Sukses

Pesan Penting Jokowi ke Farel Prayoga Sebelum Nyanyi Lagu Ojo Dibandingke di Istana

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi cilik asal Banyuwangi, Jawa Timur Farel Prayoga berhasil mencuri hati Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah tampil di Istana Merdeka dalam peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 pada Rabu 17 Agustus 2022. Pagi tadi, Farel menyanyikan lagu "Ojo Dibandingke".

Di hari sebelumnya, yakni pada saat gladiresik HUT RI ke &&, Jokowi sempat mengajak Farel berbincang. Melalui video singkat yang diunggah di akun Twitter centang biru @Jokowi, Farel terlihat diberi beberapa pertanyaan oleh orang nomor 1 di Indonesia.

“Kelas berapa?” kata Jokowi.

“Kelas 6.”

“Anu loh ya nyanyi boleh tapi jangan lupa belajar ya?” pesan Jokowi.

 Ia juga berpesan kepada Farel untuk terus bersekolah hingga setinggi-tingginya.

Farel Prayoga sendiri merupakan penyanyi cilik yang viral di media sosial setelah membawakan lagu “Ojo Dibandingke” milik Denny Caknan feat. Abah Lala.

Saat tampil di Istana Negara, Jakarta, ia membawakan lagu yang sama tapi dengan sedikit modifikasi. Lirik  yang mulanya berbunyi “Di hati ini hanya ada kamu” diubah menjadi “Di hati ini hanya ada Pak Jokowi.”

Mendengar lirik tersebut, Jokowi seketika tersenyum diiringi sorak sorai para penonton. Penampilan Farel juga berhasil mencairkan suasana. Bahkan,  tak sedikit tamu undangan yang turun untuk ikut berjoget bersama Farel.

Tak tanggung-tanggung, tamu yang turun untuk berjoget datang dari kalangan menteri. Di antaranya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

JBI Ikut Berjoget

Bukan cuma para menteri dan tamu undangan yang ikut berjoget, Juru Bahasa Isyarat (JBI) pun turut menginterpretasikan lagu sambil berjoget.

Upacara Hari Kemerdekaan yang juga tayang di YouTube Sekretariat Presiden menyisipkan kotak kecil di salah satu sudut video untuk menayangkan juru bahasa isyarat.

JBI tersebut mencoba menyampaikan isi lagu kepada para penonton Tuli. JBI menginterpretasi lirik demi lirik sambil berjoget mengikuti irama lagu.

Aksi JBI perempuan ini direkam ulang oleh warganet dan dibagikan di media sosial.

“Interpreter bahasa isyaratnya juga ikut joged sambil nerjemah,” tulis Deri Resdiana, pengguna Twitter yang mengunggah video JBI tersebut.

Unggahan ini pun mendapat komentar dari warganet lain.

“Karena menginterpretasikan lagu, makanya perlu joget juga. Biar teman-temen Tuli tau isi lagu tersebut. Seru bangetttt,” kata pengguna Twitter dengan akun @isnfrh.

“Keren memang, jadi senyum-senyum sendiri lihatnya,” kata warganet lainnya.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Dinyanyikan Dua Kali

Para menteri dan tamu yang masih asyik berjoget tampak belum puas ketika lagu berakhir. Akhirnya, lagu 'Ojo Dibandingke' tersebut dinyanyikan dua kali dan membuat Jokowi serta ibu negara Iriana Jokowi terlihat sangat menikmati acara yang berlangsung.

Terlihat keduanya menari, terutama Iriana yang terlihat sangat ceria dan penuh semangat ketika menari.

Ia menari tipis-tipis di samping Jokowi dan turut mengajak Jokowi untuk menari juga. Bahkan keduanya sempat berdiri untuk berjoget. Meskipun Jokowi terlihat lebih sedikit malu-malu untuk menari seperti Iriana.

Perhatian kepada Iriana sebetulnya tidak hanya sampai momen tersebut. Namun juga salah satunya adalah baju adat yang digunakan terlihat sangat mewah dan cocok dikenakan olehnya.

Seperti yang diketahui, Presiden Joko Widodo memakai baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara. Sama halnya dengan Iriana Jokowi, ia menggunakan pakaian dari adat Buton juga dan warna pakaiannya didominasi dengan warna biru dan warna emas.

4 dari 4 halaman

Pakaian Adat Bapak dan Ibu Negara

Atasan serta bawahan yang Iriana kenakan berwarna biru cerah dipadu dengan ornamen berwarna emas di beberapa titik termasuk hiasan kepala atau mahkota. Headpiece yang dikenakan berukuran besar dengan dominasi warna emas dan hitam.

Syal biru emas juga terlihat melintang di bahu Iriana, masker yang digunakan pun memiliki warna senada. Sedangkan, pakaian Jokowi didominasi dengan warna merah dipadukan dengan ornamen putih.

Tak mau kalah, tamu undangan pun mengenakan pakaian-pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Papua.

Seperti diketahui, pihak Istana menyelenggarakan HUT Kemerdekaan ke-77 RI pada 17 Agustus 2022 secara terbuka, dengan mengundang masyarakat dengan jumlah terbatas. Ini kali pertamanya pihak Istana mengundang masyarakat secara terbuka sejak pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia pada 2020 lalu.

Pihak Istana mengatakan ada 2.000 masyarakat yang diundang dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka Jakarta. Sementara itu, ada 3.000 masyarakat yang diundang pada Upacara Penurunan Bendera di sore hari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.