Sukses

Stress Akibat Pekerjaan? 5 Tips Ampuh Relaksasi Badan dan Pikiran Agar Kembali Segar

Saat tubuhmu stres, tubuh cenderung seperti magnet yang menarik datangnya penyakit berbahaya. Karena itu kamu membutuhkan sesuatu yang bisa membuat tubuh dan pikiran kembali segar.

Liputan6.com, Jakarta Bekerja dan beraktivitas seharian tentu sangat melelahkan, baik secara fisik maupun pikiran. Menyelesaikan pekerjaan menumpuk dan menghadapi kemacetan saat berangkat dan pulang kerja tentu saja sangat menguras energi tubuh. Saat tubuhmu stres, tubuh cenderung seperti magnet yang menarik datangnya penyakit berbahaya.

Untuk itu, kamu membutuhkan sesuatu yang bisa membuat tubuh dan pikiran kembali segar setelah bekerja. Kamu bisa mengatasinya dengan bernapas secara perlahan, konsumsi makanan favorit, atau bahkan mencoba minuman penghilang stres. So, ini 5 tips ampuh relaksasi badan dan pikiran.

1. Yuk, Meditasi

Setelah tiba di rumah, sempatkan diri kamu untuk melakukan meditasi sejenak. Carilah ruangan yang sepi untuk melakukan meditasi. Cara ini pada dasarnya untuk mengatur fokus dan sistem pernapasan. 

Dalam meditasi, kamu akan dilatih untuk mengatur pernapasan melalui tarikan nafas dalam yang akan membawa oksigen segar masuk ke dalam tubuh sehingga membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks.

2. Tertawalah, karena itu GRATIS!

Tertawa adalah obat stres paling ampuh dan yang paling penting, mudah dan gratis. Ketika kamu tertawa, asupan oksigen yang dihirup akan bertambah dan hal ini menstimulasi pelepasan hormon endorfin. Endorfin adalah hormon untuk menghilangkan stres dan meredakan rasa sakit. 

Endorfin memberikan perasaan bahagia, meningkatkan nafsu makan, dan meredakan rasa sakit. Beberapa penelitian menunjukkan, menonton film komedi dapat meningkatkan tingkat endorfin setidaknya 27% dan mengurangi hormon stres.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Mandi Air Hangat

Air hangat diketahui sangat efektif untuk memperlancar aliran darah dan mengendurkan otot-otot yang tegang. Aliran darah yang lancar tentu akan menyegarkan kembali tubuh kamu. Salah satu cara merelaksasi dengan mandi air hangat, yaitu melakukan berendam di bathup lalu tambahkan aromaterapi yang disukai, hal ini bisa meredakan stres.

3 dari 4 halaman

4. Dengerin Musik Sambil Bergoyang

Musik merupakan salah satu media yang dikenal memiliki dampak psikologis bagi manusia. Salah satu hal positif yang bisa dilakukan melalui musik adalah dengan mendengarkan musik-musik santai kesukaan sambil duduk bersantai. Cara ini diketahui sangat efektif dalam meredakan stres sehingga dapat membuat tubuh jadi lebih rileks.

Alunan melodi yang tenang dapat membantu otak kamu lebih santai. Hampir di semua tempat hiburan dan perbelanjaan selalu ada musik yang terpasang untuk menemani pengunjung. Fakta ini membuktikan bahwa musik adalah salah satu cara menghilangkan stres yang paling nyata.

4 dari 4 halaman

5. Chill with Tea

Teh dikenal sangat efektif dalam membantu mengurangi stres dan mengembalikan kesegaran tubuh. Oleh karena itu, manjakan diri dengan menikmati secangkir teh hangat atau sajian teh favorit kamu. Untuk sajian teh dan manfaat teh terbaik, kamu bisa mengkonsumsi teh melati yang dibuat dari daun teh pilihan dengan bunga melati asli. Aroma dan rasa teh melati ini akan membantu kamu jadi lebih rileks dan segar kembali

Itulah lima tips ampuh yang bisa kamu lakukan untuk relaksasi badan dan pikiran akibat stres setelah bekerja. Dengan tubuh kembali segar, maka kamu pun akan lebih semangat dalam menjalani aktivitas di esok harinya.

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini