Sukses

Lahir di Bulan Desember, Ini Sederet Kelebihan yang Dimiliki

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki anak tentunya merupakan kebahagian luar biasa bagi orangtua. Baik laki-laki maupun perempuan, para orangtua akan berharap yang terbaik bagi bayi mungilnya tersebut.

Bagi para ibu dan ayah yang sedang menantikan kelahiran anaknya di bulan ini, yuk simak beberapa kelebihan dan karakteristik anak yang lahir di Desember menurut situs Smart Parenting di bawah ini:

1. Kidal

Anak laki-laki yang lahir di Desember lebih cenderung kidal. Sebuah studi oleh University of Vienna yang meneliti 13.000 orang dewasa menemukan bahwa 7,5 persen wanita dan 8,8 persen pria kidal. Peneliti kemudian mengamati tanggal lahir para pria dan menemukan bahwa sebagian besar pria kidal lahir antara 1 November dan 1 Januari.

Jika anak lebih dominan menggunakan tangan kirinya, maka jangan coba memperbaikinya. Peneliti perkembangan anak percaya bahwa memaksa anak kidal untuk menjadi tidak kidal dapat memengaruhi bagaimana otaknya terhubung, dan dengan demikian, mendorongnya untuk bekerja lebih keras.

Akibatnya, dia jadi sulit menulis, sulit menggunakan gunting atau pisau, dan mungkin tidak dapat bekerja dengan baik atau lebih mudah lelah saat melakukan aktivitas seperti olahraga. Selain itu, menjadi kidal juga merupakan hal yang baik.

“Saat kita kidal, otak kanan kita biasanya dominan, dan disitulah kreativitas dan intuisi berpusat. Jadi, seringkali lebih mudah bagi kita untuk menjadi kreatif daripada logis. Dan otak kita lebih mudah menggunakan kedua sisi otak sekaligus, jadi kita juga memiliki keuntungan karena lebih fleksibel dalam berpikir,” jelas psikolog pendidikan anak dan penulis Charlotte Reznick, Ph.D.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Panjang Umur

Orang yang lahir Desember cenderung panjang umur. Sebuah studi yang dilakukan pada 2011 membandingkan bulan kelahiran 1.574 orang yang berusia lebih dari 100 tahun dengan 10.885 saudara kandungnya yang berumur pendek dan 1.083 pasangannya.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang lahir di bulan Desember memiliki peluang lebih tinggi untuk hidup lebih lama dibandingkan dengan mereka yang lahir di bulan Juni. Berdasarkan studi ini, sejumlah orang yang berulang tahun di bulan ke-12 ini secara mengejutkan bisa hidup sampai lebih dari 105 tahun. Jadi, meski bayi yang lahir di bulan Desember cukup jarang, mereka juga akan ada untuk waktu yang sangat lama.

3. Kreatif, Cerdas, dan Pekerja Keras

Anak yang lahir pada bulan Desember memiliki beberapa sifat yang mengagumkan.

Anak yang lahir antara 22 November dan 21 Desember merupakan seorang Sagitarius, yang dikenal suka berpetualang, kreatif, dan berkemauan keras. Sementara anak yang lahir antara 22 Desember dan 19 Januari adalah Capricorn, yang dikenal berorientasi pada detail, cerdas, serta pekerja keras.

3 dari 4 halaman

4. Lebih Gampang Tidur

Bayi yang lahir di bulan Desember biasanya lebih gampang tidur. Selain itu, ia juga biasanya tidur yang lebih awal.

Sebuah studi tahun 2009 yang dilakukan oleh mahasiswa Italia dan Spanyol menemukan bahwa bayi yang lahir pada bulan Desember cenderung tertidur lebih awal, sementara studi serupa mencatat bahwa siswa yang lahir pada bulan yang sama lebih cenderung menjadi morning person daripada mereka yang lahir di bulan Juni.

5. Risiko Terserang Penyakit Kardiovaskular Lebih Rendah

Lahir Desember, risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah, menurut sebuah studi tahun 2015. Para peneliti dari Columbia University Department of Medicine meneliti 1,75 juta pasien yang lahir antara tahun 1900 dan 2000 yang telah dirawat di rumah sakit universitas dan menemukan bahwa mereka yang lahir dari bulan September hingga Desember lebih terlindungi dari penyakit kardiovaskular.

4 dari 4 halaman

6. Lebih Ramah dan Tidak Mudah Tersinggung

Menurut Anda, apakah bulan kelahiran dapat memengaruhi suasana hati seseorang?

Sebuah studi tahun 2014 tampaknya berpikir demikian. Seorang profesor di Semmelweis University di Budapest, Hongaria Xenia Gonda, melakukan survei terhadap 366 siswa untuk menentukan mana dari empat jenis temperamen yang paling mewakili diri mereka.

Pertanyaan yang diajukan seputar "Suasana hati saya sering berubah tanpa alasan" dan "Saya suka menangani proyek baru meskipun berisiko", dan "Saya banyak mengeluh". Gonda kemudian menghubungkan jawaban yang diberikan dengan hari ulang tahun tiap siswa.

Hasilnya, siswa yang lahir di musim dingin (Desember hingga Februari) secara signifikan tidak mudah tersinggung dan memiliki lebih sedikit perubahan suasana hati dibandingkan dengan mereka yang lahir di musim panas (Juni hingga Agustus).

7. Berprofesi Sebagai Dokter Gigi

Ini memang kedengaran aneh, tetapi benar adanya—menurut survei. Di Inggris, anak yang lahir pada bulan Desember adalah yang paling mungkin berprofesi sebagai dokter gigi ketika ia dewasa kelak, menurut analisis sensus yang dilakukan di negara tersebut, seperti dilansir dari The Guardian.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS