Sukses

Ridwan Kamil Ajak Eril Pulang dan Haturkan Terima Kasih pada Jutaan Orang yang Mendoakan

Ridwan Kamil mengungkap dirinya mensyukuri kesempatan untuk bisa kembali memeluk dan menunaikan hak putranya sebagai Muslim. Memandikan jenazah Eril.

Liputan6.com, Jakarta - Jasad Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril akhirnya ditemukan setelah lebih dari 14 hari dikabarkan hilang karena terhanyut arus Sungai Aare, Swiss.

Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ditemukan oleh Kepolisian Swiss pada Rabu (8/6/2022) sekitar pukul 06.50 waktu setempat. 

Buah dari penantian dua pekan tersebut disambut seruan dan rasa syukur orangtua Eril, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. Pihak KBRI di Bern pun menyampaikan, jenazah telah diserahkan pada pihak keluarga pada Kamis (9/6/2022).

Melalui akun Instagram pribadinya, Ridwan Kamil mengungkap dirinya mensyukuri kesempatan untuk bisa kembali memeluk dan menunaikan hak putranya sebagai Muslim. Memandikan jenazah Eril.

"Alhamdulillah ya Allah... Akhirnya Engkau memberikan kesempatan saya untuk kembali memeluk, membelai, dan memandikan anak saya sesuai syariat Islam, juga mengadzankan dengan sempurna di telinganya persis seperti saat Eril lahir," tulis pria yang karib disapa Kang Emil oleh warga Jawa Barat, Jumat, 10 Juni 2022.

Dia juga bersaksi bahwa jasad Eril masih dalam keadaan utuh serta menguarkan wangi serupa aroma daun Eucalyptus meski telah lewat dari 14 hari berada di Sungai Aare. Baginya, itu merupakan mukjizat kecil yang sangat disyukuri.

Dalam unggahan itu, Ridwan Kamil pun seolah masih melaksanakan tugasnya sebagai ayah, "membimbing" putranya berterima kasih pada jutaan orang yang telah mendoakan.

"Hai Eril, saatnya kamu pulang ke tanah air, untuk menghaturkan terima kasih pada jutaan yang mendoakanmu," tulisnya di akhir unggahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Istri Ridwan Kamil Ucap Syukur

Tak hanya Ridwan Kamil yang merasa lega jasad putranya telah  ditemukan. Sang istri, ibunda Eril, Atalia Praratya pun mengucap syukur.

"Alhamdulillah Allahu Akbar," kata istri Ridwan Kamil dalam akun Instagram pribadinya.

Jasad kakak Zara dan Arka yang dikabarkan dalam kondisi utuh membuat Atalia yang akrab disapa Bu Cinta itu yakin Tuhan menjaga dan memuliakan putranya.

"Ditemukannya a Eril dalam keadaan utuh, lengkap, bersih, tampan, tersenyum dan wangi setelah 14 hari menghilang, membuat saya yakin seyakin yakinnya bahwa Allah menjaga dan memuliakannya."

Temuan jasad Eril yang sudah teridentifikasi dengan tes DNA membuat rasa khawatir dan gundah yang dirasakan Atalia selama dua pekan sirna.

Perempuan 48 tahun itu pun yakin bahwa kekuatan ikhtiar dan doa memang maha dahsyat.

"Dari resah kini berubah menjadi syukur yang begitu dalam."

"Karena tentu tidak ada yang lebih diinginkan oleh seorang hamba selain berada dalam liputan kasih sayang Allah di akhir hidupnya. Husnul khatimah."

 

 

3 dari 4 halaman

Konfirmasi Tes DNA Eril

Eril ditemukan pada Rabu, 8 Juni 2022 sekitar pukul 06.50 waktu Swiss di Bendungan Engehalde. Informasi tersebut didapat dari kepolisian seperti disampaikan Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad.

"Sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad yang ditemukan. Itu betul ananda Eril," tutur Muliaman dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6/2022).

Kemudian pada Kamis siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi tes DNA, bahwa jasad yang ditemukan adalah Eril.

"Selanjutnya sesuai prosedur hukum kepolisian Swiss, kepolisian menyiapkan berkas ke Pengadilan Bern untuk serah terima kepada keluarga," jelas dia.

Sekitar dua jam sebelum konferensi pers yang dilakukan pada 19.30 WIB, pihak Pengadilan Swiss telah memberikan kewenangan kepada keluarga Ridwan Kamil yang ada di Bern untuk menerima jasad Eril.

4 dari 4 halaman

Rencana Dimakamkan pada Senin, 13 Juni 2022

Melalui Instagram, Ridwan Kamil mengatakan, jenazah Eril akan dibawa ke Tanah Air pada Minggu, 12 Juni 2022. Lalu, rencananya dimakamkan pada Senin, 13 Juni 2022.

"Jenazah Eril Insya Allah akan kembali ke tanah air di hari Minggu dan dimakamkan di Hari Senin," kata Ridwan Kamil.

Mengenai kepulangan Eril juga dikonfirmasi oleh Kepala Biro Adpim Setda Provinsi Jabar Wahyu Mijaya. Wahyu mengatakan, jenazah Eril akan tiba di Indonesia pada akhir pekan ini.

 "Tadi disebutkan mudah-mudahan di hari Sabtu atau hari Minggu almarhum sudah bisa di Jakarta kemudian akan dibawa ke Bandung," kata Wahyu dalam jumpa pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (9/6/2022).

Wahyu mengaku pihaknya akan menyiapkan proses penjemputan jenazah Eril di Bandara Soekarno-Hatta. Namun, ia tak merinci soal teknis penjemputan.

"Kemudian proses di sana kita akan lakukan penjemputan, namun secara detail nanti akan kami informasikan kemudian kami akan secara terus menerus berkomunikasi dengan pihak bandara dan dengan pihak Kementerian Luar Negeri," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini