Sukses

Termasuk Murah Senyum, Ini 8 Kebiasaan Simpel yang Bikin Terlihat 10 Tahun Lebih Muda

Selain merawat diri, menerapkan 8 kebiasaan sederhana di bawah ini dapat membantu Anda terlihat 10 tahun lebih muda.

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang nampaknya ingin terlihat awet muda. Oleh karena, banyak yang berlomba-lomba mengunjungi dokter kulit terbaik dan melakukan perawatan yang tak terkira harganya guna menjaga kulitnya tetap cerah dan elastis.

Meski memenuhi kebutuhan kulit dengan menggunakan beraneka ragam skincare memberikan manfaat, terdapat berbagai kebiasaan sederhana untuk terlihat awet muda yang sering dilewatkan.

Berikut beberapa kebiasaan sederhana yang dapat membuat penampilan Anda terlihat 10 tahun lebih muda menurut situs Eat This, Not That!:

1. Pertahankan Postur yang Baik

Postur tubuh yang bagus membuat Anda terlihat lebih tinggi, lebih kurus, dan lebih muda, ujar Dokter Ortopedi Gbolahan Okubadejo, MD.

"Selain upaya sadar yang dilakukan untuk mempertahankan postur tubuh yang baik, kita menghabiskan begitu banyak waktu membungkuk di depan ponsel dan meja, dan dengan demikian membuat tubuh bungkuk," jelasnya.

"Memperbaiki postur tubuh seiring bertambahnya usia tidak hanya membuat Anda terlihat lebih muda tetapi memberi banyak manfaat kesehatan."

Postur yang bagus juga dikaitkan dengan peningkatan rasa percaya diri, yang memproyeksikan penampilan positif dan awet muda.

2. Rajin Berolahraga

Cara Anda berjalan menunjukkan usia Anda, jelas Pelatih Kebugaran Bersertifikat Jessica Mazzucc.

"Tetap bugar dan rajin berolahraga dapat membantu Anda menghindari perubahan gaya berjalan yang berhubungan dengan usia dan membuat langkah Anda lebih tegas. Fokus pada core training juga dapat meningkatkan postur tubuh dan mencegah bungkuk yang akan membuat Anda terlihat lebih tua."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Konsumsi Makanan 'Anti Penuaan'

Dokter kulit New York bersertifikat dewan dan penulis buku "Skin Rules: Trade Secrets from a Top New York Dermatologist" Debra Jaliman, MD menjelaskan bahwa mengonsumsi makanan tertentu dapat mencegah penuaan.

"Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan akan membuat kulit Anda bersinar," katanya, sambil menunjuk beberapa jenis berry seperti blueberry, goji berry, black berry, dan cranberry.

Selain itu, hindari makanan olahan dan gula. "Penting untuk menerapkan pola makan sehat dan membatasi jumlah gula yang dikonsumsi," katanya. Gula olahan dapat mengglikasi kolagen dan membuatnya rapuh dan rusak.

4. Jangan Lupa Makan Sayur

Dokter Kulit Bersertifikat Dewan Stacy Chimento, MD juga menyarankan untuk meningkatkan kesehatan kulit melalui pola makan.

"Meningkatkan konsumsi buah dan sayuran sehat bersama dengan diet seimbang akan memberikan nutrisi yang dapat menjaga kesehatan kulit," katanya.

"Menerapkan pola makan yang kaya antioksidan membantu meningkatkan kolagen yang sehat, melawan radikal bebas, kerusakan akibat sinar matahari dan memperbaiki kondisi inflamasi seperti psoriasis, jerawat, dan rosacea."

3 dari 4 halaman

5. Cukup Tidur

Tidur adalah salah satu perawatan anti penuaan terbaik, jelas Gastroenterolog sekaligus Dokter Spesialis Penyakit Dalam Niket Sonpal, MD.

"Kulit lebih cepat menua serta tidak dapat pulih dari stresor lingkungan seperti paparan sinar matahari ketika Anda kurang tidur. Kurang tidur juga dapat menyebabkan keriput dan garis-garis halus, mata bengkak, dan kulit pucat, semua menua yang membuat Anda terlihat lebih tua," catatnya.

"Tidur cantik bukanlah mitos, tubuh memperbaiki diri saat tidur, dan tidur yang baik mengarah pada ratusan manfaat yang akan membuat Anda terlihat lebih muda."

6. Gunakan Sunscreen

Paparan UV mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan bintik-bintik, ungkap dokter kulit bersertifikat Dewan Annie Gonzalez, MD.

"Memakai sunscreen dapat melindungi kulit dari penuaan, serta mengurangi bintik-bintik penuaan, kerutan, dan tanda penuaan dini lainnya," jelasnya.

Mayoritas orang sudah biasa memakainya, sunscreen cenderung hanya diaplikasikan pada kulit wajah saja. Padahal, bagian lain yang terpapar sinar matahari, seperti tangan, juga membutuhkan perhatian.

"Bahkan jika wajah terlihat muda, tangan yang terlihat tua akan mengungkapkan usia kita yang sebenarnya," dia menandaskan.

4 dari 4 halaman

7. Pastikan Tubuh Selalu Terhidrasi

Salah satu cara untuk menyegarkan wajah adalah dengan menghidrasi, ujar Dr. Chimento.

"Kulit harus selalu dalam pH yang baik. Kulit dehidrasi lebih rentan terhadap kondisi inflamasi seperti jerawat, rosacea, ruam, dan yang lainnya," jelasnya.

Selain minum air putih yang cukup, carilah perawatan kulit yang menghidrasi. "Banyak pasien jerawat saya takut menggunakan pelembab sebab khawatir mengalami break out atau membuat kulitnya lebih berminyak. Jika kulit terlalu kering, produksi minyak akan meningkat sebagai respons," ungkapnya.

Chimento menyarankan produk yang mengandung hyaluronic acid dan ceramide sebab dapat meningkatkan tekstur dan memperbaiki skin barrier.

8. Murah Senyum

Menurut Neuropsikolog Sanam Hafeez, MD, tersenyum dapat langsung membuat Anda terlihat 10 tahun lebih muda.

"Orang yang lebih murah tersenyum sering dianggap lebih muda dari usia sebenarnya, dan senyum tulus membuat Anda terlihat muda," katanya.

"Saat bahagia, wajah Anda bersinar, berbeda dengan wajah marah yang dapat membuat Anda terlihat galak dan lebih tua. Tersenyum juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan membuat Anda merasa lebih bahagia."

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini