Sukses

Tatapan Menteri Basuki ke Jokowi Saat Kunjungan ke Mal Disorot, Ternyata Lagi Mikirin Ini Toh

Menteri Basuki Hadimuljono beserta menteri lainnya menemani Jokowi mengunjungi mal di Pekanbaru

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (4/1) sempat mengunjungi mal di Pekanbaru, Riau, bersama para menteri. Salah satunya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dr Ir H Mochamad Basuki Hadimuljono.

Foto saat momentum tersebut baru diunggah di akun Twitter milik Kementerian PUPR. Terlihat Presiden Jokowi dan Menteri Basuki menggunakan sweater kembar berwarna merah marun dari merek lokal, Hammer.

"Temukanlah orang yang melihatmu seperti Pak Bas melihat Pak Jokowi," tulis akun @KemenPU sebagai caption, Jumat (20/1/2023).

Setelah ditelusuri, Jokowi memang tengah berbelanja bersama para menteri. Selain Menteri Basuki, ada pula Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno.

"Ini beli, ayo," ujar Jokowi pada ketiga menteri tersebut mengutip laman Sekretariat Kabinet RI.

Tak disangka-sangka, ternyata Menteri Basuki sempat khawatir tidak ada ukuran sweater yang pas untuknya. Ia pun sempat menanyakan itu.

"Ukuran saya ada enggak ya pak," kata Menteri Basuki pada Jokowi.

"Ya, tanya saja," sambung Jokowi.

Alhasil usai menemukan ukuran masing-masing, mereka pun membeli sweater tersebut dan menggunakannya langsung di sana.

Terlihat Menteri Basuki dan Mensesneg Pratikno mengenakan sweater yang sama dengan Jokowi.

Sementara Erick Thohir memilih jaket lain berwarna navy lantaran tidak menemukan ukuran sweater yang pas untuknya.

"Enggak ada ukurannya," ujar Erick Thohir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Momen Menteri Basuki Bersama Presiden Jokowi

Menteri Basuki memang menjadi salah satu menteri yang nampak sering berada di samping Jokowi.

Selain menemani kunjungan ke mal di Pekanbaru tersebut, Menteri Basuki juga sempat sibuk memotret para pemimpin negara termasuk Jokowi di acara KTT G20 Bali beberapa waktu lalu.

Menteri Basuki nampak memfoto para kepala negara dengan kamera andalannya. Di sana, Menteri Basuki ikut memfoto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'aruf Amin.

Setelahnya, ia pun mendapat gelar Fotografer G20 berkat jasanya memfoto dua pemimpin negara Indonesia tersebut.

Gelar Fotografer G20 itu didapatkan oleh Menteri Basuki dalam pameran fotografi jurnalistik dan peluncuran buku fotografi bertajuk 7 Citizen No 1 yang diadakan oleh Pewarta Foto Istana Kepresidenan, Pewarta Foto Indonesia (PFI) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Jakarta, Minggu, 20 November 2022.

3 dari 4 halaman

Menteri Basuki dan Hobinya

Sebelumnya, kecintaan Menteri Basuki pada dunia fotografi sendiri dikonfirmasi oleh Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra Atmawidjaja. Endra menjelaskan bahwa sudah sejak lama bosnya tersebut punya hobi fotografi.

Bahkan, kamera yang dibawa oleh Menteri Basuki saat KTT G20 adalah kameranya sendiri. Sehingga ia bisa memotret segala momen yang menurutnya menarik dengan cepat.

"Dari kemarin juga beliau sudah bawa kamera. Ketika acara selesai langsung angkat kamera. Ya itu memang hobinya. Ini kan juga event besar yang langka ya," kata Endra kepada wartawan, Nusa Dua, Bali.

Endra menambahkan, kegiatan foto-foto yang dilakukan Menteri Basuki dilakukan saat tugas-tugasnya sebagai Menteri PUPR di KTT G20 telah selesai.

4 dari 4 halaman

Menteri Basuki Jadi Drummer Band Kotak

Tak berhenti pada momen-momen di atas, Menteri Basuki baru-baru ini pun sempat tersorot tengah menjadi drummer band Kotak.

Dalam cuplikan video yang beredar melalui akun media sosial, Menteri Basuki mengiringi Tantri Kotak menyanyikan lagu Beraksi.

Pukulan demi pukulan pada drum yang dimainkan Menteri Basuki pun terdengar begitu asik, sambil sesekali ia tersorot tengah tersenyum lebar.

"Menteri Basuki jadi drummer Kotak," mengutip keterangan dalam video yang diunggah melalui akun TikTok @bicarabenar pada Selasa, 3 Januari 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.