Sukses

Jangan Buang Kulit Pisang, Banyak Manfaat dari Suburkan Tanaman hingga Redakan Kembung

Tak hanya membuat Anda terpleset, kulit pisang juga ternyata memiliki sederet manfaat lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Kepleset mungkin jadi salah satu insiden yang muncul dalam benak Anda bila bicara soal kulit pisang. Teksturnya yang berubah semakin licin saat membusuk memang bisa menyebabkan orang tergelincir.

Namun tak hanya itu, kulit pisang yang biasa dibuang ini ternyata memiliki segudang manfaat lho. Meski terdengar asing, kulit pisang aman untuk dikonsumsi dan dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan.

Anda pun mungkin bertanya-tanya, seperti apa rasanya kulit pisang? Kulit pisang memiliki rasa pisang yang tipis-tipis dan bisa sedikit pahit. Namun bila Anda memilih pisang matang, maka rasa dan teksturnya akan melunak.

Bila Anda sudah berancang-ancang untuk mencobanya, pastikan Anda telah mencucinya lebih dulu untuk mencegah adanya pestisida atau kotoran yang menempel.

Tetapi, rasa juga bukanlah satu-satunya alasan untuk mengonsumsi kulit pisang. Menurut pemaparan dalam laman WebMD, kulit pisang secara khusus mengandung vitamin B6, B12 tingkat tinggi, magnesium, kalium, serat, dan protein.

Bahkan, kulit pisang dapat diolah sedemikian rupa hingga bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman dan meredakan kembung. Mengutip laman Tasting Table pada Selasa, (12/7/2022), berikut penjelasannya.

1. Redakan Kembung

Salah satu penggunaan kulit pisang yang populer adalah dengan meminumnya dalam bentuk teh. Teh kulit pisang dianggap dapat meredakan kembung dan berfungsi sebagai bantuan tidur alami.

Hal tersebut lantaran teh kulit pisang memiliki konsentrasi triptofan, magnesium, dan potasium yang tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Menambah Nutrisi dalam Smoothie

Bila Anda tidak terbiasa mengonsumsi kulit pisang mentah secara langsung karena bisa sedikit pahit, menggunakan pisang yang sangat matang dianggap dapat mengurangi ketajamannya.

Anda pun bisa menggunakan pisang utuh dan matang tersebut dalam smoothie. Cara ini dianggap dapat meningkatkan nutrisi dalam semangkuk smoothie yang hendak Anda santap.

3. Suburkan Tanaman

Menyirami tanaman dengan air kulit pisang telah menjadi cara yang populer pada beberapa tukang kebun. Hal ini lantaran air kulit pisang dapat memberikan potasium pada tanaman.

Potasium dapat membantu pertumbuhan tanaman. Di sisi lain, cara ini juga tidak disetujui semua orang karena aroma manis pisang dapat menarik serangga.

4. Melembutkan Daging

Menambahkan kulit pisang di atas daging tanpa lemak saat dipanggang dapat membantu mempertahankan sari-sari daging tersebut. Alhasil, daging yang lembut (moist) adalah hasilnya.

Menurut Actual FruVeg, trik tersebut bekerja berkat kombinasi kelembaban dan minyak yang dihasilkan dari kulit pisang.

3 dari 4 halaman

5. Keripik Kulit Pisang

Manfaat yang satu ini kemungkinan sudah tak asing lagi. Keripik kulit pisang memiliki sentuhan rasa yang unik dan begitu mudah dibuat.

Pasalnya, Anda hanya perlu merendam kulit pisang dalam air, melapisinya dengan tepung maizena, dan menggorengnya. Jadi usai mengonsumsi buahnya, kulitnya pun masih bisa untuk Anda olah.

6. Memoles Peralatan Berbahan Perak

Setelah membuat berbagai macam asupan, manfaat kulit pisang belum berhenti di sana. Kulit pisang masih memiliki manfaat lainnya yakni dapat membantu Anda membersihkan peralatan makan berbahan perak seperti sendok atau garpu.

Menurut Life Hacker, kulit pisang bekerja begitu baik untuk memoles peralatan makan yang bernoda. Caranya adalah dengan membuat campuran dari air dan kulit pisang.

Anda dapat mengoleskan air kulit pisang tersebut ke peralatan makan. Kemudian bilas dan keringkan. Cara ini dianggap berhasil karena adanya kandungan asam dari pisang yang dapat melunturkan noda.

4 dari 4 halaman

7. Pengganti Daging

Salah satu aplikasi kulit pisang paling terkenal adalah dengan mengolahnya sebagai pengganti daging. Gunakanlah kulit pisang matang untuk menghindari rasa pahit berlebihan.

Rasanya dianggap mirip seperti bacon namun sedikit lebih tipis. Beberapa pecinta kuliner seperti It Doesn't Taste Like Chicken pun menyarankan cara ini terutama bagi Anda yang vegan atau tengah mengurangi konsumsi daging.

8. Topping untuk Kue

Kulit pisang juga dapat digunakan sebagai topping dalam kue Anda. Topping ini cocok digunakan bila Anda hendak membuat banana bread.

Tak hanya dapat mempengaruhi rasa, cara ini juga dapat meningkatkan kandungan nutrisi sekaligus mengurangi sampah makanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.