Sukses

Kemenkes Jamin Chatbot WhatsApp PeduliLindungi Aman

Chatbot WhatsApp pengaduan terkait PeduliLindungi dijamin aman.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan memastikan Chatbot WhatsApp untuk layanan pengaduan PeduliLindungi terjamin aman. Chatbot WhatsApp yang bisa diakses masyarakat pada nomor kontak 081110500567 dapat menyelesaikan permasalahan sertifikat vaksin dan perbaikan data.

Menurut Chief of Digital Tranformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan RI Setiaji, adanya Chatbot yang baru saja diluncurkan menambah akses layanan pengaduan. Selama ini, pengaduan sertifikat vaksin melalui sertifikat@pedulilindungi.id atau Call Center 119 extension 9.

"Kehadiran Chatbot WhatsApp ini tentunya akan lebih mudah lagi. Dari sisi keamanan layanan, aman. Kami juga sudah melakukan berbagai macam uji coba, termasuk bagaimana penggunaan oleh user (pengguna)," terang Setiaji saat konferensi pers Launching Chatbot WhatsApp PeduliLindungi pada Rabu, 10 November 2021.

"Kalau ditanya nyaman ya nyaman, karena (WhatsApp) sudah didesain dengan proses verifikasi dan end-to-end encryption. Pada WhatsApp kan saat mengirim (pesan) juga sudah terenkripsi, sehingga dapat dipastikan data pengguna akan tetap terjaga."

Untuk menjaga keamanan data, saat pengguna terhubung dengan Chatbot WhatsApp akan diminta memasukkan kode One Time Password (OTP), yang dikirim ke nomor ponsel terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi.

"Verifikasi dilakukan dengan memasukkan kode OTP pada nomor telepon yang terdaftar di aplikasi PeduliLindungi untuk menjaga keamanan datanya," imbuh Setiaji.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sistem Otomatis Chatbot WhatsApp PeduliLindungi

Kinerja layanan Chatbot WhatsApp PeduliLindungi juga sudah bekerja otomatis dengan sistem komputer. Lain halnya, dengan email dan call center yang membutuhkan operator/petugas untuk merespons.

"Yang paling penting lagi bisa diakses 24 jam, karena melalui email dan call center itu ada batas waktunya (kerja operator/petugas). Kemudian Chatbot ini langsung menjawab otomatis oleh sistem komputer," Setiaji menambahkan.

Fitur Chatbot WhatsApp terdapat 3 menu utama, yaitu Download Sertifikat Vaksin, Status Vaksinasi, dan Ubah Info Diri. Masyarakat yang belum mendapatkan sertifikat dan terkendala untuk mengaksesnya di aplikasi PeduliLindungi bisa memilih menu Download Sertifikat.

Selanjutnya, pengecekan status vaksinasi juga dapat dilakukan melalui menu Status Vaksinasi. Fitur Ubah Info Diri diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mengubah data nama pada sertifikat vaksin, agar sesuai KTP dan nomor telepon terdaftar di aplikasi PeduliLindungi.

"Jadi, fitur yang ada dapat dipilih oleh masyarakat sesuai kebutuhan," ucap Setiaji.

Adapun perubahan data setelah dilakukan proses lewat Chatbot, langsung bisa update (diperbarui) di dalam aplikasi PeduliLindungi. Masyarakat tidak perlu menunggu berhari-hari menerima pembaruan data yang dibutuhkan. (Selengkapnya: Solusi Chatbot WhatsApp Kemenkes, Perbaikan Data PeduliLindungi Langsung Tuntas)

3 dari 3 halaman

Infografis Arti Warna Fitur Safe Entrance Aplikasi PeduliLindungi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.