Sukses

Cuaca Bakal Cerah atau Hujan? Kucing Kesayanganmu Ternyata Bisa Bantu Prediksi Lho

Sebagian besar masyarakat percaya, kucing bisa memprediksi cuaca, terutama ketika hujan akan tiba.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mengetahui kondisi cuaca sehari atau sepekan ke depan, kita bisa mengandalkan prediksi dari Badang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Tapi, ada cara tak biasa yang juga dipercaya bisa digunakan untuk memprediksi cuaca. 

Sebagian besar masyarakat percaya, kucing bisa memprediksi cuaca, terutama ketika hujan akan tiba. Anabul ini akan menunjukkan tingkah tertentu.

Kucing tidak hanya lucu dan menggemaskan. Seperti dilansir laman thedodo, kucing memiliki organ spesial yang bisa membuat mereka lebih peka terhadap kondisi udara dan cuaca.

Sejak berabad silam, hewan telah membantu manusia memprediksi cuaca. Perawat hewan di DodoVet, Ashley Callihan menjelaskan fenomena kucing yang disebut-sebut bisa memprediksi cuaca.

"Indra-indra kucing lebih kuat dibandingkan dengan kita," ujar Callihan.

"Sebelum badai, bencana alam,, atau perubahan suhu udara muncul, kucing bisa merasa, mendengar, dan bahkan menciumnya," lanjut Callihan, dikutip Senin, 6 Februari 2023.

Jadi memang benar kucing bisa merasakan perubahan tekanan atmosfer sebelum badai melanda. Dengan menggunakan indranya, kucing dapat mencium aroma hujan dan kilat yang mengarah ke arahnya dan merasakan perubahan kelembapan sebelum hujan badai.

Dan perilaku kucing sebenarnya bisa berbeda jika mereka merasakan datangnya badai atau perubahan lain. Tapi bagaimana kita tahu kapan kucing kita menunjukkan perilaku aneh karena cuaca?

"Berdasarkan pengamatan, kucing menunjukkan perilaku tertentu ketika kondisi cuaca yang berbeda menuju ke arah kita," kata Callihan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perilaku Kucing yang Tunjukkan Adanya Perubahan Cuaca

Menjilat

Jika kucingmu mulai mandi dan tidak berhenti menjilati dirinya sendiri, itu bisa berarti hujan akan turun.

“Kucing menjilat dirinya sendiri saat hujan mendekat karena menjaga bulunya tetap basah membantu mengurangi listrik statis yang disebabkan oleh perubahan kelembapan,” kata Callihan.

Menggosok telinga dengan kaki

Jika kucing Anda mulai mengusap-usap bagian belakang telinganya dengan kaki depan, ini mungkin berarti badai akan datang.

Menurut Callihan, perubahan tekanan atmosfer yang menyertai badai dapat dirasakan di telinga bagian dalam kucing Anda.

3 dari 4 halaman

Perubahan Perilaku Tiba-tiba

Perubahan perilaku yang tiba-tiba

Jika Anda melihat perubahan perilaku yang tiba-tiba ini, perubahan cuaca mungkin akan terjadi:

  • Seekor kucing yang menggemaskan tiba-tiba menjadi mudah tersinggung
  • Kucing mengeong lebih dari biasanya
  • Kucing sosial bersembunyi lebih dari biasanya
  • Kucing mencoba melarikan diri dari rumah
  • Kucing yang tenang mendapatkan semburan energi pada waktu yang tidak biasa   

Jadi, lain kali Anda memeriksa cuaca dan melihat perubahan ramalan cuaca semakin dekat, awasi perilaku kucing Anda dan perhatikan perubahan aneh apa pun - ia mungkin memiliki masa depan sebagai ahli meteorologi.

Meskipun demikian, jika kucing Anda bertingkah aneh dan perilakunya terus berlanjut atau memburuk terlepas dari kondisi cuaca yang berlaku, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan.

 

4 dari 4 halaman

Folklor Kucing dan Cuaca

Banyak budaya Eropa percaya bahwa kucing dapat mempengaruhi atau bahkan meramalkan cuaca, seperti dikutip dari laman Almanac.

  • Di Inggris, khususnya Wales, diyakini bahwa kemungkinan besar akan turun hujan jika seekor kucing sibuk mencuci telinganya.
  • Di Belanda, kucing bisa memprediksi kedatangan angin dengan mencakar karpet dan tirai.
  • Di Amerika awal, jika seekor kucing duduk membelakangi api, ia meramalkan hawa dingin dan jika ia tidur dengan keempat cakarnya, cuaca buruk akan datang.

Ada pula kepercayaan para pelaut tentang perlaku kucing yang dikaitkan dengan cuaca. Entah karena sangat percaya takhayul atau sangat bosan sehingga mereka menghabiskan banyak waktu menonton kucing kapal.

Dipercaya, jika seekor kucing menjilati bulunya ke biji-bijian, itu berarti akan datang badai es. Lalu jika kucing bersin, dipercaya hujan akan turun; dan jika kucing sangat lincah, kemungkinan angin akan segera bertiup.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.