Sukses

Warga Sempat Panik Dilanda Gempa Jember Magnitudo 5,1

Liputan6.com, Jember Berdasarkan laporan di lapangan, gempa Jember berkekuatan Magnitudo (M) 5,1 membuat masyarakat di sana sempat panik. Gempa Jember terjadi hari ini, Kamis, 16 Desember 2021 pukul 06.01 WIB. 

"Masyarakat sempat panik, kondisi saat ini telah kembali kondusif," demikian informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang diterima Health Liputan6.com, Kamis (16/12/2021).

Guncangan gempa Jember pagi tadi dirasakan kuat di wilayah Kabupaten Jember dan Kabupaten Lumajang. Sedangkan di Kabupaten Probolinggo, guncangan gempa dirasakan lemah.

Meski demikian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih melakukan monitoring dan siap siaga jika terjadi gempa susulan.

Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB menerima laporan sementara kerusakan akibat gempa Jember. Yakni satu unit rumah rusak berat, empat unit rumah rusak sedang, enam unit rumah rusak ringan serta satu pondok pesantren rusak ringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tidak Berpotensi Tsunami

Dilaporkan juga terdapat 11 Kepala Keluarga (KK) terdampak gempa Jember dan masih dalam pendataan tim kaji cepat.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, pusat gempa berada di laut, tepatnya 42 km barat daya Jember dengan kedalaman 10 km. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS