Sukses

Solusi Big Data Bantu Atasi Masalah Stunting dan Malnutrisi di Indonesia

Pengembangan solusi big data di sektor publik akan membantu pemerintah dalam Program Penurunan Angka Stunting di Indonesia bersama BKKBN.

Liputan6.com, Jakarta Pengembangan solusi big data di sektor publik akan membantu pemerintah dalam Program Penurunan Angka Stunting di Indonesia bersama BKKBN.

Seperti disampaikan Presiden Direktur KALBE Nutritionals Ongkie Tedjasurja, dalam hal ini KALBE Nutritionals ikut memberi sumbangsihnya dalam penyediaan data dan produk nutrisi dalammembantu mengatasi masalah stunting dan malnutrisi di Indonesia.

“Kita dihadapkan pada kenyataan bahwa untuk hidup sehat dan memenuhi kehidupan negeri ini di masa depan, kita harus menemukan nilai-nilai baru yang meneguhkan kehidupan, serta membentuk pola hidup dan bekerjasama yang baru," katanya melalui keterangan pers, Kamis (2/9/2021).

Menurut Ongkie, kita harus mampu memanfaatkan teknologi dengan cara yang benar, sehingga dapat membentuk masa depan layanan kesehatan dan menyelesaikan masalahyang ada. "Salah satu cara mentransformasi industri kesehatan menjadi lebih efisien dan lebih terjangkau adalah melalui penggunaan solusi big data,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ekosistem analitik big data

Proses digitalisasi dan berbagai implikasinya memberi peluang luar biasa, tak hanya untuk merevisi metode dan praktik bisnis, bahkan juga untuk merumuskan pola kehidupan sosial baru yang lebih baik dan lebih sehat, yaitu dengan merangkul ekosistem analitik big data.

Big data juga membuka peluang tidak hanya bagi para profesional di industri kesehatan tetapi juga membuka potensi besar dalam kesehatan masyarakat, kesehatan institusional, penelitian, layanan perawatan pasien, bahkan hingga kebijakan kesehatan dan penerapannya di masyarakat.

Head of CRM PT Karsa Lintas Buwana (KALBE e-Health) Joulmer mengatakan, data menjadi satu hal penting setelah melihat tren-tren baru seperti kebiasaan berbelanja dengan ponsel dan tidak lagi mengunjungi toko fisik.

"Cara-cara berkomunikasi juga mulai berubah, mereka tidak lagi menggunakan email, sekarang lebih nyaman berkomunikasi lewat media sosial dan Whatsapp. Ini membuat peran digital dan data ini menjadi semakin penting," katanya.

 

3 dari 4 halaman

Teknologi mutakhir Google

Presiden Director All Data International selaku certified Google Cloud Partner di Indonesia Yani Purwanto menjelaskan bagaimana menerjemahkan data-data tersebut menjadi proses pengambilan keputusan yang akurat.

“Kami harapkan agar hasil data processing ini dapat mendukung kinerja bisnis perusahaan serta dapat gunakan oleh KALBE Nutritionals bersama BKKBN dalam Program Penurunan Angka Stunting di Indonesia,“ungkapnya.

“Google Cloud memberikan solusi cloud tingkat perusahaan yang memanfaatkan teknologi mutakhir Google untuk membantu perusahaan beroperasi lebih efisien dan beradaptasi dengan perubahan kebutuhan,” tambah Yani.

4 dari 4 halaman

Infografis Stunting, Ancaman Hilangnya Satu Generasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.