Sukses

Tunjukkan Gejala Sakit, 5 Singa di Singapura Terkonfirmasi Positif COVID-19

Batuk bersin dan lesu lalu dilakukan pemeriksaan COVID-19 dan terkonfirmasi singa tersebut positif COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Singa Afrika yanga ada di Singapore Zoo positif terinfeksi COVID-19. Tes dilakukan setelah singa tersebut menunjukkan gejala sakit seperit disampaikan Animal and Veterinary Service (AVS).

Sebelumnya, empat singa Asia di Night Safari juga positif terinfeksi COVID-19. Hewan ini dites setelah menunjukkan gejala batuk bersin dan lesu.

"Sampel feses dari singa Afrika yang ada di Singapore Zoo menunjukkan tanda-tanda sakit. Lalu, pada 8 November dinyatakan positif terinfeksi virus SARS-CoV-2 lewat tes PCR," kata AVS mengutip Channel News Asia.

Setelah terkonfirmasi positif, maka singa yang ada di sana yakni sembilan singa Asia di Night Safari dan lima singa Afrika di Singapore Zoo menjalani isolasi, termasuk lima yang terkonfirmasi COVID-19.

"Semua singa diisolasi di kandang masing-masing," kata AVS.

AVS bakal terus memantau kesehatan singa, termasuk pengambilan sampel dan uji feses secara rutin untuk mengetahui status COVID-19 hewan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sumber Penularan?

Lalu, apakah hewan bisa menularkan COVID-19 ke manusia? Merujuk pada World Organisation for Animal Health (OIE) belum ada bukti bahwa hewan menularkan COVID-19 ke manusia. Namun, ada laporan juga bahwa hewan yang positif COVID-19 di negara luar Singapura terjadi setelah melakukan kontak dengan orang terinfeksi COVID-19.

Empat singa Asia dari Night Safari memang menjalani tes usai melakukan kontak dengan pegawai di taman tersebut yang terinfeksi COVID-19. Selanjutnya, tes dilakukan kepada pegawai lain di sana hasilnya ada tiga orang lain yang terinfeksi SARS-CoV-2 tanpa gejala.

Sejak hari Minggu kemarin Singa tersebut diisolasi stelah menunjukkan sakit.

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Hindari Penularan Covid-19 Saat Musim Hujan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.