Sukses

12 Bahasa Tubuh si Dia Tertarik dengan Anda Saat Kencan Pertama

Liputan6.com, Jakarta - Saat kencan pertama, Anda mungkin menebak-nebak apa si Dia tertarik. Memang, kencan pertama ini sering kali membuat cemas. Takutnya si Dia tidak tertarik dengan Anda. Padahal, ada lho tanda kalau si Dia tertarik dengan melihat bahasa tubuhnya.

Psikolog perilaku, Joe Hemmings, dalam buku buku How Psychology Works mengatakan dengan memahami psikologi di balik kencan pertama itu bisa membantu seseorang sukses dan membantu menentukan pasangan yang cocok.

Hemmings mengatakan kencan pertama itu sebaiknya singkat. Hubungan yang serius mulai mekar pada tahap kencan kedua dan ketiga.

Meskipun tidak ada formula yang aman untuk kesuksesan kencan, psikolog menekankan pentingnya menjaga pikiran terbuka. Ketertarikan fisik biasanya terlihat dalam beberapa menit pertama bertemu seseorang.

"Namun menurut penelitian sekitar 20 persen pasangan tidak sepenuhnya menyukai pasangan mereka pada awalnya, dan hanya strategi psikologis sederhana yang bisa menghangatkan mereka pada kencan berikutnya," katanya.

Untuk seseorang yang mencari hubungan serius, ada strategi sederhana yang bisa bekerja. Seseorang harus secara bertahap mengungkapkan kesukaan dan harapan mereka, dan amati bagaimana responsnya saat berkencan serta perilakunya untuk mengevaluasi potensi kecocokan.

Namun, miskomunikasi dan terlalu sensitif dapat merusak proses kencan, yang menyebabkan orang salah menyimpulkan. Misalnya saja telat merespons pesan singkat sehingga disangka kurang tertarik, atau fakta bahwa orang belum siap mengatakan "Aku mencintaimu" berarti mereka tidak ingin melanjutkan hubungan.

 

2 dari 3 halaman

Cek Bahasa Tubuh Berikut

Ada beberapa isyarat yang jelas yang bisa dilihat saat kencan pertama, namun biasanya orang t tidak menyadarinya atau mungkin tidak memperhatikan. Salah satunya yang bisa dilihat ada bahasa tubuhnya jika si Dia tertarik:

1. Melebarkan pupil

2. Sedikit memiringkan kepala

3. Melihat mata-bibir-mata ("segitiga genit" )

4. Tersenyum untuk memancarkan aura positif

5. Mengukuti bahasa tubuh pasangan

6. Mengelus rambut, memegang kalung, wajahnya memerah

7. Mencondongkan tubuh ke arah teman kencan

8. Menarik lengan baju untuk memperlihatkan pergelangan tangan

9. Menyentuh secara tidak sengaja

10. Menunjukkan kaki saat berkencan

11. Mengubah volume atau nada suara (wanita)

12. Tertawa, menyela, dan volume bicara yang bervariasi (pria)

3 dari 3 halaman

Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru.