Sukses

Uji Coba PPKM Level 1, Masyarakat Blitar Bakal Jalani Aktivitas Hampir Normal

Kota Blitar dipilih pemerintah untuk masuk Level 1 dengan beberapa alasan.

Liputan6.com, Jakarta Ada satu kota di Indonesia yang dalam beberapa pekan ke depan melakukan uji coba Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1. Kota Blitar dipilih pemerintah untuk masuk Level 1 dengan beberapa alasan.

"Uji coba PPKM Level 1 dilakukan di Blitar karena telah memenuhi syarat indikator WHO dan target cakupan vaksinasi dosis pertama sebesar 70 persen dan pada lansia 60 persen," kata Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Bila penerapan Level 1 diberlakukan maka aktivitas kehidupan akan mendekati normal. Untuk mengimbangi hal tersebut, Luhut mengatakan, bakal melakukan tindakan surveilance, testing, tracing, dan peningkatan disiplin protokol kesehatan.

Tak cuma itu, pemerintah bakal mengirimkan tim khusus yang berisi para pakar dan ahli tinggal di Blitar sehingga bisa memonitor pelaksanaan PPKM Level 1 di sana.

"Kalau ini berhasil, kita akan kembangkan ke kota-kota yang dapat masuk ke Level 1," kata Luhut dalam konferensi pers PPKM Senin (4/10/2021).

Luhut juga menegaskan bahwa pemerintah bakal melakukan monitor ketat pada kehidupan di Blitar selama uji coba Level 1. Sehingga bila terjadi kedaruratan bisa dilakukan respons cepat mencegah kasus COVID-19 tidak berkembang liar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kasus Pandemi di Jawa-Bali Membaik 2 Minggu Terakhir

Dalam laporannya, Luhut menyampaikan kondisi pandemi COVID-19 di Jawa dan Bali terus menunjukkan perbaikan dalam dua minggu terakhir.

"Kasus konfirmasi nasional turun 98 persen dan kasus konfirmasi Jawa Bali juga menunjukkan penurunan hingga 98,7 persen dari puncak 15 Juli lalu," kata Luhut.

Dia menuturkan jika tingkat reproduksi efektif di Jawa Bali juga sudah berada dibawah 1, dan khusus untuk Bali masih diangka 1.

Selain itu jumlah testing yang dilakukan perhari terus mengalami peningkatan sehingga dapat menurunkan tingkat positivity rate yang sudah berada dibawah 1.

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Tips Atasi Fobia Jarum Suntik Sebelum Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.