Sukses

Ingin Diet Tinggi Serat? Coba Rutinkan Konsumsi Makanan Fiber Berikut Ini

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi informasi mempermudah pasien dalam mendapatkan berbagai pengetahuan seputar kesehatan. Saat ini, banyak sekali metode diet untuk menurunkan berat badan. Salah satunya yang populer adalah diet tinggi serat. Serat dapat mengurangi berat badan dengan cara membuat kamu merasa kenyang, tanpa mengkonsumsi banyak kalori. 

Makanan yang mengandung serat tinggi nggak hanya baik untuk kesehatan jantung dan kontrol gula darah saja, tapi juga baik untuk pencernaan serta berat badan yang ideal. Dengan makanan bernutrisi tinggi akan berpengaruh pada kualitas hidup yang baik. Berikut makanan fiber yang mengandung serat tinggi, dikutip dari Klikdokter.

1. Buah Pir

Pir bisa jadi alternatif buah untuk memenuhi kebutuhan fiber. Buah yang memiliki banyak kandungan air ini memiliki perpaduan rasa manis dan asam. Fyi, buah pir ternyata jadi salah satu jenis buah yang diketahui memiliki kadar serat atau fiber yang tinggi.

Buah pir mengandung serat, vitamin C dan A, folat dan kalsium. Satu buah pir berukuran sedang bisa mengandung 5,5 g serat. Serat ini memberi makan bakteri usus dan meningkatkan kesehatan usus. Pir juga memiliki kandungan air yang tinggi. Ini membantu menjaga feses tetap lembut dan membersihkan sistem pencernaan dari racun.

2. Brokoli

Jenis makanan kaya serat yang kedua adalah brokoli. Brokoli adalah sayuran silang yang berasal dari genus tanaman Brassica bersama dengan kembang kol, kubis dan kangkung. Hal ini lantas membuat brokoli menjadi kaya akan banyak nutrisi selain serat.

Nggak hanya itu, brokoli juga mengandung vitamin C, vitamin K, folat, vitamin B, potassium, zat besi dan mangan. Sebuah studi dari National Library of Medicine, menyebutkan bahwa mengkonsumsi 5 gram serat brokoli dapat secara positif mendukung bakteri dalam usus, yang membantu usus tetap sehat dan seimbang. Serta mendukung kesehatan pencernaan, mencegah penyakit jantung, serta menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

3. Almond

100 gram almond mengandung 12.5 serat. Almond mengandung banyak nutrisi, termasuk lemak sehat, vitamin E, mangan, dan magnesium. Manfaat almond bagi kesehatan termasuk menurunkan kadar gula darah, mengurangi tekanan darah, dan menurunkan kadar kolesterol. Kacang ini juga dapat mengurangi rasa lapar dan mengontrol berat badan tetap sehat.

4. Oat

100 gram oat bisa mengandung 10.6 g serat. Oat adalah salah satu makanan biji-bijian tersehat yang kaya vitamin, mineral, dan antioksidan. Oat mengandung serat larut kuat yang disebut oat beta-glucan. Serat ini memiliki efek besar pada kadar gula dan kolesterol darah. Oat juga memiliki antioksidan kuat, yaitu avenanthramides. Senyawa ini dapat membantu mengurangi tekanan darah dan manfaat lain bagi kesehatan.

5. Kentang

Jenis makanan kaya serat kelima adalah kentang. Ubi jalar, kentang merah, kentang ungu, dan kentang putih biasa merupakan sumber serat yang baik. Satu kentang besar bersama kulitnya, mengandung 6,3 g serat. Kentang adalah sumber vitamin B yang baik plus vitamin C dan magnesium. 

Ditambah, kandungan serat pada kentang dapat membantu mencegah sembelit dan meningkatkan keteraturan untuk saluran pencernaan yang sehat. Kentang adalah sumber vitamin B6 yang kaya. Vitamin ini memainkan peran penting dalam metabolisme energi, dengan memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino.

Kadang ingin melakukan diet tinggi serat itu memang sulit, tapi kamu bisa memulainya dengan mengkonsumsi makanan fiber. Dengan cara perlu memperhatikan kandungan gizi dan pemilihan makanan yang ingin dikonsumsi. Dengan membeli di Kotak Sayur, kamu bisa menemukan dan mendapatkan stok sayur, buah-buahan, dan lainnya. Yuk, cek produknya sekarang!

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.