Sukses

5 Jenis Kucing Bulu Pendek yang Cocok Dijadikan Anabul Kesayangan

Ras kucing berbulu pendek, secara umum memerlukan lebih sedikit perawatan dan mungkin lebih sedikit mengalami kerontokan dibandingkan jensi kucing lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ras kucing bisa dilihat dari beberapa hal, salah satunya yang pada panjang bulunya. Semisal, British Shorthair atau American Shorthair--dua garis keturunan kucing paling populer di dunia--yang sesuai namanya, memiliki bulu-bulu pendek yang membalut tubuhnya.

Untuk kucing dengan garis keturunan yang tidak diketahui, panjang bulu juga bisa dijadikan patokan deskripsi.

Presiden dan co-founder Independent Veterinary Practitioners Association Bonnie Bragdon mengatakan, umumnya jenis kucing dikelompokkan menurut panjang-pendek bulunya.

"Biasanya kucing dibagi menjadi berbulu pendek dan berbulu panjang," ujar Bonnie, dilansir Dailypaws.

"Faktanya, saat ras kucing tidak diketahui, dokter hewan akan mendaftarkan kucing tersebut sebagai domestic shorthair (DMH/kucing domestik berambut pendek), DMH (kucing domestik berbulu sedang), dan DLH (kucing domestik berbulu panjang)," lanjutnya.

Ras kucing bulu pendek, secara umum memerlukan lebih sedikit perawatan dan mungkin lebih sedikit mengalami kerontokan dibandingkan jensi kucing lainnya. Perlu diingat, setiap ras kucing punya keunikannya sendiri.

Mari berkenalan dengan aneka jenis kucing berbulu pendek

British Shorthair

Jenis kucing ini bertubuh gempal dan seperti boneka beruang, tidak mengherankan jika shorthair Inggris melengkapi lima ras kucing paling populer di dunia.

Umumnya, kucing bulu pendek jenis ini memiliki warna bulu biru-abu-abu. Ceria dan berpipi tembam, British shorthair adalah hewan peliharaan keluarga yang menyenangkan. Dia akan menunjukkan antuasiasme yang sama ketika meringkuk di sofa ataupun mengejar mainan favorit dari waktu ke waktu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kucing European dan American Shorthair

European Shorthair 

Kucing bulu pendek Eropa memiliki tubuh yang lebih berotot dan terkenal di benua asal mereka, meskipun mereka jarang di bagian lain dunia.

Dibandingkan dengan ras American Shorthair, mereka lebih menonjol dengan tubuh yang sedikit lebih kekar tetapi juga memiliki berbagai warna. Sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan keluarga.

Namun, beberapa shorthair Eropa mungkin tidak cocok dengan orang asing atau hewan peliharaan rumah tangga lainnya, tetapi dengan garis keturunan yang panjang, temperamennya berbeda tergantung pada kucingnya. Satu kesamaan yang dimiliki kucing-kucing ini adalah mereka sangat bangga dengan penampilan mereka, mencukupi sebagian besar kebutuhan perawatan mereka sendiri — menyikatnya hanya setiap minggu tidak jadi masalah. 

 

American Shorhair 

Bulunya pendek tebal dan kuat, kucing bulu pendek Amerika telah lama menjadi musuh hama yang mengintai tanah Amerika — nenek moyang American Shorthair pertama membuat menghalau cukup banyak tikus di atas Mayflower.

Kucing shorthair Amerika saat ini adalah hewan peliharaan keluarga yang ramah, cocok dengan anak-anak dan teman berbulu. Sama seperti kucing domestik berambut pendek yang tidak terlalu tegas, bulu pendek Amerika memiliki warna bulu dan mata yang dramatis. Meskipun demikian, perawakan mereka yang kekar, telinga pendek, dan wajah bulat berfungsi sebagai pengenal yang berbeda dari silsilah ras lainnya. 

3 dari 3 halaman

Kucing Exotic dan Oriental Shorthair

Exotic Shorthair

Mungkin Anda perlu melihatnya beberapa kali untuk memastikan ras kucing ini. Sosoknya sangat mirip dengan Kucing Persia, dengan wajah datar, hidung pesek dan mata bulat.

Kucing berbulu pendek eksotis ini hampir sulit sekali dibedakan dengan kucing ras Persia. Tetapi dia memiliki satu perbedaan mendasar, bulunya pendek!

Lalu, perbedaan lainnya, kucing Exotic Shorthair ini memerlukan perawatan yang lebih sedikit dibandingkan rekannya yang berbulu panjang.

 

Oriental Shorthair

Masih ingat dengan tokoh Dobby di film Harry Potter? Telinga panjang mereka di atas hidung sempit menarik perhatian, karena mirip Dobby. Sama seperti peri rumah, mereka sangat jinak, ingin selalu berada di dekat Anda dan memberi tahu Anda bagaimana keadaan mereka. Mereka lebih memilih teman daripada sendirian, jadi menambahkan hewan peliharaan ini ke rumah adalah ide yang bagus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.