Sukses

Ketahui Proses Munculnya Kondisi Psikopat dari Teori Kelekatan

Gangguan psikopat muncul karena ada penyebabnya, berikut ciri-ciri psikopat

Liputan6.com, Jakarta Dari beberapa tinjauan penelitian dapat diketahui bahwa munculnya gangguan psikopat merupakan suatu proses perkembangan yang kompleks.

Menurut Kriminolog Haniva Hasna, M. Krim, salah satu faktor eksternal yang dapat memicu munculnya psikopat adalah kualitas hubungan yang dialami individu dengan orangtua (pengasuh utama) pada usia dini.

“Dalam teori kelekatan yang dikemukakan oleh Bowlby menekankan pentingnya kualitas hubungan anak dan orangtua pada awal kehidupan,” ujar Iva kepada Health Liputan6.com melalui pesan teks belum lama ini.

Kelekatan merupakan suatu ikatan afektif yang kuat, bersifat menetap yang ditandai dengan adanya kecenderungan untuk mencari dan mempertahankan kedekatan terhadap figur lekat.

Walaupun tidak terlihat dari pandangan mata, kata Iva, terutama ketika berada dalam keadaan di bawah tekanan.

Kelekatan terbentuk ketika anak menunjukkan kebutuhan-kebutuhannya dan bagaimana orangtua merespons kebutuhan-kebutuhan tersebut dengan cara mendekati, membiarkan, menolak atau menjauhi anak.

“Di sinilah anak belajar berinteraksi dengan orang selain dirinya, belajar untuk percaya dan peduli terhadap orang lain," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kelekatan Aman dan Tidak Aman

Pengalaman tentang kualitas hubungan antara anak dengan orangtua di masa dini akan terus terbawa seumur hidup dan memengaruhi semua hubungan dengan orang lain, lanjut Iva.

Kelekatan yang aman (secure attachment) yang diperoleh anak merupakan fondasi untuk terbentuknya kemandirian dan membimbing anak dalam berhubungan dengan orang lain di masa depan.

Sedangkan, kelekatan tidak aman dianggap berkaitan dengan masalah dalam relasi dan perilaku di masa perkembangan selanjutnya.

Kelekatan tidak aman digambarkan dengan adanya ketidakkonsistenan kehadiran orangtua, penolakan orangtua maupun pengalaman-pengalaman traumatis seperti terjadinya kekerasan oleh orangtua.

3 dari 4 halaman

Jika Anak Kekurangan Cinta

Lebih lanjut, jika seorang anak mengalami deprivasi cinta atau ketiadaan cinta dan kasih sayang dari orangtua (pengasuh) pada 5 tahun pertama kehidupannya, maka dapat menyebabkan anak menjadi individu yang dingin.

Tidak adanya cinta yang didapat juga dapat membuat anak tumbuh menjadi orang yang kurang menyayangi, tidak berperasaan, dan cenderung menjadi jahat saat dewasa.

Kelekatan tidak aman dapat meningkatkan kecenderungan psikopat. Hal ini dikarenakan gaya kelekatan tidak aman merupakan salah satu faktor yang dapat berpengaruh cukup besar terhadap gangguan klinis, pungkas Iva.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.