Sukses

Daun Sungkai Mampu Tangkal COVID-19? Ini Kata Jubir Wiku

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menanggapi klaim daun sungkai yang diyakini mampu menangkal COVID-19. Klaim ini beredar lewat sebuah narasi yang diunggah pada grup Facebook Anda Bertanya Sains Menjawab oleh akun Agus Musical’x.

Unggahan tertanggal 23 Juli 2021 tersebut berisikan khasiat daun sungkai yang dapat memperkuat daya tahan tubuh dan menangkal COVID-19. Narasi juga menginformasikan tata cara mengonsumsi rebusan daun sungkai. 

"Sebelum dapat mengklaim sebuah obat, perlu adanya uji klinis yang dilakukan terlebih dahulu," jelas Wiku Adisasmito di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta pada Selasa, 3 Agustus 2021.

"Namun, Pemerintah mendukung penggunaan obat tradisional oleh masyarakat, asalkan obat telah mendapatkan izin berupa lisensi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)."

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

2 dari 5 halaman

Narasi Daun Sungkai yang Diklaim Tangkal COVID-19

Berikut ini narasi daun sungkai yang diunggah pada grup Facebook Anda Bertanya Sains Menjawab oleh akun Agus Musical’x pada 23 Juli 2021:

Khasiat daun Sungkai:

Menangkal covid-19

Menambah kesuburan

Memperkuat daya tahan tubuh

Cara pakai:

Rebus 7 daun sungkai selama 10 menit, kemudian diminum 2x sehari untuk badan sehat dan daya tahan kuat

Hasil rebusan daun bisa dipakai sampai 5 kali isi ulang

Benarkah khasiat Daun Sungkai, yg disebutkan dalam tulisan kertas tersebut?

Posted by Agus Musical'x on Friday, July 23, 2021
3 dari 5 halaman

Khasiat Harus Dibuktikan Lewat Uji Klinik

Wiku Adisasmito melanjutkan, bukti ilmiah terkait obat COVID-19 masih terus berkembang. Beberapa di antaranya, terbukti berkhasiat melalui berbagai uji klinik.

"Sejauh ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan penggunaan beberapa jenis obat untuk penderita COVID-19 berdasarkan temuan-temuan klinik, seperti Kortikosteroid, Remdesivir, Hidroklorokuin dan Lopinavir-ritonavir, yang hanya boleh dikonsumsi di bawah pengawasan dokter," lanjutnya.

Adapun tanaman sungkai, sebagaimana publikasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Badan Litbang Pertanian, mengandung bahan aktif yang bermanfaat untuk kesehatan dan meningkatkan sistem imun tubuh di antaranya alkaloid, flavonoid, steroid dan golongan tannin.

Hasil analisis yang diunggah pada Desember 2020 ini dalam tulisan berjudul, Daun Sungkai (Peronema canescens) Berpotensi sebagai Imunomodulator, bahwa komponen yang terkandung mampu elawan serangan infeksi virus, bakteri maupun mikroba serta mampu menaikan jumah leukosit.

Namun, analisis tanaman sungkai di atas, tidak menyebut sama sekali terkait khasiat yang mampu menangkal virus Sars-CoV-2 penyebab COVID-19.

4 dari 5 halaman

Infografis Manfaat Detoks Kopi

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: