Sukses

Tanggalkan 11 Tembakan di AFF 2020, Kiper Singapura Hassan Sunny Tuai Pujian Warganet

Kiper Singapura Hassan Sunny ramai diperbincangkan warganet

Liputan6.com, Jakarta Indonesia unggul 4-2 dari Singapura dalam leg kedua semifinal AFF 2020. Walau gagal melaju ke final, Tim Singapura cukup menarik perhatian pendukung Tim Garuda lewat sang kiper Hassan Sunny.

Pria yang dijuluki Superman tampil heroik saat mengawal gawang The Lions. Dia berhasil menggagalkan 11 dari 14 tembakan tepat sasaran yang dilepaskan pemain Timnas Indonesia.

Sayangnya, penampilan impresif Hassan Sunny harus terhenti dengan kartu merah yang didapat pada menit ke-119. Dia diusir wasit karena melakukan pelanggaran kepada Irfan Jaya di luar kotak penalti mengutip bola.com Minggu (26/12/2021).

Walau begitu, performa Hassan Sunny mendapat banyak pujian, tak hanya dari suporter Singapura tetapi juga pendukung Timnas Indonesia.

“Man of the match, anda luar biasa Hassan sunny,” tulis akun Twitter diki_zaelani_.

“Respek Hassan Sunny, Best Performance,” tulis pengguna lainnya Mahbub-ubaedi.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gagal ke Final

Kekalahan Singapura melawan Indonesia kembali membuat mereka gagal melaju ke final AFF. Langkah mereka terhenti di semifinal Piala AFF 2020 di Singapore National Stadium, Sabtu (25/12/2021).

Pada pertemuan pertama di stadion yang sama, 22 Desember lalu, kedua tim bermain imbang 1-1. Duel pun berjalan menegangkan dengan berbagai serangan dari kedua tim.

Timnas Indonesia berhasil unggul lebih dulu lewat aksi Ezra Walian pada menit ke-11. Namun, Singapura berhasil berbalik memimpin dengan mencetak dua gol, berkat tembakan Song Ui-young pada menit ke-45 dan eksekusi tendangan bebas Shahdan Sulaiman menit ke-74.

Tertinggal 1-2, Skuad Garuda tak tinggal diam. Timnas Indonesia mampu menyamakan kedudukan, setelah Pratama Arhan mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-87.

Skor sama kuat 2-2 (agregat 3-3) membuat pertandingan berlanjut ke babak tambahan. Pasalnya, Piala AFF 2020 tak menerapkan aturan keuntungan gol tandang.

Pada perpanjangan waktu, Timnas Indonesia sukses mencetak dua gol tambahan dan mengunci kemenangan dengan skor 4-2. Dua gol tambahan Indonesia tercipta berkat gol bunuh diri Shawal Anuar pada menit ke-91 dan Egy Maulana Vikri menit ke-105+2.

3 dari 4 halaman

Indonesia Lolos ke Final

Dengan hasil tersebut, Timnas Indonesia berhak lolos ke final Piala AFF 2020 dengan agregat 5-3. Pada partai puncak, Indonesia akan menghadapi pemenang antara Thailand atau Vietnam di National Stadium, 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022.

Adapun Timnas Singapura, ini adalah untuk keempat kalinya secara beruntun gagal lolos ke final Piala AFF 2020. Kendati tak menembus partai final, penampilan Hassan Sunny di bawah mistar gawang Singapura memberi kesan tersendiri dalam pertandingan tersebut.

 

 

4 dari 4 halaman

Infografis Piala AFF 2020 grup

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.