. Ada beberapa bentuk plank yang bisa Anda pilih. Setiap gerakan menyajikan berbagai manfaat.

 

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Plank

Itu selalu merupakan ide yang baik untuk melakukan latihan Anda lebih tinggi. Tingkatkan intensitas plank Anda dengan bergerak.

Plank jack, papan atas dan bawah, pendaki gunung adalah cara yang bagus untuk melatih seluruh tubuh Anda.

Ini menambah variasi dan juga memaksimalkan pembakaran kalori. Sementara plank statis dapat melibatkan core Anda, plank dengan gerakan dapat menargetkan seluruh tubuh Anda.

 

4 dari 4 halaman

Cara Melakukan Plank

Langkah 1: Dimulai ke posisi push up.

Langkah 2: Tekuk lengan Anda di siku, letakkan beban di lengan bawah Anda.

Langkah 3: Libatkan core Anda, tekan glutes Anda dan tahan posisi Anda, jaga agar tubuh Anda tetap lurus dari kepala hingga tumit.

Langkah 3: Pertahankan posisi selama mungkin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.