Sukses

Sebelum Meninggal, Bintang Friends James Michael Tyler Sempat Jalani Terapi Hormon

Sebelum James Michael Tyler meninggal dunia karena mengalami kanker prostat, ia sempat menjalankan terapi hormon.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu bintang serial Friends, James Michael Tyler, meninggal dunia di kediamannya, Los Angeles, Amerika Serikat pada Minggu 24 Oktober 2021 pada usia 59. Ia dikabarkan meninggal dunia setelah tiga tahun berjuang melawan kanker prostat yang dialaminya.

Namun ternyata, Tyler sempat menjalani terapi hormon selama setahun dan membuahkan hasil yang baik. Lantas apa itu terapi hormon?

Dilansir National Cancer Insitute, Senin (25/10/2021), Terapi hormon adalah pengobatan kanker yang memperlambat atau menghentikan pertumbuhan kanker yang menggunakan hormon untuk tumbuh. Terapi hormon disebut juga terapi hormonal, terapi hormon, atau terapi endokrin.

Terapi hormon berguna untuk mengurangi kemungkinan kanker akan kembali atau menghentikan atau memperlambat pertumbuhannya. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengurangi atau mencegah gejala pada pria dengan kanker prostat yang tidak dapat menjalani operasi atau terapi radiasi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Efek Samping Terapi Hormon

Terapi hormon dapat menghalangi kemampuan tubuh untuk memproduksi hormon, maka itu dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan. Efek samping yang dialami akan tergantung pada jenis terapi hormon yang di terima dan bagaimana tubuh meresponnya.

Berikut bberapa efek samping yang umum dialami oleh pria seperti Tyler, yang menerima terapi hormon untuk kanker prostat, diantaranya:

• Kehilangan minat atau kemampuan untuk berhubungan seks

• Tulang melemah

• Diare

• Mual

• Mudah lelah

Itulah penjelasan mengenai terapi hormon yang sempat dilakukan oleh James Michael Tyler. Selamat jalan, James Michael Tyler.

Penulis: Vania Dinda Marella

3 dari 3 halaman

Infografis Hidup Sehat Hindari Kanker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.