Sukses

Sukses Bebas COVID-19, Kunci Penyelenggaraan PON XX Papua

Kunci utama penyelenggaraan PON XX Papua.

Liputan6.com, Jayapura Sukses bebas COVID-19 merupakan salah satu kunci utama dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Hal tersebut disampaikan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw.

Pemerintah Kabupaten Jayapura telah memastikan kesiapan stadion dan penerapan protokol kesehatan selama kompetisi berlangsung. Termasuk penyelenggaraan pesta akbar olahraga yang aman COVID-19.

Stadion Lukas Enembe di Kabupaten Jayapura, Papua, yang akan menjadi lokasi pembukaan PON besok, 2 Oktober 2021 pun sudah siap dengan protokol kesehatan.

 

"Jadi, ada '5 Sukses' yang diutamakan dalam penyelenggaran PON kali ini, yaitu sukses prestasi, sukses ekonomi, sukses penyelenggaraan, sukses adaministrasi, dan yang terpenting sukses bebas COVID-19," kata Mathius dalam wawancara singkat bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Kamis, 30 September 2021.

"Proses vaksinasi terus kami galakkan, protokol kesehatan juga selalu kami sosialisasikan," dia menambahkan.

Vaksinasi dan protokol kesehatan, menurut Mathius, menjadi garda terdepan untuk keberhasilan PON XX bebas COVID-19.

"Seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan PON harus sudah divaksin dan wajib mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pastikan PON XX Papua Aman dari COVID-19

Demi mendukung gagasan PON XX tanpa adanya lonjakan kasus COVID-19, BNPB melalui Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Prokes) PON XX melakukan asistensi kepada Panitia Besar PON XX terkait penguatan protokol kesehatan selama perhelatan berlangsung.

Ketua Satuan Tugas Prokes PON XX Prasinta Dewi, yang juga menjabat sebagai Deputi Bidang Pencegahan BNPB mengatakan, pengaturan alur masuk penonton dan atlet, vaksinasi, skrining, penggunaan masker yang benar, dan edukasi protokol kesehatan lain dilakukan.

"Kami akan pastikan penyelenggaraan PON XX ini benar-benar menerapkan protokol kesehatan dan aman dari potensi lonjakan kasus COVID-19," kata Dewi melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

Khusus untuk pembukaan PON XX Sabtu (2/10/2021) besok, Satgas Prokes PON XX akan menurunkan gerai dan mobil masker dan penerjunan beberapa relawan di Stadion Lukas Enembe.

"Untuk pembukaan besok kita akan menyiapkan dua gerai masker dan dua mobil masker di Stadion Lukas Enembe," Dewi melanjutkan.

3 dari 4 halaman

Gerai Masker BNPB

Sementara itu, total gerai masker BNPB yang dibangun di empat wilayah penyelenggaraan PON XX sebanyak 24 gerai dan Mobil Masker 8 mobil.

Menurut Prasinta Dewi, jumlah tersebut terus bertambah seiring adanya partisipasi dari instansi lain. Target masker yang akan dibagikan oleh Satgas Prokes PON XX sebanyak 1 juta masker.

"Kami berharap masyarakat Papua selama PON berlangsung dan sesudahnya, tidak ada kenaikan kasus COVID-19 dan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan," harapnya.

Hingga Kamis, 30 September 2021, total masker yang berhasil didistribusikan Satgas Prokes PON XX di 4 kabupaten/kota di Provinsi Papua berjumlah 329.230 masker.

4 dari 4 halaman

Infografis Covid-19 Masih Ada! Belum Waktunya Bebas Kumpul-Kumpul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.