Sukses

Shampo Anti Ketombe, Kenali Manfaat dan Cara Memilih Produk yang Tepat

Shampo anti ketombe dapat memaksimalkan perawatan rambut sehari-hari, gali lebih jauh lewat beberapa tips ini!

Liputan6.com, Jakarta Kulit kepala terasa gatal dan muncul serpihan putih yang rontok setiap kali kamu menyisir atau pun menggaruknya? Wah, bisa jadi tanda kamu membutuhkan shampo anti ketombe untuk mengatasi masalah ketombe nih! Kemunculan masalah kulit kepala yang satu ini memang bisa terasa sangat mengganggu. Rasa gatalnya memicu untuk terus menggaruk kulit kepala. Bikin jadi nggak fokus dalam melakukan kegiatan sehari-hari kan?

Selain itu, serpihan putih yang rontok sering bikin nggak percaya diri saat menggunakan pakaian yang gelap. Dilema masalah ketombe memang hanya bisa diatasi jika melakukan perawatan dengan shampo penghilang ketombe. Demi memaksimalkan perawatan rambut yang menunjang penampilan sehari-hari, gali lebih jauh lewat tips ini yuk!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Apa Itu Ketombe?

Sebagian dari kamu mungkin masih banyak yang merasa bingung, apa sih yang dimaksud dengan ketombe? Jadi, ketombe adalah salah satu permasalahan kulit kepala yang ditandai dengan munculnya serpihan kulit dan umumnya disertai dengan rasa gatal. Kondisi ini bisa terjadi pada berbagai kalangan usia.

Apa saja yang menandakan seseorang mengalami masalah ketombe? Gejalanya sendiri cukup mudah dikenali, yaitu munculnya serpihan kulit kepala berwarna putih keabuan atau kekuningan yang berminyak, tapi tidak melekat di kulit kepala. Serpihan ini seringnya rontok di antara rambut atau bahu. Jika mengalami masalah yang satu ini, tandanya kamu memerlukan penanganan dengan shampo anti ketombe dan gatal yang tepat.

3 dari 8 halaman

Mengenal Penyebab Ketombe

Munculnya ketombe di kulit kepala bisa disebabkan oleh berbagai hal. Yang pertama adalah menumpuknya minyak alami di kulit kepala yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea. Kulit kepala bisa memproduksi minyak alami secara berlebihan karena berbagai hal, misalnya saja karena jarang keramas yang akhirnya menciptakan akumulasi minyak alami di kulit kepala.

Penyebab lain adalah munculnya jamur di kulit kepala yang biasanya terjadi ketika cuaca lebih dingin atau musim hujan. Kulit kepala menjadi tempat berkembang biak jamur dengan subur karena kurangnya intensitas terkena cahaya matahari.

Selain itu, masih ada beberapa penyebab lain munculnya ketombe. Mulai dari kulit kepala yang super kering hingga menyebabkan rasa gatal dan memunculkan serpihan putih yang mengganggu penampilan. Selain itu, salah pilih produk perawatan rambut seperti shampo anti ketombe yang kurang tepat juga bisa menjadi penyebab munculnya gejala ketombe. Nggak hanya itu saja, masalah ketombe juga bisa disebabkan hipersensitivitas terhadap produk rambut yang menyebabkan kondisinya jadi gatal, iritasi, hingga meradang. Inilah pentingnya selalu hati-hati dalam memilih produk perawatan rambut dan kulit kepala.

4 dari 8 halaman

Cara Mengatasi Ketombe

Secara umun, mengatasi ketombe bisa dilakukan dengan perawatan yang mudah dari rumah. Misalnya saja dengan penggunaan shampo anti ketombe yang tepat. Selain itu, ada beberapa rekomendasi perawatan anti ketombe praktis yang dapat menunjang treatment dengan shampo. Apa saja?

1. Perawatan dengan Minyak Alami

Ada berbagai minyak alami yang bisa jadi pilihan untuk mendukung perawatan anti ketombe di rumah. Salah satunya adalah perawatan dengan minyak alami yang dikenal memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Misalnya saja minyak kelapa yang dikenal dengan kemampuan melembapkan, karena salah satu penyebab ketombe adalah masalah kulit kepala yang kering. Kandungan minyak kelapa yang kaya akan lemak dapat menjaga rambut dan kulit kepala tetap lembap.

Selain itu, minyak zaitun juga dapat menjadi alternatif perawatan anti ketombe di rumah. Nggak hanya memiliki kandungan melembapkan, bahan alami ini juga berperan sebagai zat anti-fungal. Terakhir ada tea tree oil yang banyak digunakan dalam berbagai produk shampo untuk ketombe. Minyak alami tersebut memiliki kandungan anti-inflamasi dan antibakteri sehingga berperan aktif membunuh jamur dan bakteri yang tumbuh di kulit kepala.

2. Perawatan dengan Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal memiliki kandungan yang kaya vitamin, mineral, enzim, anti-oksidan dan asam lemak yang baik. Tanaman yang satu ini juga mengandung zat antibakteri dan anti-jamur, sehingga cocok untuk meredakan rasa gatal yang terjadi akibat munculnya ketombe.

Untuk melakukan perawatan dengan lidah buaya gampang banget. Baurkan gel lidah buaya secara merata pada kulit kepala. Ratakan dan ulangi di bagian lain hingga mengenai seluruh kulit kepala. Gunakan shower cap dan diamkan selama 30 menit. Keramas hingga bersih.

3. Gunakan Baking Soda

Jika masalah ketombe yang dialami nggak kunjung mereda, kamu bisa menjajal perawatan secara alami di rumah dengan menggunakan baking soda. Bahan yang satu ini termasuk exfoliants yang bekerja untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menempel di kulit kepala secara menyeluruh. Nggak hanya itu saja, baking soda juga memiliki zat anti-jamur yang bekerja untuk mengendalikan pertumbuhan ketombe yang mengganggu.

Cara pemakaiannya juga mudah banget. Sebelum keramas, taburkan baking soda pada kulit kepala saat rambut dalam keadaan basah. Pijat lembut 1-2 menit lalu bilas dan keramaslah seperti biasa.

4. Perhatikan Asupan Diet Sehari-hari

Demi mendukung perawatan rambut dengan shampo anti ketombe dan gatal, jangan lupa selalu memperhatikan asupan diet sehari-hari. Rambut juga memerlukan nutrisi untuk meningkatkan pertahanannya dari berbagai masalah yang bisa menyerang, nggak terkecuali ketombe. Jadi, penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lewat makanan yang disukai rambut.

Perbanyak asupan asam lemak Omega 3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, serta menjaga kinerja jantung dan otak. Nah, makanan yang mengandung asam lemak Omega 3 ini bisa ditemukan dalam jenis ikan seperti salmon, makerel, atau dalam chia seeds dan kacang kenari.

Selain itu, memperbanyak makanan yang mengandung protein seperti telur serta konsumsi buah dan sayuran hijau juga penting untuk menjaga asupan nutrisi tubuh. Dengan kebutuhan nutrisi yang terpenuhi, kulit kepala pun akan memiliki ketahanan yang lebih optimal dari berbagai masalah rambut, termasuk ketombe.

5 dari 8 halaman

Singkirkan Masalah dengan Shampo Penghilang Ketombe

Masalah ketombe memang bisa sangat mengganggu. Nggak hanya bikin penampilan jadi kurang oke, rasa gatalnya juga bisa membuatmu jadi nggak fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Salah satu tips mudah untuk mengatasi ketombe secara praktis adalah dengan menggunakan shampo anti ketombe terbaik.

Saat mengalami masalah ketombe, pastikan jangan salah memilih shampo jika tidak ingin kondisinya makin buruk. Pastikan untuk menggunakan shampo anti ketombe yang tepat, karena produk ini diformulasikan dengan berbagai bahan yang memang bertujuan untuk mengatasi masalah kulit kepala tersebut.

6 dari 8 halaman

Shampo Anti Ketombe Paling Ampuh Wajib Mengandung Bahan Aktif Ini

Dalam memilih rekomendasi shampo anti ketombe, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat memberikan hasil perawatan yang maksimal. Salah satunya adalah bahan-bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Pastikan kamu mengenali beberapa bahan aktif yang wajib dalam shampo menghilangkan ketombe.

Pertama, bahan aktif yang direkomendasikan adalah zinc pyrithione. Khasiatnya dinilai efektif untuk mengatasi masalah rambut dan kulit kepala, karena bekerja efektif membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe.

Selanjutnya adalah Selenium Sulfide yang merupakan bahan anti ketombe yang relatif lebih efektif. Manfaatnya adalah menghambat produksi sel kulit mati dan mengurangi pertumbuhan jamur. Bahan aktif selanjutnya adalah asam salisilat yang juga banyak digunakan dalam treatment anti jerawat. Bahan ini juga efektif membunuh jamur serta bakteri penyebab ketombe.

Sementara itu, jika ingin merasakan khasiat shampo anti ketombe yang paling kuat, ketoconazole bisa jadi pilihan yang tepat. Namun, perlu diperhatikan jika kebanyakan bahan aktif tersebut memiliki sifat membuat rambut kering, sehingga perlu diimbangi dengan penggunaan kondisioner anti ketombe.

7 dari 8 halaman

Tips Memilih Shampo Anti Ketombe Terbaik

Rasa tidak nyaman akibat ketombe memang bisa jadi 'mimpi buruk' tersendiri. Oleh karena itu, penting untuk memilih shampo anti ketombe yang tepat agar mendapatkan perawatan optimal dalam menyingkirkan masalah tersebut. Selain memperhatikan kandungan bahan aktif di dalamnya, ada beberapa poin lain yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih produk perawatan yang satu ini.

Memperhatikan kondisi kulit kepala sangat penting dalam memilih produk perawatan anti ketombe. Salah satu penyebab munculnya ketombe adalah kulit kepala yang sangat kering. Jika hal ini yang juga kamu alami, maka penting untuk memilih kandungan shampo yang dapat melembapkan rambut dan kulit kepala untuk mengatasi masalah tersebut. Sementara itu, jika kondisi kulit kepala cenderung berminyak, pilih formula yang dapat mengontrol produksi minyak berlebih.

Yang nggak kalah penting adalah pastikan untuk memilih shampo yang menutrisi rambut. Menghilangkan ketombe saja nggak cukup karena masalah ini bisa saja datang kembali. Jadi, jangan lupa untuk memilih shampo anti ketombe yang dapat menutrisi sekaligus meningkatkan barrier pada kulit kepala.

8 dari 8 halaman

Trik Keramas dengan Shampo Anti Ketombe Paling Ampuh agar Hasilnya Maksimal

Jika ingin merasakan formula anti ketombe dalam produk yang digunakan lebih maksimal, cara keramas yang tepat ternyata juga berpengaruh, lho. Ada beberapa langkah keramas yang benar agar bersih dari ketombe yang membandel.

Pertama, sisir rambut sebelum keramas yang penting untuk mencegah rambut kusut sekaligus membantu formula shampo bisa dijangkau seluruh area rambut. Selanjutnya, basahi rambut dengan air hangat suam-suam kuku yang membantu menghilangkan ketombe dengan maksimal. Hindari suhu air terlalu panas karena bisa menghilangkan minyak alami di kulit kepala yang membuatnya terasa makin kering dan memicu pertumbuhan ketombe yang makin parah.

Saat mengaplikasikan shampo anti ketombe, pijat lembut kulit kepala secara menyeluruh. Trik ini penting untuk membantu mengangkat kotoran, minyak, dan ketombe yang menempel di kulit kepala dengan lebih menyeluruh. Jika sudah, bilas dengan air dingin untuk membantu membuat kulit kepala terasa adem sekaligus menenangkan rasa gatal.

Terakhir, keringkan dengan handuk lembut dengan cara menepuk-nepuk rambut perlahan. Hindari menggosok rambut terlalu kuat karena bisa menyebabkan kerontokan. Sementara itu, buat jadwal keramas ideal yang dapat menjaga rambut tetap bersih namun nggak berlebihan. Disarankan untuk keramas 3-4 kali dalam seminggu dengan shampo anti ketombe yang sesuai dengan kondisi kullit kepala dan rambut. Hindari keramas setiap hari karena bisa membuat kulit kepala kering dan memicu pertumbuhan ketombe yang semakin parah lagi.

Itu tadi beberapa fakta seputar ketombe dan cara memilih shampo anti ketombe yang tepat supaya bisa mengatasi masalah kulit kepala tersebut dengan optimal. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan rambut dan memperhatikan asupan nutrisi tubuh untuk mencegah ketombe datang kembali. Temukan shampo anti ketombe di apotik, mini market, supermarket, atau order langsung di e-commerce yang lebih mudah dan praktis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini