Sukses

London Bridge Operation Iringi Kepergian Ratu Elizabeth II, Bank dan Sekolah Libur 10 Hari?

Dikabarkan bahwa London Bridge Operation akan menutup beberapa kegiatan untuk menghormati Ratu Elizabeth II

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis 8 September 2022. Kabar duka ini dibagikan pihak Istana Buckingham di hari yang sama.

Ratu yang memimpin Inggris selama 70 tahun ini mengembuskan napas terakhir di usia 96. Kepergiannya membuat London Bridge Operation segera digulirkan. Ini adalah kode terkait rencana pemakaman yang sudah disusun sedemikian rupa puluhan tahun silam.

Pelaksanaan London Bridge Operation akan berdampak pada rutinitas harian masyarakat Inggris. Melansir BBC, pemakaman diperkirakan akan diadakan di Westminster Abbey dalam waktu sekitar sepuluh atau 11 hari, dengan tanggal yang akan dikonfirmasikan oleh Istana Buckingham.

"Kemungkinan akan dinyatakan sebagai hari libur bank, tetapi ini akan dikonfirmasi oleh istana dan pemerintah," melansir BBC, Jumat (9/9/2022).

Lantas jika hari libur bank diumumkan, apakah sekolah akan ditutup sementara?

Hal ini pun belum jelas, terkait hal ini Departemen Pendidikan Inggris dan administrasi yang didelegasikan tengah diharapkan untuk mengeluarkan saran.

Yang jelas, kematian Ratu Elzabeth II membuat beberapa pertandingan olahraga yang dijadwalkan pada hari Jumat sebagian besar telah dibatalkan. Ini termasuk pertandingan sepak bola di Liga Sepak Bola Inggris dan Liga Sepak Bola Irlandia Utara.

Begitu pula semua ajang pacuan kuda telah ditunda oleh Otoritas Pacuan Kuda Inggris. Dan pada ajang golf, tidak akan ada permainan di BMW PGA Championship pada hari Jumat.

Ajang balap sepeda Tour of Britain, yang dijadwalkan berlangsung pada Jumat, juga tidak akan dilanjutkan. Dan hari kedua pertandingan kriket Uji antara Inggris dan Afrika Selatan pada hari Jumat telah ditunda, tanpa konfirmasi apakah sisa pertandingan lima hari akan berlangsung.

Meski begitu, pertunjukan teater di seluruh Inggris diperkirakan akan berlanjut dengan menyisipkan waktu untuk mengheningkan cipta selama satu menit.

Sedangkan, upacara penghargaan Mercury Music Prize dibatalkan pada Kamis malam setelah berita kematian Ratu Elizabeth II itu diumumkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

London Bridge Operation

Terkait London Bridge Operation, ini merupakan rencana yang disusun secara rinci sejak puluhan tahun lalu.

Selain melancarkan proses pemakaman, kode ini juga dibuat untuk memastikan transisi yang mulus ke tahta untuk Raja Charles III.

Prosesnya akan dimulai dengan menempatkan peti mati Ratu Elizabeth II yang dihias dengan karangan bunga di ruang dansa kastilnya di Skotlandia, Balmoral. Ini merupakan tempat dia meninggal.

Peti akan ditempatkan di sana hingga Sabtu guna memberi stafnya kesempatan untuk memberikan penghormatan terakhir, seperti dilansir dari New York Post, Jumat (9/9/2022).

London Bridge Operation digulirkan ketika Ratu meninggal di Inggris. Namun, saat dia meninggal di Skotlandia, rencana “Operation Unicorn” diluncurkan sebagai gantinya.

Operasi Unicorn merupakan subfase dari rencana utama yang mulai berlaku karena Elizabeth II meninggal di Skotlandia. Ratu kemudian akan dibawa ke Edinburgh sekitar hari Sabtu untuk ditempatkan di ruang tahta istananya, Holyroodhouse.

3 dari 4 halaman

Diiringi Dentum Meriam dan Lonceng

Dalam waktu sekitar dua hari, peti mati Ratu Elizabeth II diperkirakan akan dibawa dengan mobil dari Balmoral ke Edinburgh. Perjalanan panjang akan memakan waktu lebih dari lima jam, disaksikan oleh pelayat yang berkumpul di sepanjang rute.

Pada hari Jumat yakni hari ini, lonceng akan berdentang sebagai penghormatan kepada Ratu di Westminster Abbey, Katedral St Paul dan Kastil Windsor. Senjata meriam akan ditembakkan 96 kali untuk menandai setiap tahun kehidupannya. Ini akan ditembakkan di Hyde Park dan di tempat lain.

Peti mati itu kemudian akan beristirahat semalaman di Ruang Tahta berpanel kayu ek di Istana Holyroodhouse --- kediaman resmi Ratu di ibu kota Skotlandia.

Pada Minggu, peti mati akan dibawa ke Royal Mile ke katedral St Giles untuk resepsi sebelum dimasukkan ke dalam Royal Train di stasiun Waverley.

Kerumunan pelayat diperkirakan akan berkumpul di stasiun-stasiun sepanjang perjalanan menyusuri jalur utama pantai timur untuk melempar bunga ke kereta yang lewat.

Raja diharapkan kembali ke Skotlandia pada hari Minggu, dan dia akan diberikan kunci ke Edinburgh sebelum bergabung dengan prosesi peti mati.

4 dari 4 halaman

Proses Selanjutnya

Jenazah Ratu Elizabeth akan tiba di ruang singgasana di Istana Buckingham sekitar hari Selasa --- dengan sebuah altar, selubung, standar kerajaan, dan empat Penjaga Grenadier yang berjaga, sesuai dengan rencana.

Sebuah prosesi melalui London kemudian akan membawa peti matinya dari Istana Buckingham pada hari Rabu ke Istana Westminster, dengan layanan di Westminster Hall setelah kedatangannya.

Ratu akan disemayamkan selama tiga hari, dengan peti matinya di atas kotak yang ditinggikan di tengah Westminster Hall, terbuka untuk umum selama 23 jam sehari, dengan catatan jika rencana yang dirinci oleh Politico melalui memo yang bocor masih berlaku.

Persiapan pemakaman Ratu akan selesai Jumat 16 September 2022 sebelum Westminster Abbey ditutup untuk umum pada hari berikutnya untuk acara tersebut, yang diperkirakan akan terjadi pada Senin, 19 September 2022.

Layanan resmi diperkirakan akan dimulai sekitar pukul 11 ​​pagi dan berlangsung hingga siang hari. Ini akan menjadi pemakaman pertama seorang pemimpin Inggris di Westminster sejak 1760.

Pada hari yang sama, jenazahnya akan dibawa ke Kastil Windsor untuk upacara pengabdian di Kapel St. George, dan Ratu akan dimakamkan di Kapel Memorial Raja George VI di kastil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.