Sukses

5 Aplikasi Virtual untuk Atasi Stres dan Kesehatan Mental Saat Pandemi COVID-19

Cek lima aplikasi berikut untuk jaga kesehatan mental Anda selama pandemi COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 menjebak kita dalam ruang gerak yang terbatas, tidak jarang juga di antaranya harus melakukan isolasi. Terlepas dari itu semua menjaga kesehatan mental tetaplah paling penting.

Dikutip dari situs Health pada Senin, 9 Agustus 2021, Kepala Pejabat Pembelajaran therapy.com, Psikolog Elizabeth Lombardo PhD menyebutkan bahwa saat ini kebanyakan orang tidak dapat menemui terapis secara langsung, apa pun yang dapat membantu Anda mengeluarkan perasaan serta pikiran sangatlah bermanfaat untuk menjaga mental.

"Meskipun itu bukan pengganti terapi yang lengkap, tetapi jelas alternatif yang positif," ujar Lombardo.

Katanya, jika Anda tidak dapat melihat IRL terapis Anda, atau tidak mampu membayar sesi terapi mingguan, jangan khawatir.

Ada banyak aplikasi yang dapat membantu Anda mengatasi stres dan menjaga kesehatan mental serta ketidakpastian saat ini, entah itu melalui interaksi dengan terapis atau aplikasi yang didedikasikan untuk perhatian penuh.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikut aplikasi virtual yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi stres dan kesehatan mental.

1. Youper

Youper adalah "asisten kesehatan emosional" kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan Anda melakukan percakapan pesan teks dengan bot yang memberikan masukan untuk membantu dan meningkatkan kesehatan mental Anda.

Menurut situs web aplikasi, Youper juga dapat membantu mengembangkan perawatan yang lebih dipersonalisasi untuk kondisi seperti depresi dan kecemasan. Aplikasi virtual ini tersedia secara gratis di iOS dan Android.

2. Moodpath

Jika Anda berjuang dengan depresi atau kecemasan, kondisi saat ini sangatlah menyulitkan dan menantang.

Aplikasi Moodpath, yang ditujukan untuk membantu kondisi tersebut khususnya, mencakup fitur seperti jurnal digital, pelacak suasana hati, dan banyak file audio serta artikel yang berfokus pada membangun hal positif dan kepercayaan diri.

Moodpath gratis, jadi ini bisa menjadi suplemen yang bagus untuk rutinitas terapi Anda yang sudah ada. Tersedia gratis di iOS dan Android.

3. Talkspace

Aplikasi Talkspace sudah ada sebelum pemberlakuan jarak sosial akibat pandemi COVID-19.Aplikasi Talkspace menghubungkan orang dengan terapis secara virtual melalui pesan dan panggilan video. Penggunaan aplikasi ini tidaklah gratis, paket terapi mulai dari $65 per minggu.

Aplikasi ini akan membantu Anda menemukan terapis yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan tersedia 24/7 hari, sehingga Anda dapat mengirim pesan kapan saja.

(Gratis untuk diunduh dengan pembelian dalam aplikasi; tersedia di iOS dan Android)

4. Woebot

Woebot adalah layanan AI yang memungkinkan Anda mengirim pesan ke bot yang merespons dengan mendorong dan menggugah pikiran selama percakapan.

Aplikasi yang dirancang oleh sekelompok psikolog ini menggunakan teknik terapi perilaku kognitif untuk berinteraksi dan merespons dengan penggunanya.

Woebot benar-benar gratis dan dapat membantu dalam keadaan darurat saat Anda merasa sangat stres. (Gratis; tersedia di iOS dan Android)

5. Bloom

Aplikasi Bloom adalah kombinasi sempurna dari semua yang Anda inginkan dalam aplikasi terapi. Aplikasi ini menampilkan sesi terapi video harian, latihan terapi perilaku kognitif, dan memberikan umpan balik berdasarkan pelacak suasana hati Anda.

Aplikasi ini menawarkan uji coba tiga hari gratis, dan biaya $60 per tahun setelahnya. Jika Anda tertarik untuk memulai terapi tetapi tidak tahu harus mulai dari mana, aplikasi ini adalah batu loncatan yang bagus. (Gratis untuk diunduh dengan pembelian dalam aplikasi; tersedia di iOS)

Pilihlah salah satu diantaranya, agar Anda dapat menjaga pikiran Anda tetap sehat bahkan saat Anda tidak dapat meninggalkan rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.