Sukses

15 Jalan Pintas Hidup Sehat Menurut Ahli

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah kebiasaan sederhana seperti mandi air dingin, bertelanjang kaki, hingga duduk di lantai benar-benar membantu Anda lebih berenergi dan bebas dari rasa sakit.

Dilansir dari Prevention, para ahli mendukung 15 tips hidup sehat berikut ini benar-benar ampuh dan Anda juga tidak perlu mengubah semuanya sekaligus untuk merasakan hasilnya.

1. Bersenang-senang memenuhi kebutuhan minum

Kita semua memiliki misi untuk minum lebih banyak air. Jadi temukanlah cara untuk memenuhinya yang lebih menyenangkan. Misalnya membuat infused water, air yang dicampur dengan potongan buah (baik itu beri, jeruk, atau potongan melon) ditambah dengan rempah segar (seperti mint atau basil). Kemudian bekukan dalam nampan es. Setelah beku, masukkan es tersbeut yang sudah dihaluskan ke dalam gelas berisi air biasa maupun sparkling water. Jika Anda perlu bantuan pengingat minum, kini sudah banyak aplikasi olahraga yang mendukung pengingat tersebut.

2. Manfaatkan pagi dengan sebaik-baiknya

Anda sudah tahu ini saatnya berolahraga, sebab membuat dan mempertahankan ritual gerakan pagi dapat sangat membantu dalam membuat Anda merasa berenergi dan siap untuk menjalani hari, kata Jen Bruno, pelatih kesehatan holistik dan pelatih pribadi di Chicago.

Ia juga membolehkan membawa kopi pagi sambil berjalan-jalan santai di sekitar rumah untuk bergerak, atau yoga saat matahari terbit, atau bersepeda. Gerakan apapun itu tidak masalah selama Anda bergerak. Jika Anda menghitungnya sebagai latihan Anda untuk hari itu, targetkan sekitar 30 menit. Serta sebagai pendorong semangat Anda, ketahuilah bahwa berolahraga di pagi hari meningkatkan metabolisme Anda dan membuat Anda lebih aktif sepanjang hari.

 

2 dari 6 halaman

3. Bertelanjang kaki

Studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam dapat meningkatkan suasana hati dan meredakan stres, tetapi Anda mungkin mendapatkan lebih banyak manfaat jika Anda berjalan-jalan di halaman belakang tanpa kaus kaki dan sepatu. Satu studi dalam jurnal Explore menemukan bahwa melakukan kontak kulit ke bumi selama setidaknya 10 menit dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit serta meningkatkan aliran darah. Beberapa ahli percaya bahwa kontak dengan medan elektromagnetik alami bumi membantu menyeimbangkan kembali sistem bioelektrik kita untuk mendukung kesehatan seluler.

4. Berjalan dengan aneh

Jadikan langkah Anda lebih menyenangkan dengan mengubah cara Anda bergerak beberapa kali seminggu. “Cobalah apa yang saya sebut 'jalan yang aneh'. Menyelinap, berjinjit, melakukan gerakan betis, melingkari pinggul, melompat dan berjongkok.

Buat permainannya dan habiskan waktu untuk mengenal tubuh Anda dan cara kerjanya,” kata pakar kebugaran Jen Sinkler, dikutip dari Prevention. Maka kemudian Anda akan berolahraga dan melatih otot yang berbeda daripada saat Anda melangkah seperti biasa.

5. Lakukan beberapa coretan

Mewarnai bukan hanya untuk anak-anak. Membuat doodle dengan bentuk berbeda, menurut Cleveland Clinic dapat mengurangi stres dengan membiarkan otak beristirahat dan rileks, sebab dengan itu membuat Anda mengalihkan perhatian fokus stres kepada tugas yang ada. Ilmu pengetahuan juga mendukung hal ini. Beberapa penelitianjuga menunjukkan bahwa terapi seni dapat membantu orang mengatasi kecemasan dan depresi.

 

3 dari 6 halaman

6. Mandi air dingin

Mandi dengan air dingin selama 15 hingga 30 detik dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan memberi Anda ledakan energi di pagi hari, kata Tania Elliott, MD, seorang rekan dokter di NYU Langone Health di New York City. Ketika air dingin mengenai kulit Anda, itu memberi kejutan cepat pada sistem saraf dan peredaran darah Anda, melebarkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah ke ekstremitas Anda, dan menyebabkan jantung Anda berdetak lebih cepat.

7. Makan lebih banyak ceri

Penelitian menunjukkan bahwa ceri yang kaya antioksidan dapat meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kekebalan, dan mengurangi nyeri sendi dan otot. Namun syaratnya Anda harus makan yang banyak (lebih tepatnya 45 buah) agar sesuai dengan penelitian. Karena itu lebih dari yang bisa kita makan, menyeruput konsentrat ceri juga bisa membantu, kata Amber Dodzweit, pelatih kebugaran dan pendiri Built for Her di Fort Lauderdale, FL.

"Konsentrat ceri membantu mengurangi peradangan yang dapat disebabkan oleh banyak tindakan kita sehari-hari, seperti olahraga," katanya, dikutip dari Prevention.

8. Tulis ucapan terima kasih

Melakukan gerakan syukur yang sederhana dapat memberi Anda dorongan instan dalam kebahagiaan, dikutip dari sebuah studi di Psychological Science. Kemungkinan karena itu menginspirasi Anda untuk merasa bersyukur dan merenungkan orang atau pengalaman positif. Berkreasilah dengan kartu ucapan Anda, belilah kartu yang cantik dan pena yang bagus, atau cukup kirim email atau teks singkat dengan memanfaatkan sepenuhnya beberapa emoji ceria.

9. Tarik napas dalam-dalam

Bernapas dalam-dalam adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres, sekaligus memperkuat abs/perut Anda. Memiliki otot inti yang kuat adalah kunci untuk postur yang baik dan juga membantu mencegah Anda terluka saat melakukan tugas biasa seperti mengangkat kotak atau menyimpan bahan makanan di rak yang tinggi. Dengan hanya menarik napas dalam-dalam dapat melatih otot perut tersebut, kata Ife Obi, instruktur Pilates bersertifikat dan pendiri The Fit In New York City, dikutip dari Prevention.

Cobalah: Tarik napas penuh dan biarkan perut Anda terisi udara, lalu hembuskan dengan paksa seolah-olah Anda sedang berembun di cermin. Fokus pada pernapasan ke dalam tulang rusuk Anda sambil mencoba menjaga perut Anda tetap kencang setidaknya selama 30 detik. Mulailah dengan tiga kali sehari dan tingkatkan hingga satu menit per sesi. Semakin Anda merasa mudah melakukan ini, artinya otot inti Anda semakin menguat.

 

4 dari 6 halaman

10. Setel peringatan peregangan

Programkan ponsel Anda untuk memberi tahu Anda setiap 30 hingga 60 menit, lalu lakukan peregangan setiap kali Anda mendengarnya. “Regangkan pergelangan tangan dan leher Anda, terutama jika Anda bekerja di depan komputer. Berdiri dan lakukan putaran tubuh yang lembut, gerakan bahu memutar, dan menekukkan tubuh ke samping,” kata Steph Gaudreau, pelatih latihan kekuatan di San DiegoSelain rasa lega yang tawarkan, peregangan setelah beberapa saat posisi tegang membantu mencegah nyeri dan kekuatan otot dan sendi.

11. Hitung pekerjaan rumah sebagai latihan

Jika Anda merasa terlalu melelahkan untuk memotong rumput dan berolahraga setiap hari, ilmu pengetahuan bahkan tidak menyarankan untuk keras pada diri sendiri. Pekerjaan rumah tangga juga merupakan bentuk latihan Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa melakukan aktivitas sehari-hari yang membuat Anda bergerak dan meningkatkan detak jantung Anda dapat secara positif memengaruhi kekuatan otot dan kesehatan secara keseluruhan, dari jantung hingga otak Anda. Meskipun lebih baik Anda tidak menghentikan olahraga rutinan, tetapi jangan ragu untuk menghitung juga kegiatan menyedot debu dan belanja ke target gerakan total mingguan Anda.

12. Duduk di lantai

Menonton mungkin terdengar seperti hal yang pemalas lakukan. etapi ketika Anda melakukannya di lantai, Anda dapat menyelaraskan kembali tubuh Anda, kata Kelly Starrett, DPT, salah satu pendiri The Ready State, aplikasi pelatihan mobilitas, dikutip dari Prevention.

“Duduk di lantai adalah salah satu cara untuk membuat pinggul tetap terbuka, dan tulang belakang melindungi dirinya sendiri dan mengatur ulang. Selain itu juga melibatkan otot yang tidak kita gunakan saat duduk di kursi,” katanya.

Tidak perlu berada dalam posisi lotus yang sempurna, Anda bisa melakukan jongkok, berlutut, atau duduk dengan kaki terentang. Masing-masing menargetkan otot yang berbeda. Untuk mendapat manfaat lebih, secara teratur bangun dari lantai tanpa bersandar pada apapun untuk meningkatkan keseimbangan Anda, yang menurut penelitian dapat membantu mengurangi risiko jatuh yang meningkat seiring bertambahnya usia.

13. Mulai memasak kreatif

Jessica Stamm, ahli gizi diet terdaftar di Los Angeles, mengatakan, “Jadilah kreatif berdasarkan produk musiman. Misalnya di musim panas, saya suka menggabungkan ayam dengan nektarin, ubi jalar, dan bawang merah.” Tentukan hari tertentu dalam seminggu untuk jenis makanan ini (tidak harus hari Minggu).

14. Tahan sendok Anda di antara gigitan

Gangguan pencernaan tidak nyaman dan menurunkan tingkat energi Anda, dan salah satu penyebab umum adalah makan terlalu banyak terlalu cepat, kata Sydney Greene, ahli gizi diet terdaftar di New York City, dikutip dari Prevention. “Otak kita membutuhkan 20 menit untuk mengejar perut kita dan menyadari bahwa kita sudah kenyang. Jadi biasakan untuk mengunyah, merasakan, dan merasakan makanan di mulut Anda, yang dapat membantu mencegah makan cepat atau makan berlebihan,” katanya.

15. Matikan ponsel sebelum tidur

Buat serangkaian langkah sebelum tidur untuk membuat Anda siap tidur, seperti meredupkan lampu, mendengarkan musik yang menyenangkan saat menyikat gigi, atau melakukan meditasi singkat. Serta jangan lupa untuk menyingkirkan perangkat digital setidaknya 30 menit sebelum tidur untuk menghindari cahaya biru yang mengganggu melatonin. Rutinitas waktu tidur Anda memainkan peran penting dalam memastikan Anda mendapatkan delapan jam tidur yang dibutuhkan tubuh Anda untuk menjalani reset lengkap setiap malam.

5 dari 6 halaman

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

6 dari 6 halaman

Simak Video Berikut Ini: