Sukses

Kenalkan, Bella si Robot Menggemaskan yang Antar Makanan ke Pasien Anak di RS Pondok Indah

Liputan6.com, Jakarta - Jika sedang menjalani perawatan kesehatan di RS Pondok Indah, Jakarta, Anda mungkin akan bertemu dengan Bella.

Bellabot nama lengkapnya. Dia bukanlah nama seseorang melainkan sebuah robot canggih yang bisa membantu tugas manusia sekaligus menghibur pasien, khususnya anak-anak yang sedang menjalani rawat inap.

Menurut Manager Hospital Services Department RS Pondok Indah – Pondok Indah Tatat Kustaman, Teknologi Bellabot ini berasal dari brand Pudu robotic - China yang berbasiskan android.

"Bellabot pertama kali hadir di RS Pondok Indah – Pondok Indah sejak akhir Desember 2021, dan telah mulai diadopsi pula di RS Pondok Indah – Puri Indah dan RS Pondok Indah – Bintaro Jaya pada akhir bulan Januari 2022," katanya, melalui wawancara khusus, Rabu (9/2/2022).

Tatat mengatakan, pada dasarnya Bellabot ini berfungsi membantu mengantarkan makanan dan minuman. Untuk itu yang menjadi project owner Bellabot ini adalah Food Service Unit dari Hospital Services Department (HSD).

"Bellabot adalah diferensiasi layanan terkait food & beverages di RS Pondok Indah Group, khususnya pada pelayanan makanan pasien rawat inap,"ujarnya.

Dengan adanya Bellabot ini, ia berharap pasien menjadi terhibur dan dapat meningkatkan nafsu makannya, sebagai salah satu upaya mencapai kesembuhan yang optimal. Selain itu, Bellabot juga dihadirkan sebagai sarana hiburan pengunjung dan pasien yang beraktivitas di area umum serta berbagai klinik di RS Pondok Indah Group.

"Kami berharap Bellabot dapat menjadi salah satu alasan bagi anak-anak untuk menjadikan pengalaman ke rumah sakit menjadi pengalaman yang menyenangkan, bukan pengalaman yang menakutkan dan traumatis," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Kemampuan Bella

Tatat menyampainya, saat ini, Bellabot dimanfaatkan untuk mengantarkan makanan pada pasien anak yang dirawat inap, baik pada waktu makan siang maupun makan malam. Selain itu, Bellabot juga berkeliling di area umum untuk memberikan complimentary air mineral dan permen kepada para pasien dan pengunjung rumah sakit.

Bellabot memang memiliki keahlian khusus dalam berjalan. Dia bisa berjalan sendiri sesuai rute yang telah dipetakan. Di dalamnya, ada sensor 3D sehingga aman apabila terhalang objek tertentu (tidak akan menabrak objek tersebut).

Lalu, yang tak kalah menarik adalah kemampuannya dalam berinteraksi. Bellabot bisa bersuara jika disentuh oleh orang lain, misalnya mengeluh sakit jika dipukul, dan memberikan ekspresi tersenyum saat dielus-elus. Serta ada musik pengiring yang menarik perhatian anak-anak.

Menurut Tatat, sejauh ini reaksi pengunjung RS Pondok Indah Group begitu antusias dan senang. "Sudah banyak juga pasien yang bertemu dengan Bellabot kemudian membuat video dan posting tentang Bellabot milik RS Pondok Indah di media sosial mereka.

"Ada beberapa anak yang bahkan mengejar dan mengikuti Bellabot ke mana pun ia pergi. Anak-anak senang sekali,"katanya.

Bellabot adalah kemajuan teknologi yang dipadukan dengan penerapan pelayanan yang optimal kepada pasien, lanjut Tatat.

"Kehadiran Bellabot terbukti dapat menghibur anak-anak yang sedang sakit. Seringkali anak yang sedang sakit ini tidak nafsu makan, padahal mereka butuh asupan makanan yang cukup untuk mempercepat proses kesembuhannya. Oleh karenaitu, makanan yang diantarkan oleh Bellabot diharapkan dapat meningkatkan nafsu makan anak karena penampakan Bellabot yang lucu," jelasnya.

Jika ada yang penasaran melihat robot lucu ini, kata Tatat, Bellabot biasanya akan berkeliling rumah sakit pada pagi dan siang hari.

"Bellabot hadir di area umum RS Pondok Indah Group, yakni RS Pondok Indah – Pondok Indah, RS Pondok Indah – Puri Indah, dan RS Pondok Indah – Bintaro Jaya. Selain area umum seperti lobby dan area ruang tunggu laboratorium dan radiologi, Bellabot juga mendatangi klinik anak dan klinik-klinik lainnya. Pada waktu makan siang dan makan malam, Bellabot mengunjungi anak-anak di ruang rawat inap untuk mengantarkan makanan,"pungkasnya.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS