Sukses

Vaksin AstraZeneca 73 Persen Efektif Cegah Infeksi Terkait Omicron Setelah Dosis ke-4

Penelitian baru dari Universitas Chiang Mai di Thailand melaporkan, vaksin COVID-19 AstraZeneca (AZD1222) efektif dalam mencegah infeksi COVID-19 akibat Omicron

Liputan6.com, Jakarta Penelitian baru dari Universitas Chiang Mai di Thailand melaporkan, vaksin AstraZeneca (AZD1222) efektif dalam mencegah infeksi COVID-19 akibat Omicron ketika digunakan sebagai booster dosis keempat.

"AZD1222 menunjukkan efektivitas vaksin (VE) sebesar 73% (95% Confidence Interval [CI] 48-89%) terhadap varian Omicron yang sangat menular ketika tambahan dosis diberikan setelah vaksin primer atau vaksin booster sebelumnya," tulis peneliti dalam keterangan pers, Rabu (20/7/2022).

Menurut penulis penelitian, temuan ini adalah data pertama yang diketahui menilai efektivitas pemberian vaksin COVID-19 empat dosis campuran (heterolog). Temuan ini dipublikasikan sebagai pracetak di Research Square.

"VE sebesar 73% untuk AZD1222 serupa dengan yang terlihat pada vaksin mRNA yang menunjukkan VE sebesar 71% (VE 71%, 95% CI 59-79%). VE telah disesuaikan untuk usia, jenis kelamin, waktu kalender dan jenis seri vaksin sebelumnya," tulis peneliti lagi.

Penulis utama penelitian ini, Emeritus Professor Suwat Chariyalertsak, dari Chiang Mai University, Thailand, mengatakan penelitian ini memberikan data yang sangat dibutuhkan yang menunjukkan bahwa dosis keempat vaksin COVID-19 dapat membantu mencegah infeksi karena varian Omicron yang sangat menular.

"Memberikan perlindungan terus menerus dengan boosting sangat penting untuk kelompok berisiko seperti lansia dan masyarakat dengan penyakit kronik," katanya.

Data juga mendukung efektivitas dari pemberian vaksin yang heterolog, atau 'mix and match', dapat membantu upaya berkelanjutan untuk meningkatkan cakupan populasi terhadap dosis booster.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pentingnya dosis booster

John Perez, Senior Vice President, Head of Late Development, Vaccines & Immune Therapies, AstraZeneca, menambahkan, data baru ini semakin menambah pemahaman kita tentang pentingnya dosis booster untuk melindungi dari infeksi COVID-19 karena varian yang terus berkembang.

"Melengkapi data efektivitas AZD1222 dalam mencegah penyakit parah dan kematian, kita sekarang tahu bahwa AZD1222 dapat membantu mencegah infeksi terkait Omicron ketika diberikan sebagai dosis keempat, dengan perlindungan yang lebihbesar terhadap infeksi dibandingkan dengan setelah pemberian dosis ketiga," jelasnya.

Selain itu, analisis awal data rumah sakit melaporkan VE terhadap COVID-19 parah(memerlukan ventilasi mekanik invasif), dan kematian selama gelombang Omicron padabulan Februari dan Maret 2022.

Di semua kelompok umur yang diteliti, jadwal campuran tiga dosis memberikan 98% perlindungan terhadap infeksi parah atau kematian terkait COVID-19.

Setelah booster dosis keempat, penulis mengamati hanya ada satu kematian, pada orang dengan komorbid, menunjukkan efektivitas yang sangat tinggi. Analisis kumpulan data ini sedang berlangsung dan akan dilaporkan di kemudian hari.

 

3 dari 4 halaman

Menggunakan surveilan

Studi ini, tulis peneliti, tak hanya memberikan laporan efektivitas vaksin AZD1222, CoronaVac, dan mRNA, namun juga menggunakan cara surveilan aktif yang memungkinkan perbandingan profil pasienya sama di kedua periode predominan Delta dan predominan Omicron.

Hingga saat ini, lebih dari 3 miliar dosis AZD1222 telah dirilis, yang berdasarkan hasil model diperkirakan telah membantu menyelamatkan lebih dari 6 juta nyawa antara 08 Desember2020 dan 08 Desember 2021.

"Penelitian ini merupakan analisis data kasus-terkontrol tes-negatif untuk provinsi Chiang Mai,Thailand Utara, dari database Pusat Imunisasi Kesehatan Masyarakat (MOPH IC), yang dirancang untuk memperkirakan VE terhadap infeksi SARS-CoV-2 (COVID-19) dari berbagai jadwal vaksinasi heterolog (campuran)," tulis peneliti.

 

4 dari 4 halaman

Analisis data

Studi ini menganalisis data untuk periode pre-dominan Delta di Thailand (1 Oktober hingga31 Desember 2021), dan periode pre-dominan Omicron (1 Februari hingga 10 April 2022), dan bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pemberian vaksin COVID-19 tiga dosis heterolog selama periode Delta, dan jadwal heterolog tiga dan empat dosis selama periodeOmicron.

Analisis untuk periode Delta mencakup data 27.301 orang (2.130 tes-positif dan 25.171 tes-negatif), dan untuk periode Omicron sebanyak 36.170 orang (14.682 tes-positif dan 214.881 tes-negatif).

Evaluasi awal dari sistem manajemen pasien rumah sakit yang terpisah memberikan analisis deskriptif tentang dampak booster dosis ketiga dan keempat terhadap COVID-19 dan kematian yang parah.

Vaksin COVID-19 AstraZeneca AZD1222 ditemukan oleh Universitas Oxford. Vaksin ini menggunakan vektor virus simpanse yang kekurangan replikasi berdasarkan versi virus flu biasa (adenovirus) yang dilemahkan yang menyebabkan infeksi pada simpanse dan mengandung materi genetik protein spikevirus SARS-CoV-2.

Setelah vaksinasi, protein spike permukaan diproduksi, memicu sistem kekebalan untuk menyerang virus SARS-CoV-2 jika menginfeksi tubuh.

AZD1222 adalah vaksin 'vektor virus', yang berarti versi virus yang tidak dapat menyebabkan penyakit digunakan sebagai bagian dari vaksin, membuat tubuh mengetahui cara melawannya jika terkena virus yang sebenarnya nanti. Teknologi vaksin ini telah digunakanoleh para ilmuwan selama 40 tahun terakhir untuk memerangi penyakit menular lainnyaseperti flu, Zika, Ebola dan HIV.3

Berdasarkan jutaan orang yang divaksinasi dengan AZD1222, reaksi yang sangat umum dilaporkan adalah: sakit kepala, mual, myalgia, arthralgia, nyeri tekan/nyeri/hangat/pruritus di tempat suntikan, kelelahan, malaise, pyrexia,demam. Namun sebagian besar reaksi merugikan ringan sampai sedang dalam tingkat keparahan dan biasanya sembuh dalam beberapa hari setelah vaksinasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.