Sukses

Ridwan Kamil Sebut Kasus COVID-19 Jawa Barat Sudah Terkendali

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengklaim jumlah kasus COVID-19 di wilayahnya sudah terkendali.

Liputan6.com, Bandung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengklaim jumlah kasus COVID-19 terkendali. Ridwan Kamilsaat ini kasus aktif ada 27 ribu di Jawa Barat.

"Sudah turun 15 ribuan dari jumlah kasus sebelumnya. Kemudian tiga hari terakhir ada sinkronisasi data dari Depok khususnya. Dua hari terakhir masing-masing naik 5 ribuan, sama seperti hari ini. Tapi dalam waktu bersamaan update kesembuhan dari Depok itu besar sekali, rata-rata 10 ribuan. Sehingga total walaupun ada laporan kasus harian naik, malah kasus harian aktifnya tuh turun," ujar Ridwan Kamil dalam keterangan daring dari Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat, Bandung, Jumat, 27 Agustus 2021.

Ridwan Kamil memperkirakan jika tren turunnya kasus Corona maka Jawa Barat tidak menjadi daerah yang mengantongi kasus terbanyak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BOR 14 Persen

Ridwan Kamil menyebutkan data itu didukung oleh keterisian ranjang rumah sakit penanganan COVID-19 sebesar 14 persen secara keseluruhan.

"Tingkat kepatuhan masyarakat menggunakan masker berada di 90 persen. Namun jangan euforia, tetap waspada jangan nanti ditikung oleh kedaruratan berikutnya karena kitanya lengah," kata Ridwan Kamil.

Sedangkan untuk kepatuhan protokol kesehatan (prokes) lainnya berupa menjaga jarak 86 persen.

Ridwan Kamil menegaskan tidak ada kenaikan pesat jumlah kasus COVID-19 di Jawa Barat. (Arie Nugraha)

3 dari 3 halaman

Infografis Bila Data Salah dan Belum Dapat Sertifikat Vaksin Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek

    Ridwan Kamil

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Jawa Barat