Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Bukan Hal Aneh, Ini 10 Area Tubuh Wanita yang Umum Ditumbuhi Rambut

Liputan6.com, Jakarta - Para wanita mungkin biasa melihat rambut di ketiak, kaki, atau tangan. Ini memang bagian yang umumnya ditumbuhi rambut. Namun, selain area di atas, rambut juga bisa tumbuh di bagian tubuh lainnya, seperti di bawah pusar (happy trail) dan bahkan di jari tangan dan kaki Anda.

"Orang-orang melihat model tanpa rambut di majalah, di iklan, dan di TV, dan ia merasa ada yang salah dengan dirinya karena memiliki rambut di area di mana orang-orang ini tampaknya tidak," ujar pemilik Romeo & Juliette Laser Hair Removal di New York City Christian Karavolas.

Menurut dokter kulit Dr. Ava Shamban, setiap orang memiliki jumlah rambut tubuh yang bervariasi, dan ini berhubungan dengan etnis, jenis kelamin, serta riwayat keluarga.

"Ada beberapa kelompok etnis yang cenderung memiliki sedikit lebih banyak rambut, tetapi itu benar-benar normal dan bukan masalah—kecuali jika dikaitkan dengan tanda testosteron tinggi lainnya," tambah dokter kulit bersertifikat di Skin & Aesthetic Surgery of Manhattan Dr. Michelle Henry, MD, FAAD.

Henry berpendapat bahwa rambut tebal berlebih pada wajah dan menstruasi tidak teratur merupakan tanda-tanda kadar androgen tinggi, yang berarti tumor penghasil testosteron, pertumbuhan atau sindrom ovarium polikistik (PCOS). Kecuali Anda menunjukkan gejala-gejala itu, tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai rambut tubuh.

Pada akhirnya, Anda bebas mau menghilangkannya atau tidak. Yang harus diingat adalah Anda tidak perlu malu jika memiliki rambut yang tumbuh di beberapa bagian tubuh berikut.

Di bawah ini 10 area tubuh wanita yang mungkin ditumbuhi rambut menurut situs Bustle.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Happy Trail (Di Bawah Pusar)

Banyak orang memiliki rambut tubuh di happy trail. Faktanya, rambut di bawah pusar adalah area yang paling umum dari semuanya dalam hal rambut tubuh wanita.

"Kita memiliki tahap pematangan yang berbeda—ini disebut tahap Tanner—dan itu tergantung pada penyebaran rambut yang didapatkan, tetapi (rambut di bawah pusar) adalah yang paling umum," tutur Henry.

2. Di Sekitar Puting

Jika Anda memiliki puting berbulu, jangan khawatir. Anda tentu tidak sendirian.

"Banyak, banyak wanita menumbuhkan rambut di daerah itu," kata Henry. "Saya cukup sering melihatnya, dan saya melakukan banyak laser removal—yang merupakan salah satu metode menghilangkan rambut menggunakan laser—di area itu karena beberapa wanita sensitif tentang hal itu."

Menurut Dr. Amy Shamban, keberadan rambut di sekitar puting susu berkorelasi dengan keberadaan kelenjar minyak.

3. Di Sekitar Anus

Memiliki rambut yang tumbuh di antara bokong dan di sekitar anus 100 persen normal. Terlebih lagi, ini dapat melindungi anus.

"Kita memiliki rambut untuk melindungi area sensitif dan lubang halus apa pun," tambah Henry. Meskipun demikian, jika Anda ingin menyingkirkannya, pertimbangkan untuk menggunakan metode laser.

3 dari 4 halaman

4. Di Telinga

Kebanyakan pria memiliki rambut telinga dan beberapa wanita juga memilikinya, tutur Karavolas.

"Beberapa memiliki rambut berlebihan di daerah itu, yang, meskipun mungkin memalukan, tidak aneh sama sekali. Untungnya, area ini dapat dengan mudah dirawat dan rambut dapat dihilangkan dengan laser, dicukur, atau dicabut."

5. Sepanjang Punggung Bawah

Menurut Shamban, memiliki rambut di sekitar punggung bawah cukup umum. Bahkan jika tidak menyukainya sebab gaun tanpa punggung adalah favorit Anda, itu bukan alasan untuk panik. "Selama itu tidak sangat, sangat tebal," tambah Henry, "itu benar-benar normal."

6. Di Dalam Hidung

"Sekali lagi, daerah ini cukup normal, tetapi orang-orang tidak menyukainya karena alasan gengsi," kata Karavolas. Padahal, rambut hidung memiliki fungsi penting yaitu untuk melindungi saluran hidung dari infeksi.

7. Di Belakang Leher

"Area ini sensitif bagi pria dan wanita," kata Karavolas.

Pria dapat merawat rambut di bagian belakang lehernya dengan mencukur rambut secara rutin, tetapi wanita biasanya malu karena rambut berlebih di daerah tersebut dan memilih untuk tidak mencepol rambutnya—untuk menyembunyikan rambut ekstra di area belakang lehernya.

Padahal sebenarnya ini bukan area yang aneh untuk ditumbuhi rambut.

4 dari 4 halaman

8. Di Wajah

Rambut wajah—dari pipi ke dagu hingga bibir atas—benar-benar sehat, asalkan tidak ekstrem atau tebal.Akan tetapi, jika melihat banyak rambut yang benar-benar tebal, Anda mungkin perlu mulai khawatir akan kemungkinan kelebihan androgen, ucap Henry.

"(Khususnya) dengan banyak rambut dagu, kami khawatir akan PCOS dan hal-hal sejenis."

Dokter kulit Dr. Alan J. Parks juga berpikir demikian. "Namun, jika seorang wanita memiliki rambut wajah yang berlebihan, ini dapat disebabkan oleh faktor keturunan, hormon, obat-obatan, dan penyakit ovarium polikistik," jelasnya.

9. Di Paha Bagian Dalam

"Pertumbuhan rambut tebal paha bagian dalam biasanya normal pada wanita," ungkap seorang dokter kulit bersertifikat di SkinSafe Dermatology and Skin Care di Beverly Hills Dr. Tsippora Shainhouse, MD, FAAD.

Meskipun demikian, jika itu bukan genetik dan dibarengi dengan menstruasi tidak teratur, jerawat kistik dan kesulitan menurunkan berat badan, Anda mungkin memiliki PCOS.

10. Di Jari Tangan dan Kaki

Meskipun ini lebih sering terjadi pada pria, Henry mengatakan bahwa rambut yang menghiasi jari tangan dan kaki sama sekali tidak perlu dikhawatirkan. Seperti kebanyakan rambut di area tubuh lainnya, ini bukan masalah asal tidak berlebihan.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS