Sukses

Tidak Bisa Bernyanyi? Mungkin Ini Penyebabnya

Permasalahan pada akurasi nada, atau juga dikenal sebagai Pitch, dapat menjadi penyebab sebagian besar orang tidak dapat bernyanyi.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yakin bahwa mereka tidak dapat bernyanyi karena buta nada, tapi apakah benar demikian?

Menurut Science ABC, orang yang tidak bisa menyanyi biasa disebabkan oleh masalah akurasi nada, atau juga dikenal sebagai pitch. Pitch dapat dipahami sebagai 'ketajaman' suara; semakin tinggi nada, semakin tajam dan nyaring suara yang terdengar.

Ketika Anda mendengar melodi, otak memiliki persepsi terhadap berbagai parameternya, seperti volume, nada, nada, dll. Otak manusia cukup baik dalam menangkap nada yang tepat, yang berarti kemungkinan persepsi otak kita terhadap suara adalah pengecualian.

Oleh karena itu, komponen "input" baik-baik saja dalam hal ini; masalah terjadi pada "output." Setelah Anda mendengar suara tersebut, otak membuat output suara yang sesuai dengan apa yang Anda dengar, tetapi sayangnya tidak selaras. 

Dengan kata lain, sebagian besar nyanyian yang buruk disebabkan oleh “keterampilan motorik yang buruk” dan 'kesalahan terjemahan timbral'.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menggunakan suara berbicara alih-alih suara bernyanyi

Selain itu, Anda mungkin menggunakan "suara berbicara" alih-alih "suara bernyanyi". Saat berbicara, orang biasanya menggunakan pitch terbatas yang lebih rendah, sedangkan suara nyanyian relatif tinggi.

Semakin lama seseorang mencoba bernyanyi dengan suara bicaranya, semakin sulit untuk menghentikan kebiasaan ini. 

Oleh karena itu, ini hanya masalah ketekunan berlatih merilekskan mekanisme vokal Anda dan bernyanyi dengan bantuan pernapasan, daripada membuat suara "melakukan sesuatu."

3 dari 4 halaman

Latihan adalah kuncinya

Menurut seorang penyanyi yang juga mempelajari ilmu di balik suara nyanyian, Dr Filipa Lã, mereka yang bernyanyi tidak selaras dapat diajari untuk mendapatkan nada di tempat yang tepat, selama mekanika dasar di tenggorokan berada dalam urutan yang baik.

Penting untuk diingat bahwa penyanyi tidak hanya dilahirkan, tetapi juga dibuat. Jika Anda mendengar penyanyi favorit Anda bernyanyi dari waktu ke waktu, Anda mungkin akan memperhatikan perubahan signifikan dalam suara mereka.

Ini mungkin sebagian karena kedewasaan, tetapi sebagian besar karena latihan yang konsisten dan menyeluruh.

Jadi jangan khawatir jika Anda tidak bisa bernyanyi dengan baik sekarang, itu hanya masalah waktu dan kesabaran.

Bagian penting dari proses ini hanyalah belajar untuk merasa nyaman dengan suara unik yang Anda miliki. Anda selalu dapat berlatih untuk menemukan nada yang sempurna.

Reporter: Lianna Leticia

4 dari 4 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.