Sukses

Bayi Kesha Ratuliu Dilarikan ke NICU, Ruang Apa Itu?

Ruang NICU untuk perawatan bayi baru lahir.

Liputan6.com, Jakarta - Bayi artis Kesha Ratuliu yang lahir pada 12 Desember 2021 rupanya harus dilarikan ke ruang NICU (Neonatal Intensive Care Unit). Putra pertama Kesha Ratuliu dan Adhi Permana ini mengalami gangguan pernapasan.

Tampak dari unggahan Instagram Kesha Ratuliu, bayi yang diberi nama Qwenzy Kalandra Putra Permana masuk inkubator. Kesha Ratuliu sempat diperkenankan menemui sang buah hati di NICU.

Lantas apa itu ruang NICU? Ruang NICU atau Neonatal Intensive Care Unit adalah ruangan di rumah sakit yang dikhususkan untuk perawatan intensif bayi baru lahir dengan segala permasalahannya.

Mengutip laman Siloam Hospitals, Senin (13/12/2021), pada umumnya, ruangan NICU tidak hanya dibutuhkan oleh bayi lahir prematur, tapi juga bayi cukup bulan yang sakit, bayi dengan berat badan lahir rendah (kurang dari 2.500 gram) terkena infeksi, bayi kuning, hingga adanya gangguan pada pernapasan maupun yang memerlukan operasi. 

Seperti yang dialami bayi Kesha Ratuliu, di dalam ruang NICU tersedia sejumlah fasilitas, yakni inkubator dan monitor. Selain itu, ada juga selang makanan. Alat ini berfungsi untuk menghantarkan ASI atau nutrisi enteral lainya yang dibutuhkan oleh bayi yang belum dapat minum lewat mulut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ventilator dan Fototerapi

Selanjutnya, di ruang NICU tersedia ventilator. Ventilator merupakan alat yang digunakan untuk membantu pernapasan bayi baru lahir jika memiliki gangguan pada paru-paru atau pernapasannya.

Ada berbagai macam tipe atau jenis ventilator, yakni invasif (selang yang dimasukan melalui hidung atau mulut) dan non-invasif (melalui mask di hidung).

Ada juga fototerapi. Fototerapi atau dikenal dengan terapi sinar merupakan alat yang berfungsi untuk menurunkan tingkat bilirubin tinggi, yang menjadi salah satu penyebab bayi kuning. Alat ini bekerja dengan cara mengeluarkan bilirubin melalui urine.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.