Sukses

Biar Tetap Sehat Saat Merawat Orang Sakit, Terapkan 6 Hal Ini!

Perbanyaklah asupan sayur, buah, dan protein agar daya tahan tubuh lebih terjaga serta tidak mudah tertular penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Merawat orang yang sakit seperti orang tua dan anak-anak membutuhkan kekuatan ekstra, baik fisik dan psikis. Perawat bisa kurang tidur, terlambat makan hingga harus mengurus banyak hal yang menyedot energi. Tak jarang tubuh sendiri akhirnya tumbang atau ikutan sakit setelah mengurus mereka yang sakit.

Saat merawat orang sakit, seringkali para penjaga melupakan kesehatan sendiri sehingga membuat daya tahan tubuh melemah. Hal ini tentu gak bisa dianggap sepele, apalagi jika mereka yang sakit karena infeksi virus atau bakteri, yang bisa menularkan penyakit.

Agar orang yang sakit bisa sembuh total dan Anda tetap dalam keadaan sehat, ada beberapa tips yang bisa diterapkan

1. Selalu pakai masker

Pastikan untuk selalu memakai masker ya, meskipun itu merawat orang sakit di rumah sendiri. Dengan begitu Anda bisa terhindar dari risiko penularan infeksi virus atau bakteri. Bakal merepotkan, kalau sampai Anda ikut tertular dan tidak ada yang merawat keluarga yang sakit.

2. Rutin mencuci tangan pakai sabun

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering berkontak dengan mereka yang sakit. Sehingga kemungkinan penularan virus dari tangan akan semakin besar. Bila dirasa terlalu merepotkan bolak-balik cuci tangan, Anda bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Bila Anda berencana untuk mengonsumsi makanan atau minuman, sebaiknya mencuci tangan pakai sabun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Jangan telat makan dan minum vitamin

Makanan bergizi wajib banget dikonsumsi, terpenting lagi adalah tidak terlambat makan. Seringkali ditemukan adalah perawat terlambat makan, padahal dia bertugas untuk memastikan mereka yang sakit mengonsumsi makanan bergizi dan tepat waktu.

Perbanyaklah asupan sayur, buah, dan protein agar daya tahan tubuh lebih terjaga serta tidak mudah tertular penyakit. Pilih juga makanan yang banyak mengandung vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E. Bila dari makanan tidak cukup, Anda bisa mengonsumsi vitamin untuk memastikan daya tahan tubuh terjaga baik. Konsumsilah suplemen vitamin sesuai dosis yang dianjurkan.

4. Jangan pakai peralatan yang sama

Untuk menghindari risiko penularan, jangan pernah penggunaan peralatan yang sama. Mulai dari alat makan, bantal, kain hingga perlengkapan kamar mandi.

Jika yang Anda rawat adalah orang dengan penyakit tidak menular dan bahwa dia belum bisa makan banyak, Anda bisa memisahkan makanan tersebut sejak awal. Dengan begitu, yang Anda konsumsi bukanlah makanan sisa.

3 dari 3 halaman

5. Cukupi waktu tidur Anda

Kurang waktu tidur adalah masalah yang kerap dihadapi mereka yang merawat orang sakit. Anda bisa mencuri kesempatan untuk tidur saat si pasien juga sedang tidur. Meskipun tidak bisa tidur sekaligus dalam waktu lama, setidaknya bisa terbantu dengan beberapa kali istirahat. Sebelumnya pun Anda bisa berpesan, jika dia membutuhkan bantuan, tetapi Anda sedang tertidur, jangan sungkan untuk membangunkan.

6. Menjaga secara bergantian

Merawat orang yang sakit sendirian benar-benar membutuhkan kekuatan ekstra dan bisa menguras energi. Salah satu cara untuk membuat Anda tetap fit adalah dengan menjaga atau merawat secara bergantian. Sehingga bisa memberikan waktu untuk membersihkan diri, makan yang benar, dan beristirahat cukup. Dengan begitu, akan terhindari dari kelelahan dan tubuh tetap fit untuk bisa menjaga si pasien di waktu berikutnya.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.