Sukses

453.960 Vaksin Pfizer Tiba, Langsung Didistribusikan ke 7 Provinsi

Sebanyak 453.960 Vaksin Pfizer yang tiba, langsung didistribusikan ke 7 provinsi.

Liputan6.com, Jakarta Kedatangan 453.960 dosis vaksin Pfizer di Indonesia pada Jumat, 1 Oktober 2021 dini hari, rupanya langsung didistribusikan ke 7 provinsi di Kalimantan dan Sumatera. Vaksin COVID-19 yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang ini merupakan kedatangan tahap ke 81.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksin Pfizer yang didistribusikan ke 7 provinsi menggunakan jalur rantai dingin (cold chain) di bawah -70 derajat Celsius.

“Vaksin tahap 81 mendarat di Jakarta pada Jumat 1 Oktober 2021. Setelah transit di Jakarta, vaksin langsung diberangkatkan ke 7 provinsi di Indonesia," kata Nadia melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com pada Sabtu, 2 Oktober 2021.

"Tentu saja dalam seluruh proses tersebut diterapkan jalur distribusi rantai dingin dengan suhu di bawah -70 derajat Celsius guna menjaga kualitas vaksin Pfizer."

Ketujuh provinsi yang dituju adalah Kalimantan Barat (Pontianak), Kalimantan Utara melalui Berau, Kalimantan Timur (Samarinda), Kalimantan Tengah (Palangka Raya), Sumatera Barat (Padang), Sumatera Selatan (Palembang), serta Bangka Belitung (Pangkal Pinang).

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Distribusi Vaksin COVID-19 hingga Daerah Terpencil

Siti Nadia Tarmizi menambahkan, Pemerintah mengoptimalkan semua langkah yang dapat dilakukan untuk percepatan penyebarluasan vaksin COVID-19 ke seluruh daerah di Indonesia.

Upaya ini dapat menyentuh sampai masyarakat terpencil dan terluar.

"Harapannya, upaya ini juga dapat mendorong pemerintah daerah, terutama yang capaian vaksinasinya masih rendah, untuk melakukan percepatan dan perluasan program vaksinasi,” tambahnya.

Kedatangan vaksin COVID-19 secara kontinu ke Indonesia menunjukkan, stok vaksin di Tanah Air aman dan mencukupi. Pemerintah optimistis dapat mencapai target vaksinasi 70 persen masyarakat Indonesia pada akhir 2021.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Parameter Aman Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 di PeduliLindungi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.